CARA MEMPERBAIKI SOLDER KURANG PANAS


Cara memperbaiki solder kurang panas - Beberapa kalikesempatan aku mendapat pertanyaan tentang solder yang saya pakai. Solderkamu kok matang ketika dipakai. Kenapa solder aku nir sanggup digunakan untukmenyolder komponen. Hasilnya solderan kurang matang bahkan tidak menjangkaumenempel pada pcb. Atau seringkali mereka bertanya bagaimana sih kok menyolderkabel tapi timah tidak melekat dalam serabut kabel.

Ternyata setelah aku lihat solder milik orang yang bertanyatersebut solder yang kualitas rendah. Dijual di pasaran kisaran harga 15ribuan. Pantas saja tidak bisa nempel.

Apakah solder menggunakan harga yang murah hasilnya sanggup bagus?

Bisa!

Saya dulu pula membeli solder menggunakan harga murah ternyatatidak sanggup buat menyolder komponen. Dan aku memutuskan buat memodifikasisolder terseubut. Bagaimana caranya?

Saya hanya perlu mengganti mata solder menggunakan mata yangberkualitas seharga 20 ribu atau bila ingin yang murah lagi sanggup memakai yangstandar sekitar 10 ribu saja. Dengan membarui mata solder bawaan soldermurahan, kita sudah bisa menyolder komponen dengan hasil yang matang sempurnA.

Jika anda seseorang teknisi elektronik, aku sararankan agarmembeli solder yg berkualitas minimal harganya sekitaran 50 ke keatas.
Baca pula; teknik soldering serta desoldering

Bagi anda yg hanya membutuhkan solder buat keperluantertentu membeli yg standar saya sebutkan solder tembak misalnya. Itu sudahbisa digunakan yang krusial buat menyolder tenol/timah bisa melekat secarasempurna. Yang terpenting ujung mata solder bukan terbuat menurut logam biasa. Melainkanmenggunakan alumunium dan tembaga.

Cara memperbaiki solder tewas nir panas

Solder tewas, umumnya terjadi karena faktor penggunaan yangsudah relatif usang sehingga elemen pemanas mengalami penurunan kualitas. Sehinggajika anda menginginkan ekonomis nir usah membeli soder baru anda mampu sajamemperbaiki solder anda yang nir panas.

Caranya;

Dengan membarui elemen solder.

Anda mampu membeli elemen solder di toko elektro terdekat.harganya yg paling murah antara kisaran 3000-10 ribu rupiah. Saya seringmenggunakan elemen dengan daya 40 watt.

Menurut saya standar/ atau Menurut body solder. Jika semulamenggunakan solder berdaya 30watt ya elemen harus diganti dengan 30 watt. Bisadiganti elemen yg lebih panas contohnya 40 watt, tetapi terkadang body soldertidak cocok menggunakan elemen. Sehingga ketika dipasang tidak masuk pada bodysolder.

Demikian Semoga berguna!!!

Comments