CARA MEMBERSIKAN LENSA KAMERA DSLR YANG TERKENA JAMUR

LEnsa yang berjamur akan mengurangi ketajaman gambar yg anda ambil nantinya, dan memang benar Lensa Kamera DSLR yang relatif mahal harganya wajib di rawat menggunakan baik, agar lensanya tidak jamuran, bila hanya bagian luar lensa yg terkena fungi mungkin relatif mudah membersihkannya dengan lens cleaner, namun dalam umumnya lensa DSLR terserang fungi di bagian pada lensa, hal ini pada karenakan bagian pada lensa merupakan tempat yang paling ideal bagi fungi lensa buat berkembang pada ketika kondisi tempat lebih kurang lensa kamera pada simpan relatif lembab, buat membongkar lensa biayanya relatif mahal dan nir menjamin lensa anda nir akan terkena jamur lagi jika penyimpanan dan pemakaian kamera anda berada di syarat yg lembab dan hal ini nir bisa pada hindari karena pemilik kamera DSLR dalam biasanya memakai lensanya di tempat - loka yg mempunyai kelembabab extrim misalnya di pegunungan, di pantai atau di kolam renang. Agar lensa anda tidak cepat jamuran tentunya terdapat beberapa tip's yang nanti mampu anda pratekan salah satunya menggunakan cara membersihkan lensa anda sesudah dipakai serta simpan pada pada kotak khusus penyimpanan kamera serta lensa yang bernama Dry Box. Lalu bagaimana cara membersihkan Lensa Kamera DSRL anda yang telah terkena jamur pada bagian dalam lensanya, bagaimana cara membongkarnya ? Tenang saja, karena pada bawah kami akan berikan tutorial lengkapnya berikut video cara membongkar dan membersihkan kamera DSLR anda berdasarkan fungi - fungi nakal itu.
Sebelum melanjutkan Membaca artikel ini, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis dan model Dry Box yg poly tersedia di pasaran serta bagaimana cara kerja Dry Box tadi buat melindungi lensa - lensa kamera DSRL anda dari agresi Jamur, supaya sehabis anda berhasil membersihkannya, anda sanggup dengan tenang dan nyaman menyimpan koleksi lensa anda pada loka tadi, buat lebih lengkapnya silahkan anda Klik pada -->  SINI
Atau Bisa Anda Cek di --->  SINI

Beberapa model Dry Box yang murah meriah tetapi berkwalitas, ramah lingkungan serta  telah banyak di jual di pasaran bersama kelengkapannya sanggup juga anda simak selengkapnya di --> SINI
Sebelum kita Belajar mempraktekan langkah demi langkah bagaimana caranya membersihkan Lensa Kamera DSLR anda berdasarkan Jamur, silahkan anda simak sejenak Video Tutorial ini dia yg akan membuka wawasan anda bahwa membongkar, membersikan sampai dengan memasangnya balik dengan baik adalah sangat gampang dan irit biaya . Selamat Menyimak !

Secara Lebih detail, Proses pembersihan Lensa kamera DSLR mampu di lakukan menggunakan 6 Tahap seperti dalam gambar berikut ini :

1. Siapkan Lensa anda berjamur
2. Buka Label Lensa dengan indera yg ujungnya Tajam. Hati hati jangan hingga kaca lensa Anda
   tergores.
3.jangan lupa Beri pertanda dalam lensa serta Body lensa dengan isolasi kertas supaya pada waktu memasang
   kembali lensa anda nir lupa posisinya. ( lebih aman posisinya anda foto atau anda rekam menggunakan
   kamera ponsel anda )
4. Buka sekrupnya menggunakan obeng yang cocok
5. Setelah terbuka sekrupnya, angkat serta Bersihkan lensa yang telah dibongkar dengan cairan
    pembersih lensa.
6. Jangan lupa jua Tutup lensa yang terbuka menggunakan buku atau kertas bersih agar tidak kemasukan
    debu.
7. Setelah lensa di bersihkan, pasang dan Tutup balik lensa Anda sesuai dengan Tanda yg telah
   ditempel.
Nah, sekarang Lensa kamera DSLR anda sudah bersih menurut fungi, jangan lupa selalu cek serta lakukan perawatan rutin terhadap lensa anda, karena jika jamur yang menempel terlalu lama , maka akan lebih sulit pada bersihkan bahkan akan menghambat lapisan coating lensa anda.
Beberapa Penyembab Lensa anda Cepat Jamuran di antaranya adalah :
Jamur berkembang biak optimum di tempat yg lembab. Bermula menurut tumpukan debu pada pinggiran lensa, waktu ada kelembaban maka debu akan menjadi media untuk berkembang biak jamur. Oleh sebab itu yang pertama harus dilakukan merupakan selalu rajin membersihkan lensa dari debu. Simpan lensa di tempat yg rapat udara dan gunakan silica gel buat menyerap kelembaban udara.
Hal lainnya merupakan Mengambil gambar outdoor waktu gerimis atau pada udara yang sedang lembab (Habis Hujan) maka ini akan sangat beresiko lensa berjamur. Kelembaban udara atau percikan air sanggup masuk ke pada lensa serta bila nir disimpan pada tempat yg kering memungkinkan fungi buat berkembang biak menggunakan subur. Selalu pakai pelindung spesifik agar kamera dan lensa nir terkena air.
Ketika lensa telah terkena fungi, sesegera mungkin langsung dibersihkan karena spore fungi akan segera menjalar ke semua lensa. Celakanya Jamur mengeluarkan zat asam yang akan memakan Protective coating Lensa. Cara sederhana membersihkan fungi yang baru ada di lensa adalah dengan cairan pembersih lensa misalnya yg sudah kami jelaskan pada atas.
Selanjutnya kami pula sertakan beberapa Tip's Bagaimana Merawat Koleksi Lensa - Lensa anda menggunakan baik, supaya tidak gampang jamuran serta rusak !

Ingatlah Selalu Jaga Kebersihan Lensa Anda !

Bersikan lensa secara rutin, buat menghindari menurut debu serta kotoran sesudah pemakaian.
Cara membersikannya.
-  Bersikan lensa menggunakan kuas pembersih debu.
-  Semprotkan debu menggunakan blower buat membersihkan debu yang tidak bisa terjangkau oleh kuas
   pembersih
-  Setelah bersih berdasarkan debu, pakai tissue lensa buat membersihkan minyak yang inheren di permukaan
   lensa, basuh lah lensa
-  Gunakan pen pembersih lensa untuk membersikan lensa secara aporisma.
Setelah bersih semua, Non-aktifkan Auto Focus dan Image stabilezer
Jika lensa tidak dipakai lagi, simpan lensa ditempat yang kering seperti Ruangan ber AC ( jangan ditempat yang lembab / dekat wastafel atau kamar mandi ). Sebaiknya anda Gunakan dry box dengan silika gel buat menyerap kelembapan.
Demikian Caranya Membersikan Sendiri Lensa Kamera DSLR Yang Terkena Jamur, Jika anda ragu - ragu untuk membongkar lensa mahal anda, maka usahakan anda bawa saja ke ahli service lensa dan kamera, konsekwensinya anda wajib bayar.
--> SELANJUTNYA

Comments