CARA MENDETEKSI KERUSAKAN PADA KULKAS 2 PINTU

CARA CEPAT PERBAIKI KULKAS DUA PINTU

Langkah pertama pada memperbaiki kulkas dua pintu
Dalam memperbaiki kerusakan kulkas dua pintu, sobat wajib tahu keluhan apa yang terjadi pada kulkas tersebut

Tidak dingin....?
Kurang dingin.....?
Apa lantaran nir sanggup beku.....?
Atau lantaran kulkas bagian bawah ( Chiller ) tidak dingin sedangkan permukaan ( freezer ) normal

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas misteri cara memperbaiki kerusakan dalam kulkas 2 pintu secara cepat serta kentara.

Untuk type Modul PCB, lihat disini....
CARA MENDETEKSI KERUSAKAN PADA THERMISTOR KULKAS
loh jika misteri kenapa pada beritahu ya....? Heheheee....

Tapi sobat niscaya pingin pula memahami misteri itu kan.....

CARA PERBAIKI KULKAS dua PINTU TIDAK DINGIN SAMA SEKALI

1. Cek kabel kulkas sebelum eksekusi kerusakan, apakah kabel pada keadaan baik yaitu tidak tanggal atau nir putus.

2. Cek arus listrik dari stop kontak, apakah listrik baik-baik saja, cek voltase listrik apa tidak terjadi drop atau barang kali lupa belum beli pulsa listrik, heheheeee...

Bila ternyata lantaran kerusakan ada pada listrik sobat, coba dibenerin dulu sebelum melakukan langkah selanjutnya.

3. Hidupkan kulkas lalu cek pada Compresor kulkas, apakah compresor bekerja atau tidak. Jika compresor nir bekerja silahkan cari letak timer kulkas putar sedikit dalam timer kulkas lawan arah jarum jam
Letak timer kulkas kebanyakan berada di belakang kulkas sebelah kiri

Ada sebagian merek yg meletakkan timer defrost di ruang pintu bawah


Bla timer sehabis di putar sedikit kemudian compresor hayati, kemungkinan kerusakan terdapat pada THERMO FUSE atau DEFROST HEATER KULKAS
Tapi apabila tetap tidak mau hayati padahal overload maupun PTC Relay pada keadaan baik serta compressor panas dan macet sanggup mencoba memperbaikinya dengan cara misalnya pada postingan blog lainya, yaitu :
8 LANGKAH PERBAIKI COMPRESSOR MACET / PANAS
4. Cek fuse dan heater dengan membuka Cover epilog blower kipas serta evaporator yg terletak di pada pintu kulkas sebelah atas.
Bila anda mengecek menggunakan multimeter terdapat tinggal cek satu persatu THERMO FUSE dan DEFROST HEATER.

Bagaimana cara cek Thermo fuse dan Defrost heater tanpa memakai indera multimeter....?

Itu hal yang relatif gampang, sobat tinggal menggabungkan ke 2 kabel THERMO DEFROST / BIMETAL lalu putar timer menuju ke proses defros ( pencairan bunga es ) jika fuse dan heater dalam keadaan baik, maka heater akan panas, akan tetapi bila heater tidak panas kemungkinan rusak. Ganti fuse serta heater baru.

Cek kerusakan heater kulkas, sobat pula sanggup dengan cara memberi langsung tegangan 220 volt, akan tetapi sebelumnya cek dulu menurut segi fisik aoakah pada keadaan untuh atau sudah pecah.

Sampai sini sobat niscaya sudah memahami, penyebab kulkas 2 pintu nir bisa dingin. 
Bila HEATER dan FUSE dalam keadaan baik, kemungkinan kerusakan disebabkan lantaran kebocoran gas freon atau kebuntuan di filter / pipa kapiler, buat mengetahui cara perbaiki kulkas buntu atau bocor silahkan sobat kunjungi postingan
CARA PERBAIKI KULKAS FREEZER SHOWCASE GAS FREON BUNTU
Cara memperbaiki kebocoran gas freon kulkas 1 satu pintu tetapi mampu jua buat kulkas dua pintu
CARA MEMPERBAIKI KEBOCORAN GAS FREON ( REFRIGRANT ) KULKAS FREEZER

CARA PERBAIKI KULKAS 2 PINTU KURANG DINGIN TIDAK SAMPAI BEKU

Perbaiki kulkas 2 pintu yg kurang dingin terdapat poly penyebabnya
Sebab pertama merupakan oli dari mesin compresor naik ke dalam evaporator
Penyebab kedua lantaran tekanan compresi  pada compresor sudah berkurang
penyebab ketiga lantaran karet pintu telah nir rapat
Dan yang keempat lantaran terjadi kebuntuan saluran air buang pada proses pencairan bunga es

Untuk memastikan penyebab kerusakan kulkas 2 pintu yg kurang dingin, aku akan bahas tentang cara mencari kerusakan dalam kulkas 2 pintu.

Silahkan sobat simak baik-baik, bila samar-samar sobat pembaca ataupun yang mencari solusi kerusakan dalam kulkas 2 pintu sanggup bertanya pada kolom komentar dibawah postingan ini.

CARA MENCARI KERUSAKAN PADA KULKAS 2 PINTU YANG KURANG DINGIN DENGAN CEPAT

Memperbaiki kerusakan pada kulkas 2 pintu wajib jeli pada menebak setiap kerusakan, karena sanggup jadi kerusakan yang sama akan tetapi komponen yang rusak mampu berbeda-beda. Alhasil jika tebakan salah mampu menyebabkan kita mampu membeli komponen yang galat dan akhirnya porto service bertambah.


