CARA MENGATASI INDIKASI TULISAN YANG TAMPIL DI LCD METERAN LISTRIK PRABAYAR TOKEN

MAsalah teknis atau Indikasi  penggunaan yang muncul pada layar LCD Meteran Listrik Prabayar perlu kita akui memang masih menjadi salah satu kendala saat ini, biasanya yg membuat kita galau pada antaranya adalah muncul tulisan TERPAKAI / TERPUTUS / PERIKSA pada layar LCD, bahkan ada yg juga yg timbul gambar telapak tangan.  Nah sering kali kita pada buat galau dengan Indikasi atau kode peringatan tadi. Munculnya pertanda berupa tulisan tersebut pada layar LCD Meteran Prabayar anda pastinya terdapat masalah yang terjadi dan wajib segera di selesaikan agar anda kembali menerima supply Listrik PLN secara normal. Buat itu anda perlu memahami arti satu persatu Indikasi yang ada di meteran listrik prabayar anda, supaya saat terjadi masalah anda tidak resah serta panik. Berikut ini kami akan bagikan rangkuman seluruh notifikasi atau tanda dalam layar LCD meteran prabayar PLN bersama arti serta solusi permasalahnya, silahkan anda bookmark atau save supaya anda nir lupa. Namun sebelumnya anda sanggup pastikan token listrik anda terdapat serta jika telah habis anda bisa mengisinya secara online pada ---> --->  SINI
Atau Bisa Anda Cek di --->  SINI

Melalui Tabel pada bawah ini, sedikitnya anda sudah sanggup tahu arti dari Tulisan Indikasi atau Peringatan yang muncuk di LCD Meteran Listrik Parbayar anda, silahkan di baca dulu sebelum kita membahas solusi mengatasi masalahnya.

--> SELANJUTNYA
Selain Kode Indikasi atau Tulisan Peringatan yang timbul di pada daftar di atas, terdapat satu lagi kode atau pertanda pada bentuk Gambar Tangan seperti gambar pada bawah ini - nah itu artinya apa ? Mari kita bahas artinya atau penyebabnya mucul gambar tangan tadi dan tentu saja berikut solusinya.

Muncul Gambar Tangan Pada Materan Listrik Token / Prabayar seperti gambar di atas pada sebabkan oleh
1. Ada suntik arus dalam kabel fasa atau netral.
2. Kabel netral dari beban bergabung dengan kabel grounding.
3. Kabel netral bergabung dengan kabel grounding.
4. Anda menggunakan kabel grounding menjadi netralnya.
5. Kabel netral melewati alat pengatur tegangan.
6. Ada induksi medan magnet terhadap KWH Meter Prabayar.
Bagaimana Solusi buat mengetahui titik perseteruan atau gangguan dalam instalasi listrik pada rumah anda yg mengakibatkan Meteran Listrik Token Muncul Gambar Tangan tersebut merupakan sbb :
1. Matikan arus listrik / serta pastikan dalam posisi off semua Sub MCB yg berada di pada rumah.
   
2. Tekan angka 44 kemudian enter di KWH Meter buat melihat Ampere. Standartnya bila seluruh Sub MCB pada posisi off maka nilainya adalah 0.00 A. Dan bila ada nilai maka artinya ada kebocoran arus, selanjutnya jika di tekan 44 enter lalu ada nilai, maka cek satu per satu kabel pada seluruh Sub MCB menggunakan tang ampere. Cek kabel yang nilainya sama menggunakan hasil di tekan 44 enter pada KWH Meter. Jika ketemu, lepas kabel tadi lalu cek lagi di KWH meter 44 enter. Apabila hasilnya 0.00 A maka kebocoran arus sudah hilang.
--> SELANJUTNYA
Kemudian Nyalakan lagi seluruh Sub MCB, lalu cek apakah gambar tangannya sudah hilang. Jika belum hilang juga segera hubungi customer service Pelanggan PLN.
Harap hati – hati saat proses pengecekan Pastikan anda menggunakan sepatu, sendal, atau alas kaki yg tebal serta bersifat isolator. Karena listrik nir terlihat dan sangat berbahaya, bila anda ragu sebaiknya serahkan hal ini pada ahlinya atau eksklusif hubungi customer service Pelanggan PLN.
Masalah Berikutnya merupakan Seringkali kita dihadapkan menggunakan keluhan pelanggan yg di LCD Meter Prabayar nya terdapat tulisan tErPutuS - Penyebab awal sebelum timbul goresan pena tErPutuS, Ketika anda menggunakan listrik melebihi 1,7 x Daya Kontrak, meter prabayar maka listrik otomatis akan padam dan pada LCD timbul goresan pena dYLEbih. Solusinya anda harus menunggu 150 dtk dan selesainya 150 dtk akan Listik akan nyala balik .
Apabila Anda nir mengurangi pemakaian, dan terjadi padam sampai lima kali, maka pada LCD Meter akan mucul goresan pena tErPutuS - bila terjadi seperti ini maka anda wajib kurangi pemakaian beban Listrik pada tempat tinggal anda dengan cara sebagian alat electronik atau lampu - lampu dipadamkan, kemudian tunggu selesainya 45 Menit, Prabayar Maka Listrik otomatis akan menyala pulang.
--> SELANJUTNYA

Apa Arti Kode Error 01, 02, 03 dan Error lainnya yg timbul di Layar LCD Meteran Listrik Token atau Prabayar anda ?

Perlu anda pahami bahwa terdapat beberapa hal yang dapat mengakibatkan timbulnya notifikasi masalah pada meteran listrik prabayar, antara lain merupakan :
    Token Habis
    Beban pemakaian yg berlebihan
    Tutup atau cover meteran terbuka
    Deteksi Instalasi yang buruk
    Pemasangan arde ground yang tidak benar
    Instalasi listrik yang nir sempurna
Begini cara mengatasi Pesan Error  02 pada meteran listrik prabayar
Kenapa dalam meteran listrik prabayar saya muncul error  02  ? Pada beberapa meteran listrik prabayar error 02 ini ditandai dengan berkedipnya lampu LED meteran listrik prabayar dengan berwarna kuning dan dibeberapa merek meteran listrik keluar goresan pena PERIKSA.
Apa penyebab error 02 tadi  ?
Pada umumnya error 02 ini terjadi dalam tempat tinggal / bangunan dengan instalasi listrik yang berada di pada tembok dimana terdapat penyambungan yg nir sempurna, pipa paralon listrik mengalami pecah, pengecoran dinding beton yang tidak paripurna dapat menyebabkan kebocoran dan menggangu instalasi listrik
   
Hal berikutbya adalah lantaran Instalasi listrik yang keliru, terdapat kesalahan dalam pengawatan pada meteran listrik prabayar. Pastikan Anda tidak pernah mengutakatik pengawatan pada meteran listrik prabayar Anda.
Cara mengatasi error 02 pada meteran listrik prabayar ini,sebelumnya pastikan dulu penyebab diatas sudah Anda periksa bila memang nir terdapat kasus maka anda bisa lakukan langkah berikut ini :
Cara Pertama
Matikaan semua perangkat elektro yang terhung ke listrik terlebih dahulu
   
Matikan saklar meteran listrik lalu sisihkan kurang lebih 10 mnt, serta kemudian hidupkan pulang.
   
Reset ulang meteran listrik prabayar Anda menggunakan cara : ketikkan 07 dalam meteran kemudian tekan Enter
   
