CARA MENGATASI ATAP DAK BETON REMBES DAN BOCOR

Salam hormat pada seluruh pembaca di mana pun berada, cieee... Formal banget! Kali ini CARA FLEXI mau sharing lagi mengenai dunia per-'bocor'-an yaitu cara mengatasai atap dak beton yang rembes serta bocor.

Dunia atap memang tidak tanggal berdasarkan namanya rembes dan bocor kala musin hujan sudah menghampiri kita semua (hee,.,.) Penyebabnya pun mampu berdasarkan berbagai macam faktor. Contohnya dalam atap dak beton, penyebab rembes dan bocor mampu berdasarkan pembuatan yg kurang sempurna. Maksudnya begini, pada saat pengecoran dak beton campuran antara pasir semen dan kerikil kurang imbang sehingga mengakibatkan keretakan saat begisting pada bongkar dan beban yg tidak sesuai dengan daya dukung beton.

Luas penampang beton yg nir di hitung cermat pula galat satu penyebab keretakan yg mengakibatkan rembes dan bocor ketika dak tertimpa air hujan. Biasanya di lapangan hanya berdasarkan perkiraan bahwa beton ketebalan sekian senti dengan luas penampang sekian meter telah bertenaga. Oke, bicara kekuatan mungkin telah rupawan. Toh juga meskipun nggak bertenaga, beton nggak akan ambruk seperti plapon gypsum sebab masih di tahan menggunakan tulangan besi.tetapi bagaimana apabila beton tadi berhadapan menggunakan air?

Langsung saja ke pokok bahasan tentang cara mengatasi atap dak beton rembes serta bocor.

Apabila atap rumah berbahan genteng atau asbes mungkin relatif mudah mengatasi kebocoran, cukup menggunakan aqua proof yang pada olekan sinkron menggunakan petunjuk penggunaannya. Satu NOTE berdasarkan CARA FLEXI: Terkadang terdapat pada antara kita yg sudah menggunakan aqua proof buat mengatasi kebocoran atap, tetapi rembes serta kebocoran itu nir kunjung usai. Kenapa sanggup begitu? Tak lain serta tak bukan lantaran cara pemakaian bahan pelapis yang tidak sinkron. Intinya begini, menggunakan pelapis anti bocor sejenis aquaproof harus sinkron petunjuk penggunaannya, jangan hanya memburu irit lantas pemakaiannya hanya sekali oles, itu pun tipis pula.


Cara menggunakan aquaproof yg baik adalah menggunakan mengoleskan pada area yang pada yakini retak atau bocor secara berulang, jadi pertama oleskan dengan kuas tipis serta merata, tunggu hingga lapisan pertama kemarau kemudian timpa lagi olesan ke 2 secara merata jua. Tunggu lagi hingga lapisan ke 2 benar-benar kering, ulangi lagi untuk lapisan yang ke tiga. Semakin tebal semakin indah karena pelapis anti bocor ini waktu kemarau akan berubah menjadi sejenis karet kenyal.

Kemudian kita berpindah topik ke atap dak beton rembes dan bocor, gimana cara mengatasinya? Untuk atap dak beton bisa kita pakai aquaproof tetapi karena harganya cukup lumayan kita sanggup memakai cara lain lain. Saran sih menggunakan flintcoat (bener galat ya tulisannya hee..) *wis utama'e itu*
Dengan memakai flint coat dak beton yg bocor atau rembes mampu pada atasi dengan mudah. Agak berbedda dengan aquaproof yang bisa langsung oles. Flint coat wajib di kocok dengan tinner supaya sedikit encer, dengan begitu aditif ini mampu masuk ke celah-celah retakan dak beton.cara pelapisannya pun sama, yaitu dengan lapisan 1, pada susul lapisan 2 serta seterusnya hingga nir tampak lagi adanya benjolan/ celah beton yang dapat menyebabkan air meresap.

Cara mengatasi atap dak beton rembes serta bocor selanjutnya adalah menggunakan menggunakan water proofing membrane. Bahan anti bocor yang satu ini bentuknya seperti karet lembaran mirip talang air tetapi lebih lentur dan lembut. Coating ini yang niscaya kedap air dan di jamin tidak ada kebocoran lagi menggunakan catatan proses pemasangannya wajib tepat.

Butuh ke ahlian khusus buat memasang water proofing membrane sebab wajib menggunakan kompor gas akbar buat melumerkan membran. Namun bila luasnya hanya tiga x 4 meter kita dapat melakukannya sendiri dengan donasi camping gas dan nozzle nya. Syaratnya harus telaten pake banget hee..

Yang pasti untuk mengatasi atap dak beton rembes dan bocor dengan menggunakan membran ini kondisi dak harus benar-benar bersih berdasarkan kotoran (pasir, debu dll) agar membran yang telah di bakar mampu menempel dengan sempurna di dak beton. Cara pemasangannya sebagai berikut:
  • Setelah dak pada bersihkan, membran jangan dulu di gelar (masih dalam keadaan tergulung)
Bakar sisi luar membran dengan kompor hingga terlihat leleh secara merata berdasarkan kiri ke kanan. Pastikan pembakaran tidak tembus ke sisi dalam membran karena akan bolong.Gelar sedikit demi sedikit gulungan yang telah di bakar tadi hingga ujung.Setelah itu, susul pemasangan membran buat dak sebelahnya, usahakan membran menimpah kira-kira lima-7 senti pada atas membran yg telah terpasang tadi.Lanjutkan pembakaran sampai seluruh dak beton tertutup menggunakan membran.Untuk sambungan, proses pembakaran wajib 2 sisi, lapissan bawah dan atas harus menyatu misalnya tambal ban.Jika dak tersambung dengan tembok, alangkah baiknya plesteran tembok pada kupas terlebih dahulu kira-kira 20cm. Pasang membran coating dalam tembok dan gabungkan sisi bawah (yg melekat ke dak) dengan pembakaran sempurna. Tujuannya agar air nir meresak melalui sambungan dak menggunakan tembok.Satu lagi, apabila dak beton pula di fungsikan sebagai lantai, *tempat jemuran mungkin* lebih baik water proofing menggunakan membran pada lapis dengan plesteran. Syukur-syukur sekalian di keramik. Hal ini untuk menghindari terkoyaknya membran dampak benda-benda tajam pada atasnya. Sia-sia kita kerja capek dan porto mahal bukan?

Bagimana menurut anda?

Cukup sekian ada kekurangannya silakan browsing buat mencari pelengkap wawasan mengenai cara mengatasi atap dak beton rembas dan bocor. Selamat berselancar..


*image by google

Comments