CARA MEMPERBAIKI HEAD CARTRIDGE YANG TERSUMBAT ATAU MAMPET

TErkadang printer Ink Jet yang baru anda beli beberapa bulan yang kemudian sudah tidak dapat pada gunakan lagi buat mencetak, hasil cetakannya terputus - putus dan bahkan tidak keluar output cetakannya sama sekali, hal ini kemungkinan besar di sebabkan mengeringnya tinta di saluran Head Cartridge printer anda, sebagian perkara yang terjadi pada Head Cartridge printer yg tersumbat lantaran saluran penyemprot tinta yg tersumbat, mampu saja lantaran printer tersebut sporadis di gunakan atau tersumbat kotoran yg terbawa menurut kertas yang anda gunakan buat mencetak di printer tersebut. Kemudian bagaimana solusinya agar Head Cartridge Yang Tersumbat Atau Mampet bisa pada perbaiki dan bisa di pakai kembali ? Hening saja, sebagai orang indonesia anda harus bangga lantaran ada prinsip tidak terdapat rotan akar pun jadi, merupakan anda mampu memperbaiki Cartridge printer yang mampet itu dengan berbagai cara dan indera - alat tradisional ini dia, hasilnya pun hampir 90 % berhasil tergantung dari tingkat keparahan penyumbatan dalam cartridge tersebut, sebelum kita mempraktekannya ayo simak terlebih dahulu video tutorialnya pada bawah ini, supaya langkah - langkahnya dapat anda pahami terlebih dahulu, selamat menyimak !

 
Berbagai Jenis Head Cartridge Printer yang bisa anda perbaiki dengan cairan cleaner menurut masalah tersumbatnya saluran penyemprot tinta contoh Cartridgenya silahkan anda Klik pada --> SINI
Atau Bisa Anda Cek di --->  SINI

Contoh Cairan Cleaner Pembersih Head Cartrigde Printer

Jika tidak ada cairan cleaner misalnya gambar di atas anda bisa gunakan Air Panas misalnya contoh gambar di bawah ini :

Cara Membersihkan Tinta Tersumbat Pada Head Cartridge menggunakan Air Panas merupakan sebagai berikut  :
Bersihkan tinta printer dengan selembar kertas tissue yang telah pada rendam sementara waktu menggunakan air hangat dengan cara lap kertas `tissue‘ basah pada head (lubang penyemprotan tinta). Apabila ada pertanda tinta pada kertas `tissue’, berarti masih ada lubang penyemprotan tinta yang (masih) dapat mengeluarkan tinta /tidak tersumbat atau (mungkin) tinta kering yg menyumbat telah mencair. Cobalah buat test printing tinta printer yg tersumbat tersebut
Jika cara di atas permanen nir berhasil, kita bisa mencoba menggunakan air lebih hangat (60-70 derajat celcius) menggunakan cara merendam cartridge selama 10-15 mnt buat mencairkan lubang tinta yg kemarau tersebut. Coba lagi untuk test printing
Jika 2 cara pada atas tidak bisa mengatasi cartridge printer yang tersumbat, maka gunakan cara alternatif di bawah ini :
Head Cartridge yg tidak sanggup keluar tintanya lantaran Penyumbatanakibat tinta yg mengering , sehingga tentu saja akan menyumbat jalannya tintasaat digunakan proses mencetak.
·Kotoran atausering kali debu yang masuk ke cartridge bersamaan bercampur masuknya tinta 
          sebagai akibatnya menyumbat lubang-lubang head.
·Panasberlebih dampak head yg dipaksa bekerja mencetak tanpa istirahat.
·Ujung headtergores dampak benturan/bergesekan dengan benda yg lebih keras.
Perlu diketahui bahwa diameter cartridge sangat kecil bahkan lebih mini daridiameter rambut manusia, sehingga jika ujung head ini terbentur/tergesekbenda keras akan mudah rusak.

