CARA MEMASANG FOTOCELL SENSOR CAHAYA YANG BENAR PADA LAMPU PENERANGAN

Petunjuk cara Pemasangan lampu penjelasan otomatis dengan sensor cahaya (Fotocell).
Saat kita memasang lampu penerangan buat menerangi taman, teras, jalan, dan area luar ruangan lainnya, kita tentu merasa terganggu jika harus keluar tempat tinggal hanya sekedar buat menyalakan lampu tadi di malam hari serta memadamkannya saat cahaya sudah jelas di pagi hari.
Sebenarnya anda nir perlu direpotkan dengan hal tadi, karena anda dapat menciptakan lampu tersebut bekerja secara otomatis, lampu akan menyala pada malam hari atau apabila cahaya di luar sudah mulai gelap, dan lampu akan padam menggunakan sendirinya saat pagi hari cahaya diluar telah mulai jelas.
Bagaimana caranya agar Lampu penjelasan dapat menyala serta padam secara otomatis?

Lampu otomatis dengan Fotocell

Caranya sederhana, yaitu dengan membuat rangkaian lampu otomatis, cukup dengan memasang rangkaian sederhana menggunakan menggunakan sensor cahaya yang dianggap dengan Photo Controls atau Fotocell.
Photo controls (Fotocell) merupakan sebuah alat elektronika yang bekerja berdasarkan sensor intensitas cahaya yang diterimanya.
Baca pula: Apa yang dimaksud dengan Fotocell serta LDR?
Saat Photo controls (Fotocell) tersebut terkena cahaya yang relatif jelas, maka secara otomatis indera tadi akan tetapkan asal listrik yang menuju lampu penerangan, sebagai akibatnya lampu akan padam menggunakan sendirinya.
Saat Photo controls (Fotocell) tersebut menerima cahaya gelap (Kurang terperinci), maka secara otomatis indera tadi akan terhubung serta mengalirkan asal listrik yg menuju lampu penerangan, sebagai akibatnya lampu akan menyala dengan sendirinya.
Fotocell pengganti Saklar
Jika sebelumnya lampu penerangan yang berada diluar ruangan menggunakan saklar manual buat menyalakan dan memadamkan lampu tadi, menggunakan memasang Photo control (Fotocell) Saklar tadi tidak perlu dipasang lagi.
Photo Controls (Fotocell) dapat jua dikatakan menjadi saklar otomatis, menggantikan saklar manual yg sebelumnya terpasang.
Cara Menyambung Kabel FotoCell
Bagaimana rangkaian pemasangan Photo controls (Fotocell) buat lampu penjelasan?
Photo control (Fotocell) dipasangkan pada rangkaian kabel sumber listrik yang menuju lampu, Biasanya terdapat 3 kabel keluaran pada Photo Controls (Fotocell) tersebut.
1. Kabel berwarna Hitam
Kabel warna Hitam disambungkan pada kabel fase yang berasal eksklusif menurut sumber listrik.
2. Kabel berwarna Putih
Kabel warna Putih disambungkan dalam kabel Netral yang dari pribadi menurut asal listrik.
3. Kabel berwarna Merah
Kabel rona Merah disambungkan pada Kabel lampu penerangan.
Untuk lebih jelasnya tentang rangkaian cara penyambungan kabel photo controls (Fotocell) dalam lampu penerangan, bisa ditinjau dalam gambar dibawah ini:

Setelah kita mengetahui, bagaimana cara menciptakan lampu otomatis dengan memakai sensor cahaya, dan mengetahui bagaimana cara menyambung kabel-kabelnya, selanjutnya yang pula perlu kita ketahui bagaimana posisi pemasangan Photo control (Fotocell) yang sahih.
Karena meskipun kita sudah memakai Photo controls (Fotocell) dalam lampu penerangan tadi, serta kita sudah menyambung kabelnya dengan benar, namun posisi pemasangan Photo controls (Fotocell) nir tepat, maka lampu tidak dapat bekerja secara otomatis sesuai dengan asa kita.
Posisi Pemasangan Photo controls (Fotocell) yang benar
Beberapa hal yg wajib kita perhatikan buat memastikan posisi pemasangan Photo controls (Fotocell) yang benar, antara lain:
  • Pasang Photo controls (Fotocell) pada posisi yg terkena cahaya mentari pribadi.
  • Pastikan tidak terdapat benda lain yang menutupi Photo controls (Fotocell), sehingga dapat menghalangi cahaya matahari. (jangan memasang Photo controls (Fotocell) pada bawah pohon, atap, atau benda lainnya)
  • Pasang Photo controls (Fotocell) pada posisi yang terhindar menurut cahaya lampu. (Jangan memasang Photo controls (Fotocell) dibawah lampu atau disamping lampu).
  • Pastikan posisi pemasangan Photocontrol (fotocell) telah sahih atau nir terbalik.
  • Photo controls (Fotocell) sudah dirancang sedemikian rupa supaya dapat terhindar berdasarkan masuknya air (Kedap air), tetapi apabila pemasangannya terbalik, bisa mengakibatkan air masuk kedalam sensor tersebut serta menyebabkan sensor rusak (short circuit).

Dengan memakai sensor cahaya buat lampu penerangan, anda nir perlu repot lagi keluar rumah buat menyalakan atau memadamkan lampu tadi, karena Lampu tadi telah bekerja secara otomatis.
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments