CARA MENANAM CABE DI RUMAH MULAI DARI PENYEMAIAN SAMPAI PANEN GAMPANG BANGET

Meski membakar pengecap, akan tetapi sensasi pedas dari cabe alias cabe ini tetap banyak yg menyukainya. Hal itu jua yang membuat kuliner pedas memiliki sensasi candu bagi para penikmatnya. Jadi jangan heran apabila banyak orang beranggapan bahwa nir lezat apabila tidak makan pedas.
Terlebih poly pula kuliner tradisional memakai cabe sebagai salah satu bumbu utamanya. Mulai menurut sambal goreng sampai rendang Padang, semuanya menggunakan cabai. Belum lagi aneka sambal yang tentu banyak juga orang Indonesia yg menyukainya.
Tak heran bila pada ranah perekonomian, cabe dapat memicu inflasi. Pasalnya, di perdagangan harga harga jabe acapkali mengalami fluktuasi harga yg tajam.

Terutama saat Bulan Puasa atau menjelang Lebaran, harga cabai umumnya sanggup menembus lebih berdasarkan Rp 100 ribu per kilogram. Padahal, jika kita mau menanam cabai sendiri pada tempat tinggal , kita bisa menyiasati peningkatan harga tersebut.
Yang jadi pertanyaannya, apa mampu kita menanam cabai pada tempat tinggal ? Jawabannya, tentu saja sanggup. Dan, ternyata mudah banget.
Nah, pada kesempatan ini CARA FLEXI akan membahas cara menanam cabai di tempat tinggal secara lengkap mulai menurut tahap penyemaian sampai panen. Yuk simak!
1. Tahap penyemaian

  • Hal apa saja yang wajib kita lakukan pada termin penyemaian:
  • Hal pertama yang harus kita lakukan tentu saja adalah menyiapkan benih. Benih cabe sanggup kita dapatkan berdasarkan biji cabai segar. Setelah mendapatkannya, rendam di dalam air. Biji yg karam merupakan benih cabai berkualitas baik.
  • Setelah ditiriskan, jemur biji cabe akan tetapi jangan hingga terpapar sinar mentari secara eksklusif.
  • Setelah kering benar, tanam pada media penyemaian. Media penyemaian dibentuk dari adonan tanah serta sekam atau pupuk kandang. Perbandingannya merupakan 2:1. Maksudnya, 2 buat tanah serta 1 buat sekam atau pupuk kandang. Buat media penyemaian setebal lima-10 centimeter. Tebar biji cabe menggunakan jeda 10 sentimeter. Namun, sebelum ditebar ke media penyemaian, rendam biji cabai dengan air hangat. Hal ini bertujuan buat merangsang pertumbuhan benih nantinya.
  • Selanjutnya, siram menggunakan air bersih. Apabila terdapat, Anda mampu menyiram dengan air dari air sungai yg mengalir dan tidak terkotori atau air sumur.
  • Tutup media penyemaian dengan karung goni yang sudah dibasahi sebelumnya. Hal ini bertujuan supaya suhu di media penyemaian tetap lembab.
  • Setelah 4 hari, ganti karung goni menggunakan plastik transparan agar benih tidak terpapar sinar mentari secara pribadi. Biasanya, selesainya 30 hingga 45 hari, benih akan tumbuh daun. Dan, siap ditanam.

Simak pula: Kapsaisin pada Cabai Membuat Tubuh Langsing

2. Tahap penanaman

  • Hal pertama yang wajib kita lakukan sebelum melakukan penanaman merupakan menyiap media buat menanam. Kita mampu memanfaatkan polybag berlubang atau kaleng bekas yg sudah dilubangi untuk menanam.
  • Setelah itu, isi polybag menggunakan tanah, kompos, dan sekam dengan perbandingan 1:1:1.
  • Pindah bibit yg kita bisa menurut hasil termin penyemaian ke media penanaman.
  • Setelah mulai tumbuh akbar, tancapkan rabat bambu dengan tinggi 20 sentimeter buat menopang pohon cabe supaya tumbuh tegak.

Simak pula: 10 Cara Mudah Merawat Rumah Agar Tetap Rapi Sehat dan Bersih

3. Tahap perawatan

  • Pada dasarnya merawat pohon atau flora cabai tidaklah susah. Hal pertama yg perlu dilakukan terdapat melakukan penyiraman secara rutin. Tapi jangan terlalu tak jarang. Penyiraman dilakukan hanya satu kali sehari. Dan, itu nir boleh hingga membanjiri media tanah. Cukup basahi media tanam menggunakan air supaya flora cabai tidak sampai kekurangan air.
  • Bila ingin menambahkan pupuk alami, waktu yang paling permanen adalah sebelum setelah penanaman serta setiap selesai panen.
  • Jika flora cabai terjangkit hama, segera rabat bagian yg terserang hama. Biasanya hama penyerang tumbuhan cabai diantaranya kutu daun, kutu gurem, dan tangau merah.

Simak pula: Gampang Diaplikasikan! Begini Cara Membuat Hembusan Kipas Angin Jadi Sesejuk AC (Air Conditioner)

4. Tahap panen

  • Nah, inilah tahap yang paling dinantikan-tunggu. Ya, termin panen. Biasanya tanaman cabai baru mampu dipanen sehabis usia tanam mencapai 2,5 bulan.
  • Cara memanen pula harus sahih. Petik cabai beserta tangkainya hanya dalam pagi hari.

Simak pula: Tak Usah Pakai Racun, 3 Bahan Alami Ini Sangat Ampuh buat Membasmi Tikus

Meski poly tahap yang wajib dilalui, tapi dalam umumnya menanam cabe di rumah menggunakan memanfaatkan pekarangan atau laman itu gampang kan? Semoga bermanfaat.

Comments