Untuk pertama kali pengecekan, kita harus memahami apasih keluhannya.....
Untuk pengecekan kulkas dua pintu yang kurang dingin / dingin tapi tidak sanggup buat buat es, maka yg wajib anda cek adalah evaporatornya terlebih dahulu, bila bunga es nir merata maka bisa jadi kerusakan dalam sistem refrigrant, baik bocor halus, oli naik ke evaporator, penyempitan pipa jalur refrigrant (buntu) atau karena tekanan kompresi pada compresor sudah berkurang.

Bila kerusakan ini disebabkan karena bertumpuknya bunga es dalam evaporator, maka sanggup dipastikan kerusakan dalam sistem defrost atau sistem pencairan bunga es.

"Kulkas 2 pintu kurang dingin dampak penumpukan bunga es dalam evaporator dikarenakan sistem defros bermasalah."

Untuk memperbaiki kerusakan kulkas 2 pintu kurang dingin karena penumpukan bunga es, merupakan menjadi berikut.

1. BUKA PENUTUP EVAPORATOR
Membuka penutup evaporator dalam kulkas 2 pintu yg terjadi karena penumpukan bunga es agak merepotkan, buat itu sobat harus mencairkan bunga es terlebih dahulu menggunakan memakai hair dryer, apabila tidak ada hair dryer maka mampu sobat buat menguyur dengan air hangat atau ditunggu sampai mencair sambil minum kopi dan gorengan hehehee.

2. MENGGABUNGKAN KEDUA KABEL PADA BIMETAL / DEFROS THERMO
Maksud menurut menggabungkan kedua kabel bimetal / defros thermo adalah buat mengetahui apakah heater (pemanas) serta Fuse (pengaman suhu panas) berfungsi dengan baik atau tidak dan selanjutnya memutar timer ke setelan defros.
Tunggu lebih kurang  5 mnt dan cek apakah heater panas atau nir, apabila panas berarti heater dan fuse dalam keadaan baik. Untuk model heater pipa yg berada berdampingan menggunakan pipa evaporator, lama panas membutuhkan waktu lebih lama , paling cepat sampai 15 menit.

3. CEK PADA TIMER KULKAS
Pengecekan dalam timer kulkas buat kerusakan kulkas yg kurang dingin sangat penting, lantaran fungsi timer merupakan mengatur waktu buat proses pendinginan atau proses defros (pencairan bunga es). Untuk proses pencairan bunga es bekerja setiap 7 jam sekali.
Bila ada kerusakan timer kulkas waktu pendinginan, maka proses pencairan bunga es tidak bisa dilakukan, sedangkan apabila kerusakan timer kulkas pada saat proses pencairan bunga es, maka kulkas tidak bisa melakukan proses pendinginan lantaran arus listrik ke heater nir bisa berpindah ke mesin compressor.

Cara pengecekan timer kulkas
Pengecekan timer kulkas menggunakan cepat bisa anda lakukan dengan cara :
  1. Memegang motor timer kulkas, bila terdapat getaran motor kemungkinan motor timer masih baik
  2. Melihat putaran roda gigi buat perpindahan ketika defros serta ketika pendinginan, apakah berputar atau tidak dengan cara melihat pada pinggir timer terdapat plastik transparan yang berfungsi buat melihat roda gigi. Jika roda gigi nir berputar maka roda gigi timer rusak.
  3. Untuk model timer tanpa kaca transparan, Sobat harus mencicipi ada getaran atau tidak, jika ada tunggu kurang lebih 30 mnt - 45 mnt, timer yg mengagumkan akan berpindah ke proses pendinginan, yaitu mesin compressor balik bekerja bersama motor kipas blower
Untuk memastikan rusak atau tidaknya sebuah timer kulkas, Sobat wajib tabah waktu mode pencairan menunggu hingga proses pendinginan "compresor dan kipas blower keadaan hidup," 

Bila timer defrost sudah dipastikan berpindah sendirinya ke proses pendinginan "mesin compresor dan motor blower kipas hidup," maka timer kulkas dinyatakan baik.

4. CEK BIMETAL / DEFROS THERMO
Untuk mengetahui kerusakan pada bimetal / defrost thermo harus menggunakan multimeter, karena pada ketika suhu normal defrost thermo, kedua kabel apabila diukur akan memutus serta bila suhu dingin akan terhubung. Untuk mengetahui rusak atau tidak nya bimetal / defrost thermo wajib didinginkan dalam suhu dibawah 13° Celcius. Entah itu menggunakan es direndam pada wadah atau dimasukkan pada freezer yang dingin beku.

gimana cara cek thermo defrost / bimetal klu kulkas nir dingin ?

Untuk itu jika sobat ingin mengetahui kerusakan pada kulkas dua pintu, defrost thermo di cek selesainya seluruh dinyatakan baik. Cek thermo dwfros atau bimetal pula sanggup dicermati dari fisiknya, bila didalam plastik tebal masih ada air, maka usahakan ganti yang baru. Namun terkadang evaporator terjadi penumpukan bunga es penuh akibat terjadi kebuntuan jalur pembuangan air ke penampungan, karena jalur pipa air pembuangan buntu mengakibatkan tergenangnya defrost heater kulkas dan nir bisa berfungsi maksimal .

Demikian cara memperbaiki kerusakan kulkas dua pintu kurang dingin, semoga postingan ini dapat membantu anda pada memperbaiki kasus kulkas dua pintu.

Comments