Pasang kembali satu persatu perangkat elektronik Anda.
Jika menggunakan cara tersebut nir berhasil ikuti langkah ke 2 berikut adalah :
Cara Kedua
Lepas SM Yaitu : SR diputus terlebih dahulu pada dasarnya Fasa = Netral bila sudah tunggu kira-kira sekitar  7 mnt, setelah itu Anda sambung pulang. Pesan Error 02 sudah hilang berdasarkan meteran , Setelah itu  Anda akan diminta dimasukkan No Tamper, No tamper ini berjumlah 20 Digit, no ini bisa Anda dapatkan dalam PLN dengan telp ke no Costumer Service 123 lalu minta  keterangan mengenai no tamper, dan sebutkan no meteran listrik Anda.
Untuk cara kedua ini hanya di sarankan yg berpengalaman serta mengerti pada dunia listrik, apabila Anda masih umum maka anda harus permanen menghubungi teknisi PLN pada no contumer service 123 .
--> SELANJUTNYA
Kode Meteran Listrik Prabayar Beserta Fungsi atau Artinya
Cara menggunakannya: tekan kode (dua nomor ) yg diinginkan lalu tekan Enter
01     .     Menampilkan jumlah Kumulatif Pemakaian kWh
02         Menampilkan nilai daya maximum yg terpakai dalam bulan berjalan
03         Menampilkan lepas, jam serta menit pada mana pencapaian daya maximum terjadi pada bulan berjalan
04         Menampilkan tegangan (Volt) yg terukur ketika ini
05         Menampilkan arus listrik (Ampere) waktu ini
06         Jumlah nilai kumulatif pembelian kWh selama ini
07         Menampilkan jumlah energi (kWh) yang tersisa / saldo
08         Perkiraan jumlah hari terhadap energi yang tersisa akan habis
12         Menampilkan nilai peringatan ambang batas tenaga tersisa (default 25kWh, tidak bisa diprogram)
Misal : apabila nilai sisa energi <= 25kWh maka lampu indikasi di meter akan menyala, bar/btg tanda pulsa akan berkedip serta suara alarm akan menyala selama 1 mnt serta akan berulang 30 mnt lalu sampai dengan meter di isi pulsa melebihi ambang batasnya
13         Menampilkan Pembatas daya dalam meter, bila nilai ini terlampaui maka listrik akan mati
14         Menampilkan nilai daya maximum yg terjadi selama bulan lalu
15         Menampilkan nilai jumlah pemakaian diluar batas yang dapat digunakan oleh meter.(default 0kWh, tidak dapat diprogram)
16         Menampilkan Nilai Penundaan Waktu Trip saat overload (default nya5 mnt, sanggup pada program max 30 mnt)
17         Menampilkan parameter saat pemindahan data, yaitu pada tanggal 01 tiap bulan dan jam 00:00
18 – 30         Menampilkan nilai Konsumsi daya selama bulan berjalan, hingga 12 bulan
31         Menampilkan nilai daya terukur waktu ini (dalam satuan Kilo Watt)
37         Menampilkan nilai durasi peringatan suara. (default nya 1 mnt, bisa di acara max 10 menit
38         Menampilkan nilai pemakaian kWh meter jika contactor pada meter mengalami kerusakan
39         Memastikan akurasi Kristal RTC, apabila sahih akurasi nya maka tampilan nya sebagai berikut
40         Menampilkan pada LCD berapa kali terjadi pembukaan cover pada
41 – 45         Menampilkan lepas serta jam waktu terakhir membuka cover meter sampai lima kali
46         Menampilkan nilai berdasarkan Jumlah trip dikarenakan melebihi pembatas daya (Overload/Kelebihan beban)
47         Menampilkan tanggal serta jam saat terakhir terjadi overload
48 – 51         Menampilkan lepas serta jam ketika terakhir ke-dua terjadi overload sampai lima kali
52 – 57         Menampilkan jumlah meter Off berdasarkan supply tegangan/Jumlah berapa kali mengalami pemadaman (tersimpan sampai 5 kali)
58         Menampilkan nilai menurut jumlah kejadian tanda kesalahan pengawatan pada meter (jumper, reverse)
59 – 63         Menampilkan nilai berdasarkan jumlah insiden indikasi kesalahan pengawatan dalam meter (jumper, reverse)
65         Menampilkan ID dari meter, ID akan di tampilkan pada dua kali tampilan
76 – 80         Menampilkan 20 digit Token yg terakhir di entrykan di Meter. Akan ditampilkan dua kali masing – masing 10 digit token ( yang bisa ditampilkan lima pengisian terakhir )
82         Menampilkan Index dari tarif
83 – 87         Jumlah pembelian energi terakhir yg bisa ditampilkan (hingga 5 pembelian tenaga (kWh)
Kode dan Artinya Meteran Listrik Prabayar
Cara menggunakannya: tekan kode (tiga angka) yg diinginkan lalu tekan Enter
800      …     Start kWh
801         Sisa Kredit
802         Tanggal
803         Jam
804         Nomor seri kWh meter
805         SGC
806         Alasan mengapa listrik padam
807         Status Meter
808         Konstanta meter (pulse/kWh)
809         Bearapa kali listrik pernah padam
812         Mematikan bunyi buzzer
813         Pemakaian kWh kemarin
814         Pemakaian kWh 1 bulan lalu
815         Tanggal pengisian kredit terakhir
816         Waktu pengisian kredit terakhir
817         Jumlah kredit yang dimasukkan terakhir
821         Pemakaian kWh 1 bulan lalu
822         Pemakaian kWh 2 bulan lalu
823         Pemakaian kWh 3 bulan lalu
824         Pemakaian kWh 4 bulan lalu
825         Pemakaian kWh lima bulan lalu
831         Jumlah pengisian kredit satu 1 bulan lalu
832         Jumlah pengisian kredit satu 2 bulan lalu
833         Jumlah pengisian kredit satu 3 bulan lalu
834         Jumlah pengisian kredit satu 4 bulan lalu
835         Jumlah pengisian kredit satu 5 bulan lalu
Kode dalam Meteran Listrik Prabayar serta Funsinya
Cara menggunakannya: tekan kode (dua nomor ) yg diinginkan lalu tekan Enter
00      …     Restart Meter
03         Total kWH listrik yang telah lalu
07         Batas kWH
09         Daya yg digunakan
41         Voltase listrik
44         Ampere yg sedang terpakai
47         Daya yang sedang terpakai
54         Kode TOKEN terakhir
59         Jumlah kWH pengisian terakhir
69         Counter jumlah berapa kali mati
75         Cek ID Meter PLN Prabayar
79         Cek batas minimal alarm
456xx         Merubah batas minimal alarm misal 45605 untuk 5kWH
78         Cek delay alarm pada menit
123xx         Merubah delay alarm misal 12310 buat 10 menit
90          Mematikan lampu LED
Bagaimana Cara Memasukkan Kode Token Listrik Prabayar
Masukkan 20 angka kode token voucher pada struk pembelian yg anda miliki lalu akhiri menggunakan menekan “ENTER  - Jika token pada terima akan keluar Tulisan BENAR dan bila token anda ditolak maka akan keluar Tulisan GAGAL.
--> SELANJUTNYA

Comments