CARA MEMBUAT GARAM DAPUR YANG BERYODIUM

SIapa Bilang jadi Pengusaha Garam itu Susah ? Dari ada niat serta usaha maka niscaya anda sanggup ! Peluang usaha Bisnis Garam Dapur Tidak pernagh surut, hanya saja banyak orang yg masih berangapan mengolah air bahari yang tersedia dengan Gratis hingga sebagai garam dapur beryodium yang biasa kita gunakan buat memasak itu ucapnya sulit, begitu pula menggunakan harga garam katanya sangat murah gak sinkron dengan jerih payah yang di korbankan. Sebelum anda melanjutkan membaca artikel ini, mohon buanglah jauh - jauh pikiran misalnya di atas. Katakan pada diri anda bahwa aku niscaya sanggup sebagai pengusaha Garam yang sukses. Indonesia adalah negara Tropis yang cocok buat membentuk Garam menggunakan lebih berdasarkan 17.000 pulau, garis pantainya mencapai 54.716 km  serta kadar garam air bahari yang cukup tinggi, ini merupakan modal awal anda buat sebagai pengusaha garam yg sukses nantinya.
Sebelum anda menyimak lebih lanjut tentang proses pembuatan Garam Dapur Beryodium, nah bagi anda yg ingin bercita - cita menciptakan Garam Dapur Beryodium sendiri dan mengemasnya buat di jual di pasaran, maka berikut ini terdapat beberapa model kemasan dan merek garam dapur halus berkwalitas yang sanggup anda pelajari lebih lanjut, isu selengkapnya silahkan anda Klik di --> SINI
Atau Bisa Anda Cek di --->  SINI


Beberapa model Garam dapur Halus Kemasan Moderen yg telah poly pada jual di pasar moderen dan bernilai jual tinggi,  bisa anda simak selengkapnya pada --> SINI


Sebelum kita Pelajari Cara Membuat Garam Dapur Beryodium, ayo kita buka dulu wawasan anda bahwa membuat garam itu tidaklah sesulit yang anda bayangkan, ini dia video tutorial mengenai bagaimana memproses air laut yg Gratis itu sampai sebagai Garam Krosok ( garam yg masih berbentuk kasar ) untuk bahan baku pembuatan Garam Dapur Beryodium - Selamat Menyimak !

Jika anda telah Menyimak Video pada atas, maka marilah kita balik menambah wawasan anda tentang bagaimana proses selanjutnya dari bahan garam krosok yg pada hasilkan petani garam tersebut kita olah menjadi Garam dapur yang beryodium dan bernilai Jual lebih tinggi di pasaran. Berikut ini Prosesnya - silahkan di simak dengan baik !

Setelah anda menyaksikan ke 2 Video pada atas, yuk kita bahas langkah demi langkah bagaimana memproses garam berdasarkan petani sebagai Garam yang mengandung Yodium, ini dia Prosesnya :
Langkah - Langkah Mudah Dalam Proses pembuatan garam dapur beryodium ini merupakan :
1. Mencuci garam krosok (garam yang pada beli berdasarkan petani garamyang masih berbetuk kasar) Pencucian ini dilakukan dengan membuat bak-bakpenampung yg terbuat dari tembok semen yg berisi larutan pencuci BRINE.garam di pindah berdasarkan bak pertama hingga bak ke enam sebagai akibatnya higienis.
2. Setelah di cuci, garam pada tiriskan / diangin-anginkan dikeringkan dengan cara pada panggang atau pada sangrai sebagai akibatnya kadar airnya sebagai lima %

3. Garam krosok yang sudah kemarau lalu di giling dan diberi zat iodisasi(yodium) dengan formula :

a. Garam: 25Ton: 20 Ton
b. KIO3: 1Kg: 1 Kg
c. Air Pelarut : 25 liter: 20 Liter
agar membentuk garam beryodium menggunakan kualitas 40 – 50PPM

4. Untuk garam dapur, maka garam yang sudah pada iodisasi langsung pada timbangsesuai isi dalam kemasan yang tertera di label bungkusan garam. Jika ingindi buat garam briket / kotak maka dibuat cetakan dan garam pada press sehinggabisa berbentuk kotak setelah itu garam dapur / garam kotak di bungkus dalamplastik kemasan dan di laminasi sehingga tidak terjadi kebocoran di dalamkemasan.

