CARA MENENTUKAN KERUSAKAN FLYBACK

Cara menentukan kerusakan flyback - Sebelum memastikan flyback rusak biasanya terdapat indikasi-pertanda tertentu buat bisa memastikal bahwa bagian flyback lah yg rusak. Tetapi karena harga flyback yang relatif mahal ataupun kadang kesulitan mendapatkan seri yang sama maka buat merubahnya pun butuh pertimbangan dan pengukuran lebih intens.

Mengenali gejala-gejala kerusakan bagian blog flyback

Kerusakan yg paling menonjol yang di sebabkan sang flyback rusak adalah shortnya demper horizontal. Tetapi kerusaka demper belum tentu disebabkan sang sang flyback. Bisa jadi kerusakan demper ditimbulkan oleh yoke, capasitor.

Gejala b+ drop penyuplay flyback pula mampu mengindikasikan bahwa oleh flyback rusak. Dengan catatan demper horizontal sudah di copot. Namun belum tentu pula bisa jadi ini b+,nya yg memang drop. Oleh karena itu, ukurlah b+ secara tanpa beban dengan cara melepas pin kaki flyback yg berfungsi menjadi input B+.

Artikel terkait: Cara cepat mengetahui b+ drop

Resistor abl putus sampai gosong ini jua kadang menandakan bahwa terjadi arus besar yg mengalir dalam penahan ini. Namun belum tentu pula lantaran terkadang malah ditimbulkan sang shortnya ic croma.

TV tewas total pada iringi menggunakan bunyi pada trafo switching ac matik. Ini hubunganya dengan b+ juga. Mengindikasikan bahwa terdapat kosleting dalam beban yang di suplay. Untuk itu bila gejalanya demikian coba tanggal beban ,pertama yang menurut flyback. Baru lalu beban yang lainya.

Bocornya kabel dan body flyback
Hal ini umumnya di tandai menggunakan adanya arus yg bocor serta seringkali mengakibatkan suara pletak pletek, seperti petir. Apabila telah terjadi seperti itu maka langkah wajib yg wajib pada tempuh adalah membarui flyback atau dengan menambalnya menggunakan lem. Suara pletak pletek kadang pula di sebabkan oleh penyuplay flyback meningkat drastis.

TV nampak gelap dan nir penekanan meski adjuster keduanya telah diatur sedemikian. TV agak redup kadang ditimbulkan sang elco b+ kering serta jua soket rgb yang berkarat. Juga kadang menandakan bahwa flyback rusak.

Flyback 1/2 meninggal umumnya ditandai dengan tanda-tanda kadang tv redup secara datang-tiba. Meski dalam awalnya bekerja normal. Saya pernah mengalami hal ini yaitu terjadi dalam tv polytron u slim. Tv awalnya normal tetapi beberapa ketika tv bergejala tv redup dibagian bawah layar terpotong beberapa cm. Ternyata tv ini dalam bagian vertikal disuplay menurut flyback. Pantesan saja terdapat keciutan layar dalam ketika kambuh.

Artikel terkait: servis tv polytron kadang layar gelap

Diatas tadi merupakan tanda-tanda yg disebabkan yg disebabkan sang kerusakan flyback yg tentu cara nya tidak bisa secara niscaya kita menentukan sebelum sahih-sahih komponen lainya terlebih dahulu. 

Gejala sama tetapi kadang penanganan sangat berbeda. Itulah elektronika servis.

Trimakasih.

Comments