CARA MEMBUAT CT PADA TRAFO NON CT

Cara membuat ct pada trafo non ct - Kesempatan kali ini saya ingin. Shere bagaiman membuat power suplay pada trafo yg nir ada ct nya hanya mempunyai lilitan 0 hingga 25 volt. Sehingga sebagai psu yang simetris. 

Ini meruakan catatan penting karena menerima sebuah job yang menginginkan merakit amplifier dengan trafo seadanya. Sebelumnya trafo ini dipakai buat menyuplay power amplifier dengan menggunakan ic. Sehingga wajib merubah jenis power suply jika ingin Digunakan buat menyuplay power amplifier jenis ocl. Seperti yang kita tahu bahwa power Amplifier ocl merupakan ampli memakai jenis suplay simetris yaitu + - 0 .

Pada beberapa blog yg mengulas sebelumnya saya mencari refrensi mengenai hal ini. Membaca tentang power suply simetris yang mana wajib merubah lilitan trafo agar memiliki ct. Namun aku nir bisa bila wajib mebongkar trafo lantaran tidak ada pengalaman sebelumnya. Dan kemungkinan gagal lebih beresiko ketika saya gagal melilit ulang trafo. Hasilnya pula tidak akan maksimal . Seperti trafo  menjadi berdengung.

Merakit trafo non ct dijadikan ct sangat gampang lantaran kita hanya memakai bahan yang telah ada tinggal kita rakit sebagai akibatnya menghasikan suplay yang memiliki ct. Simetris.
Berikut merupakan gambar  skema yg saya rakit.
#

Bahan yang dibutuhkan artinya:

  • Trafo non ct.
  • Elco ukuran tergantung berapa tegangan.
  • Dioda keprok bridge. 

Cara membuat ;

Satukan input ac dalam dioda keprok ,ialah dioda hanya digunakan satu in dan akan keluar dua  polaritas (+ ) serta ( - ).

Pada sistim ini , keliru satu jalur out trafo digunakan menjadi ct sedangkan yg satunya digunakan menjadi pembentuk polaritas (+) & (-) sebagai akibatnya tegangan sebagai simetris.
Hal yg perlu diperhatikan pada modif power suplay artinya voltase elco. Apabila ingin perakitan berjalan lancar. 

Artikel terkait; Cara modif elco, menambah volt dan capasitas

Tehnik ini pula mampu digunakan dalam jenis trafo ct  yg ingin menaikan tegangan hingga dua kali lipat. Misalnya ingin menaikan tegangan dalam trafo 25 ct ini bisa dinaikan sebagai 50v dc serta ct orisinil trafo tidak di pergunakan sebagai akibatnya caranya persis seperti mengubah dalam trafo non ct.

Jika menggunakan trafo jenis non ct/0 maka penaikan tegangan tidak bisa dilakukan misalnya pada trafo yang memang mempunyai tegangan doble way.  Contohnya dalam sebuah trafo hanya mempunyai tegangan 25 volt dsn 0 . Maka tegangan hanya menjadi 25 ct 25 . Sedangkan trafo yg mempunyai ct orisinil bswaan trafo, misalnya 25 ct 25 sanggup dinaikan hingga 50v dc. 

Kalemahan dalam jenis rangkaian ini merupakan tergantung menurut jenis kualitas;; ower dan lilitan trafo. Hal yg acapkali dialami adalah gangguan audio seperti dengung dan nois. Dan pling sering dialami trafo yang dirakit seperti ini cepat sekali panas dibandingkan dirakit secara normal.
Jadi, ini hanya cara lain saja, karena kinerja permanen masih unggul sinkron dengan yg menggunakan ct orisinil.

Comments