5. Garam siap pada pasarkan

Jika Anda Ingin Coba Menghitung Berapa Keuntungan yang mampu anda dapatkan jika anda terjun ke global usaha Produksi Garam Beryodium tadi, ini dia perhitungan kasarnya :
Marilah kita hitung biaya   pembuatan garam dengan skala home industri :
– Biaya mencuci garam     : Rp. 20/kg
– Biaya Sangrai serta giling : Rp. 20/Kg
– Biaya Oven menggunakan batok kelapa : Rp. 200/Kg
– Biaya Packing buat garam dapur : Rp. 350/bal atau Rp. 175/kg. 1 bal berisi : 20 kemasan (berat 2 kilo)
– Biaya Packing untuk garam kotak/briket : Rp. 200 kemasan 1,lima Kilo dan Rp. 150 bungkus 1 kilo
– Biaya Beli Bungkus Plastik 1 Roll : Rp. 700.000 isi dua.500 bungkus plastik atau kurang lebih Rp. 100/bungkus
Jumlah biaya garam dapur beryodium : 20+20+200+175+100 = Rp. 515
Total biaya pembuatan garam di demam isu kering :
– Harga garam krosok : 600 + Total biaya pembuatan garam dapur : 515 = Rp. 1.115
Total porto pembuatan garam di musim menengah :
– Harga garam krosok : 850 + Total porto pembuatan garam dapur : 515 = Rp. 1.365
Total porto pembuatan garam pada animo penghujan :
– Harga garam krosok : 900 + Total biaya pembuatan garam dapur : 515 = Rp. 1.415
Harga Penjualan ke marketing / sales buat 1 bal isi 20 bungkus (2 Kilo) merupakan : Rp. 5.000: 2 = Rp. 2.500
Jadi laba pembuatan garam beryodium tiap 1 kilo merupakan : 2.500 – 1415 (harga penghujan): Rp 1.085
Setiap satu home industri dengan 5 karyawan mampu membuat 1,lima Ton atau 1.500 kg garam dapur
maka kebutuhan garam buat 1 home industri merupakan 30 hari X 1.500 kg = 45.000 kg atau 45 ton perbulan.
Penghasilan higienis dari home industri garam beryodium ini perbulan adalah 45.000 X Rp. 1.085 = Rp. 48.825.000.
Catatan : Perhitungan pada atas adalah syarat Harga Bahan Baku Garam sedang dalam Posisi Normal, tetapi Keuntungan anda juga akan semakin tinggi seiring harga jual garam dapur beryodium kemasan di pasaran yg waktu ini naik hingga 3x lipat pada banding harga normal.
Jika anda belum siap buat jadi pengusaha Garam, Tidak Jadi kasus, kami jua akan menaruh wawasan pada anda yg ingin belajar menciptakan Garam  sendiri pada tempat tinggal buat menghadirkan aroma pantai ke dapur anda. Berikut ini caranya :
Langkah Pertama adalah mengumpulkan Air laut yg dikumpulkan menurut bahari yg kaya akan garam atau mampu jua air dari tambak garam. Adalah sangat krusial buat mengumpulkan air garam berdasarkan sumber yang higienis. Jika Anda memahami wilayah mana yg , jangan mengumpulkan air dari sana. Polusi udara, minyak serta limbah kimia, pula jenis-jenis polusi lain akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda !
Sebelum pada proses, Saring airnya ! Proses ini sangat dibutuhkan buat menghilangkan pasir, kerang serta sedimen bahari lain menurut air sebelum Anda memanen garam. Gunakan kain katun tipis buat menyaring garam dari air. Juga bisa memakai satu atau beberapa lapisan. Untuk lebih yakin bahwa kotoran sudah terbuang, saring air beberapa kali. Hal ini tidak akan mempengaruhi kandungan garam.
Selanjutnya Biarkan air laut menguap. Garam laut adalah suatu produk yang tidak akan terlepas menurut proses penguapan air garam. Rencanakan agar proses penguapan berlangsung setidaknya beberapa hari, dan umumnya beberapa minggu. Untuk pembuatan garam bahari di tempat tinggal , Anda mampu memakai galat satu dari beberapa teknik.
  • Nyalakan oven Anda pada pengaturan paling rendah. Tuangkan air ke dalam wadah menggunakan sisi yg tinggi serta tambahkan ke pada panggang. Biarkan air perlahan menguap selama beberapa hari.
  • Masukkan garam saringan Anda ke pada panci serta rebus hingga semua air hilang. Biarkan sinar matahari membantu prosesnya. Ambil garam basah menurut panci serta letakkan pada piring atau mangkuk. Biarkan di bawah sinar matahari untuk menguapkan seluruh air yang tersisa.
  • Tempatkan air saringan Anda ke pada mangkuk atau piring dangkal serta abaikan untuk membisu dalam ruangan terbuka sebagai akibatnya air dapat menguap. Apa yang tersisa saat seluruh air telah hilang merupakan garam laut. Metode ini bisa memakan ketika beberapa minggu
Anda akan melihat kerak yg mulai terbentuk ketika air menguap. Gunakan sendok untuk mengikisnya berdasarkan wadah. Kristal garam akan berubah sebagai banyak sekali macam bentuk dan ukuran, dan akan memiliki rona yang tidak selaras berdasarkan menurut mana Anda mengambil airnya.
  • Anda bisa memilih buat menggilingnya menjadi tekstur lebih halus. Anda dapat menggunakan penggiling garam buat melakukannya.
Garam Halus yg asin sudah mampu anda nikmati, tetapi garam yang anda buat tersebut tidak mengandung Yodium, buat proses supaya garam anda mengandung yodium silahkan pelajari kembali video tutorial di atas.
Kandungan Yodium dalam Garam Dapur sangatlah krusial Bagi kesehatan anda, sang karena itu pastikan anda selalu mengkonsumsi garam beryodium ! Bagaiman caranya menguji atau mengetahui garam yg kita konsumsi itu mengandung yodium ? Yuk kita pelajari cara sederhana mengetahui apakah garam yang kita konsumsi itu mengandung yodium atau tidak !
Yodium adalah keliru satu mineral krusial yang diperlukan sang tubuh Anda. Mineral ini sangat diharapkan dalam produksi hormon tiroid serta hormon tiroid ini berperan dalam pertumbuhan tubuh, kontrol metabolisme, serta pula perkembangan otak,. Jadi, mengapa mineral yodium sangat krusial bagi kelangsungan hidup Anda. Kekurangan asupan yodium dalam tubuh dapat menciptakan kerja tiroid sebagai lebih berat pada membuat hormon tiroid. Hal ini menciptakan berukuran kelenjar tiroid mampu mengembang dan membengkak, misalnya yg Anda lihat dalam orang yg menderita gondok.
Begini Cara Menguji Kandungan Yodium (Iodine) secara Tradisional
– Kupas dan parut singkong yg masih segar.
– Tuangkan 1 sendok perasan singkong parut tadi, tanpa dicampur air, ke pada loka yang kemarau dan bersih.
– Kemudian tambahkan 4-6 sdt penuh (menggunung) garam yang hendak kita uji.
– Lalu masukkan dua sendok teh cuka biang, campurkan dan kocok sampai homogen, kemudian biarkan selama beberapa menit. Bila ada warna biru keunguan, berarti garam tersebut mengandung yodium.

Dan Begini Cara Menguji Kandungan Yodium (Iodine) dengan Iodina Test
– Siapkan garam yang bertuliskan Garam Beryodium.
– Siapkan cairan uji Iodina.
– Ambil 0,5 sdt garam yang akan diuji tersebut dan letakkan pada piring kering dan higienis.
– Teteskan cairan uji Iodina sebesar 2-tiga tetes pada garam tadi.
– Tunggu serta perhatikan apakah garamnya berubah rona. Kalau garam tetap berwarna putih, maka berarti garam tadi nir mengandung yodium (0 ppm).
– Tetapi apabila berubah menjadi ungu, maka berarti garam itu mengandung yodium sesuai persyaratan (30 ppm).
Anda jua Bisa mendapatkan Informasi Alamat serta nomor Kontak Perusahaan serta Petani Garam di seluruh indonesia - silakahkan ----> KLIK DI SINI
--> SELANJUTNYA

Comments