CARA MASAK NASI DENGAN MEMPERGUNAKAN RICE COOKER

ALat penanak nasi moderen ini bernama Rice Cooker, sebenarnya indera ini bukanlah barang baru bagi penduduk di perkotaan, indera ini sudah di gunakan sang rakyat indonesia dari tahun 80 an - walaupun telah lebih menurut 1/4 Abad benda yang bernama Rice cooker ini pada pakai oleh sebagian warga indonesia, tetapi dalam kenyataannya masih poly anak - anak kost, orang - orang dewasa yg jomblo serta tinggal sendirian bahkan pasutri muda poly yg belum memahami bagaimana masak nasi menggunakan gampang menggunakan Rice Cooker, umumnya yang bikin mereka galau merupakan komposisi takaran air serta berasnya sehingga mampu sebagai nasi yg pulen serta empuk. Berikut akan kita uraikan langkah - langkah bagaimana caranya mengolah nasi menggunakan mudah memakai Rice Cooker.
Sebelum anda menyimak lebih lanjut mengenai proses Memasak Nasi dengan Rice Cooker, nah bagi anda yg ingin belajar mengolah nasi sendiri menggunakan memakai Rice cooker yang simpel, maka berikut ini ada beberapa model Jenis serta merek Rice Cooker berkwalitas yg tak hanya bisa buat memasak nasi namun jua mampu menciptakan bubur, membuat roti, mengukus apa saja serta bahkan sanggup buat menggoreng kentang, gosip selengkapnya silahkan anda Kli pada -->  SINI
Atau Bisa Anda Cek pada --->  SINI

Beberapa contoh Rice cooker digital serba guna serta Moderen yang telah poly pada jual di pasar moderen serta bernilai manfaat serba guna, sanggup anda simak selengkapnya di --> SINI


Sebelum melanjutkan, silahkan simak terlebih dahulu keliru satu video tutorial berikut adalah yg akan membuka wawasan anda bahwa memasak nasi menggunakan Rice Cooker itu mudah sekali, sebagai akibatnya jika anda mampu dengan mudah pribadi mempraktekannya sekalipun baru pertama kali masak nasi menggunakan Rice cooker ! Selamat menyimak



Saat ini, terdapat poly penanak nasi yang dilengkapi fitur penghangat sehingga permanen mampu menjaga nasi permanen hangat sehabis matang. Anda tidak perlu mengawasi penanak nasi setiap waktu hingga nasi matang, lantaran indera ini dilengkapi menggunakan sensor atau pengatur ketika otomatis yang mengeluarkan bunyi klik waktu nasi sudah matang, bahkan sanggup menghangatkan sendiri nasi yg tersisa di dalamnya.
Berikut ini Langkah - Langkah Memasak Nasi menggunakan Mudah gunakan Rice Cooker :
Langkah 1 : Ukur beras menggunakan cangkir takar, serta tambahkan ke dalam panci penanak nasi Anda. Beberapa merek penanak nasi mempunyai panci yg sanggup dilepas, ad interim sebagian lainnya tidak, sebagai akibatnya beras harus pribadi dimasukkan ke dalam penanak nasi. Umumnya, penanak nasi dilengkapi cangkir atau sendok takar yang dapat diisi dengan 3/4 cangkir (180 ml) beras. Pilihan lainnya, pakai gelas atau cangkir takar biasa.
  • Satu cangkir beras (240 mililiter) akan menghasilkan antara 1 1/2 cangkir (360 mililiter) hingga 3 cangkir (720 ml) nasi, tergantung dalam varietas beras yg dipakai. Sisakan relatif ruang buat menampung nasi yg mekar sebagai akibatnya nasi atau air nir akan meluap keluar.

Langkah ke dua : Cuci beras, Banyak orang memilih mencuci beras buat menghilangkan kotoran, pestisida, herbisida, atau kontaminan yg mungkin terdapat. Sebagian cara penggilingan tradisional pula membuat butiran beras pecah, sebagai akibatnya ada tepung yg tercampur pada dalam beras dan perlu dicuci buat mencegah penggumpalan bulir-bulir nasi. Apabila Anda memutuskan buat mencuci beras, tuangkan air bersih ke dalam wadah berisi beras, atau cuci di bawah genre air keran. Tuangkan air sambil mengaduk-aduk rata beras hingga seluruhnya terendam. Tiriskan air melalui saringan atau ujung mangkuk perlahan, sambil menangkap butiran beras yg ikut terbawa air menggunakan tangan Anda. Apabila air cucian terlihat keruh/berubah warna, atau terdapat banyak kotoran yg mengapung pada permukaan air, bilas dua sampai 3 kali lagi sampai air bilasan terlihat cukup jernih.
  • Nasi putih yang dijual pada Amerika Serikat diwajibkan buat diperkaya dengan serbuk zat seng, niasin, tiamina, atau asam folat; vitamin dan mineral ini umumnya akan hilang apabila beras dicuci. Tapi jika di indonesia beda perlakuannya, tentu saja bers harus di cuci dulu sebelum di masak !
  • Jika penanak nasi Anda menggunakan panci antilengket, cuci beras pada wadah lain, sebagai akibatnya lapisan tersebut nir tergores. Lantaran, porto yang diperlukan buat membarui panci antilengket ini relatif besar

