CARA MEMASANG FOTOCELL SENSOR CAHAYA YANG BENAR PADA LAMPU PENERANGAN

Petunjuk cara Pemasangan lampu penerangan otomatis dengan sensor cahaya (Fotocell).
Saat kita memasang lampu penerangan untuk menerangi taman, teras, jalan, serta area luar ruangan lainnya, kita tentu merasa terganggu bila wajib keluar rumah hanya sekedar buat menyalakan lampu tadi di malam hari serta memadamkannya saat cahaya sudah terang di pagi hari.
Sebenarnya anda nir perlu direpotkan dengan hal tadi, lantaran anda dapat menciptakan lampu tersebut bekerja secara otomatis, lampu akan menyala pada malam hari atau jika cahaya pada luar telah mulai gelap, dan lampu akan padam dengan sendirinya saat pagi hari cahaya diluar telah mulai terang.
Bagaimana caranya supaya Lampu penerangan dapat menyala serta padam secara otomatis?

Lampu otomatis menggunakan Fotocell

Caranya sederhana, yaitu menggunakan menciptakan rangkaian lampu otomatis, cukup menggunakan memasang rangkaian sederhana menggunakan memakai sensor cahaya yg dianggap menggunakan Photo Controls atau Fotocell.
Photo controls (Fotocell) merupakan sebuah alat elektro yg bekerja menurut sensor intensitas cahaya yang diterimanya.
Baca juga: Apa yg dimaksud dengan Fotocell serta LDR?
Saat Photo controls (Fotocell) tadi terkena cahaya yg relatif terperinci, maka secara otomatis alat tadi akan menetapkan asal listrik yg menuju lampu penjelasan, sebagai akibatnya lampu akan padam dengan sendirinya.
Saat Photo controls (Fotocell) tersebut menerima cahaya gelap (Kurang terperinci), maka secara otomatis indera tadi akan terhubung serta mengalirkan asal listrik yg menuju lampu penjelasan, sebagai akibatnya lampu akan menyala dengan sendirinya.
Fotocell pengganti Saklar
Jika sebelumnya lampu penerangan yg berada diluar ruangan memakai saklar manual buat menyalakan serta memadamkan lampu tersebut, menggunakan memasang Photo control (Fotocell) Saklar tersebut nir perlu dipasang lagi.
Photo Controls (Fotocell) dapat pula dikatakan sebagai saklar otomatis, menggantikan saklar manual yang sebelumnya terpasang.
Cara Menyambung Kabel FotoCell
Bagaimana rangkaian pemasangan Photo controls (Fotocell) buat lampu penerangan?
Photo control (Fotocell) dipasangkan dalam rangkaian kabel asal listrik yang menuju lampu, Biasanya terdapat tiga kabel keluaran dalam Photo Controls (Fotocell) tadi.
1. Kabel berwarna Hitam
Kabel rona Hitam disambungkan pada kabel fase yg dari pribadi berdasarkan sumber listrik.
2. Kabel berwarna Putih
Kabel warna Putih disambungkan pada kabel Netral yang dari eksklusif menurut asal listrik.
3. Kabel berwarna Merah
Kabel rona Merah disambungkan pada Kabel lampu penjelasan.
Untuk detail tentang rangkaian cara penyambungan kabel photo controls (Fotocell) pada lampu penerangan, dapat dicermati pada gambar dibawah ini:

Setelah kita mengetahui, bagaimana cara menciptakan lampu otomatis dengan menggunakan sensor cahaya, serta mengetahui bagaimana cara menyambung kabel-kabelnya, selanjutnya yg jua perlu kita ketahui bagaimana posisi pemasangan Photo control (Fotocell) yang sahih.
Karena meskipun kita sudah menggunakan Photo controls (Fotocell) pada lampu penjelasan tadi, dan kita telah menyambung kabelnya dengan sahih, tetapi posisi pemasangan Photo controls (Fotocell) tidak sempurna, maka lampu nir bisa bekerja secara otomatis sesuai dengan cita-cita kita.
Posisi Pemasangan Photo controls (Fotocell) yg benar
Beberapa hal yang harus kita perhatikan buat memastikan posisi pemasangan Photo controls (Fotocell) yang sahih, diantaranya:
  • Pasang Photo controls (Fotocell) pada posisi yang terkena cahaya surya eksklusif.
  • Pastikan nir terdapat benda lain yang menutupi Photo controls (Fotocell), sebagai akibatnya bisa menghalangi cahaya mentari . (jangan memasang Photo controls (Fotocell) pada bawah pohon, atap, atau benda lainnya)
  • Pasang Photo controls (Fotocell) dalam posisi yg terhindar berdasarkan cahaya lampu. (Jangan memasang Photo controls (Fotocell) dibawah lampu atau disamping lampu).
  • Pastikan posisi pemasangan Photocontrol (fotocell) sudah sahih atau nir terbalik.
  • Photo controls (Fotocell) sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat terhindar berdasarkan masuknya air (Kedap air), namun bila pemasangannya terbalik, bisa mengakibatkan air masuk kedalam sensor tadi dan menyebabkan sensor rusak (short circuit).

Dengan menggunakan sensor cahaya buat lampu penerangan, anda tidak perlu repot lagi keluar rumah buat menyalakan atau memadamkan lampu tersebut, lantaran Lampu tadi telah bekerja secara otomatis.
Semoga berguna!
CARA FLEXI

Comments