Solusi buat ini yaitu: Head cartridge yg tersumbat baikoleh tinta yang mengering atau kotoran misalnya debu yg masuk bercampurtinta. Solusi sebenarnya tergantung kondisi kerusakan head cartridgedari yang ringan sampai yang berat. Gejalapenyumbatan cartridge tentu saja ditandai menggunakan nir keluarnya tinta dengansempurna waktu mencetak.

♦ Penyumbatan Ringan
Lakukan proses cleaning memakai perangkat lunak menurut bawaanprinter, bila masih belum juga mampu membantu lakukan proses deep cleaningmenggunakan software bawaan printer jua.
♦ Penyumbatan Sedang
Dengan menggunakan indera yang dianggap menggunakan toolkit penyedotcartridge. Caranya pun gampang relatif pasang cartridge yg bermasalah padatoolkit kemudian sedot menggunakan suntikan.
♦Penyumbatan Berat
Rendam Head cartridge dengan menggunakan cairan cleaner(bukan sembarang cairan cleaner), saat merendam jangan sampai membasahi sampaiterkena chip cartridge. Lamanya tergantung taraf kerusakan penyumbatan headcartridge (bisa 15 mnt 1 jam bahkan sehari). Kemudian kombinasikan jugamenggunakan toolkit penyedot cartridge.


Cara merawat head print agar tidak tersumbat lagi !

Pastikan anda menggunakan tinta berkualitas yang sudahmelalui proses filtrasi paripurna, lantaran tinta yg sembarangan bisamenyebabkan Head printer sebagai tersumbat atau mampet atau nir mengeluarkantinta menggunakan paripurna.

Head printer bisa mengering dan tersumbat dikarnakan printertersebut tidak digunakan pada jangka saat yg lama atau jarang digunakan.istilah buat printer yg tersumbat atau mengering ini sering dikenal denganClogged print head.

Untuk cara mengatasinya atau membersih head printer yangmampet, mengering atau tersumbat ada beberapa langkah yang wajib dilakukan.untuk type printer terbaru khususnya printer Epson pastilah dilengkapi denganfasilitas Cleaning System, nah..buat langkah pertama, coba anda gunakanfasilitas tadi menggunakan melakukan testing printer secara berulang-ulang.untuk fasilitas bawaan menurut printer terkini lainnya merupakan pembersih head atauCleening Head. Gunanya merupakan buat membersihkan head print yang tersumbat,akan tetapi buat fasilitas ini jarang berhasil! Dan apabila anda melakukan fasilitasini secara berulang-ulang 10 kali atau lebih, maka akan mengakibatkan tintamenjadi boros, atau lebih parahnya dapat menyebabkan Waste Ink Tank Fullsehingga perlu dilakukan Resetter buat printer tersebut.

Dan terakhir buat membersihkan head printer yang tersumbatdan mengering ini galat satu cara yg bisa kita coba merupakan. Kita cobabersihkan sendiri head printer. Yaitu menggunakan merendam atau memasukan headprinter kedalam cairan/air boleh dibubuhi alkohol atau ammoniac kedalamnya(ingat yang dimasukan ke cairan hanya bagian headnya saja, bukan semuanya).atau jikalau perlu anda membeli cairan spesifik buat membersihkan head printeryang mengering ini (cartridge flush solution), namun cairan ini tidak mengecewakan jugaharganya. Silahkan anda lakukan langkah ini sekitar 10 mnt atau jikalau perluseharian pula nir kasus. Langkah ini bisa mencirkan lagi tinta yangmengering. Dengan cairnya tinta kemarau tersebut diharapkan bisa buat mencetakdengan rupawan lagi. Cara tersebut lebih efisien ketimbang harus mengganticartidge, ini memang cepat dan gampang, namun memakan biaya yang relatif mahal.cara ini mampu dilakukan jika Cartidge serta head menyatu.

Comments