CARA MEMPERBAIKI JARING IKAN

Cara Memperbaiki Jaring Ikan - Dalam Memperbaiki Jaring pastinya kita akan menemui kata menjurai. Sebenarnya Jurai jaring adalah bagian menurut perbaikan jaring dan setiap nelayan pada indonesia pandai pada menjurai jaring

Kerusakan pada jaring wajib cepat pada perbaiki. Dalam pola perbaikan jaring antara lain Menambal, Menyambung serta memotong jaring.


Pengetahuan utama pada mempebaiki jaring adalah sama saja dengan pengetahuan membuat, memotong serta menyambung jarring, karena pengetahuan menyambung jaring ini kadang-kadang merupakan kombinasi atau adonan berdasarkan pengetahuan-pengetahuan yang telah disebutkan di atas.


Cara Memperbaiki Jaring Ikan

Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan dalam memperbaiki jaring yaitu;


Keterampilan menciptakan serta memotong jarring termasuk menyambung jarrng haruslah sudah dikuasai sahih-benar. Dan Penguasaan mengenai teknik menjurai jaring pada dapatkan umumnya berdasarkan belajar dengan nelayan atau mengikuti Diklat perikanan atau diklat nelayan.



Ketelitian dalam menentukan bentuk-bentuk kerusakan pada lembaran jaring serta keterampilan dalam menciptakan balik sebuah kerusakan pada jaring supaya mudah diperbaiki. Karena pada memperbaiki jaring apabila nir teliti serta mengetahui teknik nya maka syarat jaring akan rusak serta tidak sanggup di gunakan


Tanpa memiliki kedua kapital dasar tersebut di atas tidaklah mungkin kita dapat memperbaiki kerusakan-kerusakan dalam jaring secara baik.

Memperbaiki kerusakan jaring dapat dilakukan dari akbar kecilnya sobeknya jaring. Perbaikan ini dapat dibagi dua :

A. Memperbaiki kerusakan jaring dengan DI JURAI
Apabila kerusakannya kecil atau hanya beberapa mata saja. Untuk memperbaikinya menggunakan cara :
  1. Simpul – simpul jaring yang rusak dibentuk menjadi simpul berkaki 3 dalam bagian paling atas / depan atau samping kiri menjadi awal perbaikan. Demikian jua pada bagian paling bawah / belakang atau samping kanan simpulnya dibuat kaki 3 sebagai akhir perbaikan.
  2. Kemudian simpul – simpul jaing lainnya yg rusak dibuat simpul berkaki 2 baik simpul mesh mauun pointnya.
  3. Bekas rabat simpul mesh dibersihkan kecuai simpul point cukup dipotong pendek.
  4. Kemudian dilakukan perbaikan sebagaimana kita menjurai.
B. Memperbaiki / menjurai  kerusakan jaring dengan MENAMBAL 

Apabila kerusakannya relatif lebar  dan buat perbaikannya dengan cara dijurai   memerlukan saat usang. 

Untuk menambal jaring caranya :


- Bagian jaring yang rusak dibuat persegi panjang sesuai kerusakannya

- Semua simpul bagian jaring yang rusak / robek dibuat simpul berkaki dua 

- Bekas potongan simpul mesh dibersihkan serta simpul poinnya dipotong pendek

- Jaring penambalnya pula dibentuk persegi panjang menggunakan jumlah mesh (mendatar) maupn ponnya (tegak) masing – masing dikurangi satu mata. 

Misalnya bagian jaring yang akan ditambal julah mendatar 20 mata dan tegaknya 10 mata, maka jaring penambalnya jumlah mendatar (mesh) 19 mata dan jumlah tegak (point) 9 mata.

- Bekas potongan simpul mesh dibersihkan serta simpul poinnya dipotong pendek.

- Perbaikannya diawali pada simpul mesh bagian galat satu sudut jaring yg akan ditambal serta selanjutnya disambung sebagaimana menyambung mesh menggunakan mesh juga point menggunakan point dan berakhir pada simpul berkaki tiga sebagai mana loka awal pemugaran.



Sumber : Burhanudin. Modul Perawatan serta Perbaikan Jaring Ikan. BPPP Tegal

Semoga Bermanfaat..

Comments