Langkah ke 3 : Ukur air. Sebagian akbar pedoman dalam penanak nasi menyarankan penggunaan air dingin. Berapa poly air yg Anda tambahkan bergantung pada jumlah dan jenis beras yg Anda masak, serta tekstur nasi misalnya apa yang Anda inginkan. Apabila Anda perhatikan, terdapat indikasi garis ukur pada bagian pada panci penanak nasi yang memberitahuakn berapa poly beras serta air yg wajib ditambahkan, atau dalam panduan cara memasak pada bungkus beras. Atau, gunakan jumlah yg disarankan berikut ini--sesuai varietas beras Anda. Ingat, Anda bisa menyesuaikan takaran ini kapan saja bila Anda lebih suka nasi yg lebih keras atau lunak:
  • Beras putih, bulir panjang - 1 3/4 cangkir air per 1 cangkir beras (420 mililiter air per 240 mililiter beras)
  • Beras putih, bulir sedang - 1 1/2 cangkir air per 1 cangkir beras (360 ml air per 240 ml beras)
  • Beras putih, bulir pendek - 1 seperempat cangkir air per 1 cangkir beras (300 mililiter air per 240 ml beras)
  • Beras merah, bulir panjang - dua seperempat cangkir air per 1 cangkir beras (520 ml air per 240 mililiter beras)
  • Beras "1/2 matang" (parboiled rice - beras yg direbus 1/2 matang ketika proses penggilingan, bukan di tempat tinggal ) - 2 cangkir air per 1 cangkir beras
  • Untuk nasi ala India seperti Basmati atau Jasmine (air yg dibutuhkan lebih sedikit karena nasi yang diinginkan bertekstur lebih keras), gunakan tidak lebih berdasarkan 1 1/dua cangkir air per 1 cangkir beras. Gunakan hanya perbandingan 1:1 jika Anda mencuci beras sebelumnya. Anda bisa menambahkan daun salam atau kapulaga eksklusif ke dalam penanak nasi untuk menambah rasa.

Langkah Ke 4 : Rendam beras selama 3 puluh mnt Jika pada anda ingin irit energi. Hal ini tidak diharapkan, namun beberapa orang merendam beras untuk mempersingkat saat mengolah. Perendaman pula bisa menciptakan nasi menjadi lebih pulen. Gunakan jumlah air yg diukur sebelumnya buat merendam beras dalam suhu ruang, kemudian gunakan air rendaman ini juga buat mengolah.
Langkah ke lima : Masukkan butiran beras yg melekat di dinding panci masuk ke pada air sebagai akibatnya semua beras terendam sepenuhnya, jangan hingga terdapat yang tercecer. Gunakan sendok kayu atau plastik buat melakukannya. Beras yang berada di luar air mampu hangus selama dimasak. Jika air atau beras tumpah ke tepi panci, bersihkan bagian luar panci dengan kain atau lap sampai kemarau.
  • Anda tidak perlu mengaduk beras pada bawah bagian atas air karena hal ini bisa melepaskan pati atau tepung serta mengakibatkan nasi menggumpal atau lengket.

Langkah ke 6 : Periksa penanak nasi Anda buat menyalakan pilihan atau pengaturan khusus. Sebagian besar penanak nasi hanya mempunyai tombol on/off saja, ad interim yang lainnya mempunyai pengaturan yang tidak sinkron buat beras merah atau putih, atau pengaturan buat menahan mengolah serta baru mulai sehabis jangka ketika eksklusif. Masalah waktu mengolah sporadis terjadi jika Anda menentukan pengaturan biasa, tetapi mungkin Anda pula perlu mengetahui fungsi tombol lainnya jika ada.

Langkah Ke 7 : Masak nasi dalam penanak nasi. apabila penanak nasi Anda mempunyai panci yang sanggup dilepas, pasangkan pulang pancinya setelah diisi menggunakan beras serta air. Tutup penanak nasi Anda, kemudian hubungkan kabelnya dengan stopkontak listrik, serta tekan tombol buat memasak (cook). Tombol ini mengeluarkan bunyi klik secara otomatis misalnya pemanggang roti saat nasi matang. Pada sebagian besar penanak nasi, nasi akan tetap dihangatkan sampai Anda mencabut melepaskan kabelnya menurut stopkontak listrik.
  • Jangan buka tutup penanak nasi buat mengusut nasi selama dimasak. Karena, proses ini bergantung pada uap yg terbentuk di dalam panci. Akibatnya, apabila tutupnya dibuka dan sebagian uapnya keluar, nasi mungkin nir akan matang dengan paripurna.
  • Penanak nasi akan berhenti mengolah secara otomatis saat suhu di dalam panci melebihi titik didih air

Langkah ke 8 : Biarkan nasi selama 10-15 mnt sebelum membuka tutup penanak nasi (pilihan). Walaupun hal ini tidak wajib dilakukan, umumnya disarankan pada pedoman penggunaan penanak nasi, serta otomatis dilakukan dalam beberapa merek penanak nasi. Selama ketika ini, memutus genre listrik ataupun mengangkat panci dari asal panas akan mengurangi jumlah nasi yg merekat di panci penanak nasi.

Langkah Ke 9 : Aduk nasi supaya nir padat dan menggumpal, serta sajikan. Setelah tidak terdapat air yg tersisa, nasi siap buat dimakan. Mengaduk nasi menggunakan sendok nasi setelah matang akan memecah gumpalan serta melepaskan uapnya, sehingga mencegah nasi terlalu matang.

--> SELANJUTNYA

Comments