CARA MEMOTONG PENA BESI UNTUK KALIGRAFI


Yang aku maksud dengan pena besi adalah pena misalnya gambar diatas. Ni saran saya saja...usahakan kamu punya satu. Syukur syukur engkau punya koleksi lengkap pulpen misalnya ini. Gambar diatas merupakan gambar yang belum dipotong. Untuk kaligrafi, tentu harus dipotong dulu.

Baca jua mengenai Kaligrafi Islam
  1. Saya tidak menyarankan engkau membeli pulpen yang telah dipotong. Alasannya adalah, belum tentu cocok dengan tanganmu. Kalau memotong sendiri, nanti hasilnya sangat baik Insya Allah.
  2. Saya pula tidak menyarankan engkau memotongnya dengan tang atau dengan gunting seng. Alasannya adalah, sering kemiringannya tidak pas, serta tingkat kegagalannya tinggi. Biasanya bila tidak hati hati memotongnya, justru menyebabkan dua sisi penanya merenggang sebagai akibatnya tinta tumpah kekertas setiap kali digunakan.


Lalu dipotong dengan apa ? Ikuti cara caranya berikut adalah :

Beli dulu pulpennya pada toko kitab yang lengkap. Karena pena jenis ini sporadis dijual di sembarang toko. Di Depok, aku mendapatkannya pada toko Sederhana seharga Rp. 10.000/buahSetelah itu mampirlah ke toko material, beli amplas besi paling halus. Saya tidak tahu berapa nomornya, pokoknya ngomong aja begitu mereka niscaya faham. Harganya Rp. 3.000 perlembar. Cukup selembar saja. Untuk memotong sepuluh pulpen jua masih mampu..setelah itu itu cari loka memotong yg lezat , yg terdapat meja kursinya di tempat tinggal atau dikelas.boleh memakai tatakan yg tidak terlalu keras. Sebaiknya buku atau bekas bekas proposal. Letakkan amplas diatasnya. Jangan pakai tatakan yang empuk ...! Tidak pakai tatakan juga nir apa apa.pegang pena dalam posisi nyaman engkau ketika menulis. Kemudian gosokkan ujung pena ke amplas menggunakan gerakan searah menurut atas ke bawah. Kemiringan harus dipertahankan.terus gosok dengan tempo sedang. Jangan terlalu cepat, karena pena sanggup rusak. Ingat ya...gerakan wajib searah...!! Dan sebaiknya posisi pena jangan berubah berubah. Sekali miring 45 derajat, pertahankan seperti itu.kira kira 100 x gosokan akan terlihat pena mulai terpotong. Jika engkau telah menerima ukuran yg sinkron ya telah relatif. Jika belum, gosok lagi...!!!Selanjutnya adalah penghalusan. Gosokkan pelan pelan diatas amplas, namun jangan ditekan. Mengambang saja. Gerakkan sesukamu, keatas, kebawah, ke samping kanan-kiri, memutar mutar sehingga seluruh sisi penanya halus.cobakan kekertas, menggunakan gerakan menulis pelan pelan. Jika masih tersendat sendat, gosok pada amplas lagi bagian yang tersendat itu. Jika sudah mulia menapak dengan lancar, maka mampu dicoba di keramik atau kaca pelan pelan dan agak mengambang. O ya...jangan diisi tinta dulu.kemudian isi tinta, dan cobalah menulis alfabet shad . Bila lancar, berarti sudah jadi. Tinggal menghaluskan bagian bagian yang masih tajam diatas amplas atau keramik. Ada tintanya tidak apa apa.bila kamu telah menerima pena yang lezat , usahakan jangan pada gosok lagi. Nanti bisa rusak lagi. Menghaluskan pena bagi saya merupakan pekerjaan yg melelahkan dan bikin tertekan.jangan pernah meminjamkan pena kamu pada orang lain. Bisa rusak nanti. Lebih baik memberi pena baru dari dalam meminjamkannya.
 Demikianlah Cara Memotong Pena Besi Untuk Kaligrafi. Mudah mudahan bisa pada fahami dan dipraktekkan.

Comments