CARA KERJA KULKAS LEMARI PENDINGIN

PRINSIP KERJA LEMARI ES KULKAS


Mungkin dalam postingan sebelumnya sudah aku bahas sebagian cara kerja lemari pendingin kulkas, namun pada kesempatan kali ini akan kami bahas secara tuntas tentang kulkas khususnya dalam lemari pendingin kulkas 2 2 pintu no frost.
Lemari pendingin kulkas dua 2 pintu no frost terdiri dari dua ruang, pada umumnya ruang pintu atas merupakan ruang freezer, dan dalam ruang kulkas pintu bawah adalah ruang chiller.



Perbedaan kulkas 2 2 pintu nofrost dan kulkas 1 satu pintu defrost
Perbedaan dalam kulkas dua pintu menggunakan kulkas 1 pintu berdasarkan segi fisik

1. Kulkas dua pintu letak pendinginan sudah terbagi menjadi 2 2 ruang yaitu pintu atas buat freezer serta pintu bawah buat ruang chiller.

2. Letak pipa evaporator buat kulkas dua pintu terdapat di ruang pintu atas ( freezer yang ditutup menggunakan penyekat, pendinginan dibantu dengan motor kipas buat peredaran udara pendingin.

Sedangkan buat kulkas satu pintu pipa evaporator dibentuk sebagai rak freezer yang rentan terhadap kebocoran gas freon.

Pipa evaporator kulkas satu pintu serta pipa evaporator kulkas dua pintu

Perbedaan kulkas dua pintu no frost menggunakan kulkas 1 satu pintu dari segi pencairan bunga es merupakan :

Sistem pencairan bunga es pada kulkas dua pintu secara otomatis menggunakan memakai heater, dan bekerja sendiri ( otomatis ) oleh defrost timer sebagai pengatur waktu.

Pada kulkas satu pintu proses pencairan bunga es harus dilakukan secara manual menggunakan cara memutar pengaturan suhu ke posisi off atau mencabut listrik, akan tetapi sebagian tipe kulkas 1 pintu proses pencairan bunga es memakai tombol defrost yang terletak di tengah putaran pengaturan suhu menggunakan cara memencet tombol dan akan balik hidup secara otomatis dalam saat bunga es sudah mencair.
Sistem kelistrikan kulkas dua 2 pintu menggunakan timer defrost 1-3

Komponen kulkas 2 dua pintu nofrost

1. Mesin Compressor
2. Pipa Kondensor
3. Filter ( COOPER STRAINER )
4. Pipa Kapiler
5. Pipa Evaporator
6. Timer Defrost
7. Thermo Defrost
8. Thermo Fuse
9. Motor Kipas
10. Thermostat
11. Switch Lampu + Switch Motor Kipas
12. Overload
13. PTC Relay
Komponen kulkas 1 satu pintu
1. Mesin Compressor
2. Pipa Kondensor
3. Filter ( COOPER STRAINER )
4. Pipa Kapiler
5. Pipa Evaporator
6. Thermostat
7. Overload
8. PTC Relay
9. Switch Lampu


Fungsi dan cara kerja masing-masing componen kulkas

Mesin Compressor
Fungsi dari mesin compressor dalam lemari pendingin kulkas merupakan menjadi motor pompa, yaitu buat memumpa / mendorong gas freon refrigrant untuk diolah menurut gas diubah sebagai gas cair dan pulang menjadi gas.
Mesin Compressor bekerja sangat berpengaruk menggunakan taraf kedinginan, bila kemampuan buat memompa gas berkurang maka taraf kedinginan akan berpengaruh.
Mesin compressor bisa dibilang merupakan jantungnya indera pendingin refrigerator.

Pipa Kondensor
Pipa kondensor adalah pipa yg berfungsi membuang kalor / tenaga panas dari proses pemampatan gas refrigrant berfungsi merubah gas sebagai embun gas ( Kondensasi ).
Tekanan gas refrigrant tertinggi terdapat pada pipa Kondensor sehabis melalui pipa discharge atau pipa tekan dari mesin compressor.

Filter ( Cooper Strainer )
Filter atau Cooper Strainer berfungsi buat menyaring kotoran yang masih ada pada mesin compressor dan ikut bersirkulasi terbawa oleh oli dan gas sebelum masuk ke pipa kapiler.
Filter gas sangat penting didalam proses pendinginan, tanpa filter mampu berakibat kebuntuan jalur gaspada pipa kapiler.

Pipa Kapiler
Dilihat berdasarkan fisiknya pipa kapiler misalnya hanya dawai tembaga lantaran memiliki lubang berdiameter sangat mini bahkan buat kulkas lubangnya lebih kecil dari jarum, yaitu buat berukuran pipa kapiler kulkas 0,28 menggunakan panjang sekitar 1,8 meter.
Pipa kapiler dengan lubang mini serta panjang bisa berfungsi buat memampatkan gas freon pada pipa kondensor.
Pipa kapiler kulkas berfungsi buat mengurangi tekanan gas cair refrigrant.

Pipa Evaporator
Fungsi evaporator merubah gas cair menjadi gas ( evaporasi )
Pada pipa evaporator ini berfungsi buat menyerap kalor dan isi dalam ruang pendinginan pada bawa ke mesin compressor.

Thermostat
Thermostat pada pendingin kulkas sebagai pengatur suhu menggunakan cara mematikan dan menghidupkan mesin compressor menurut suhu yg dikehendaki.
Thermostat kulkas adalah sebuah saklar on / off arus listrik mesin compressor sesuai putaran suhu yang pada inginkan.

Timer Defrost
Fungsi alat ini menjadi pengatur saat, yaitu mengatur saat kapan terjadinya proses pendinginan serta pengatur waktu kapan mulai pencairan bunga es pada pipa evaporator dengan cara perpindahan pin arus ke mesin compressor beralih ke sensor bunga es ( thermo defrost ) yang sebelumnya sudah terhubung ke heater pada suhu dibawah 13° Celcius.
Timer defrost memilih waktu terjadinya pencairan bunga es setiap kurang lebih 7 jam sekali.
Pada saat proses pencairan bunga es, timer defrost berhenti bekerja sampai bunga es pada evaporator telah mencair dan thermo defrost memutus arus ke heater.
Sesudah proses pencairan bunga es, timer defrost berhenti menghubungkan ke mesin compressor dan kipas pendingin selama lebih kurang 1/2 jam, hal ini supaya udara panas diruang evaporator tidak terbawa ke ruang pendinginan.

Thermo Defrost
Fungsi berdasarkan thermo defrost menjadi sensor untuk menyambung dan memutus arus listrik ke heater ( pemanas ).
Thermo defrost akan terhubung dalam suhu dibawah 13° celcius serta akan memutus dalam suhu diatas 13° celcius.
Thermo defros diletakkan dalam pipa moffler yang terletak pada pipa evaporator.
Thermo defrost berbentuk kotak atau bundar yg dibungkus plastik tebal rapat udara serta rapat air.

Heater Kulkas
Fungsi heater kulkas adalah buat memanaskan ruang evaporator supaya bunga es cepat mencair.
Heater akan bekerja buat memanaskan ruang evaporator bila thermo defrost terhubung pada ketika timer defrost berpindah ke proses pencairan bunga es.

Thermo Fuse
Fungsi menurut thermo fuse sebagai pengaman heater menggunakan cara memutus arus listrik ke heater jika suhu ruang evaporator lebih berdasarkan 72° celcius.
Thermo fuse berguna buat memutus arus ke heater jika terjadi kerusakan dalam thermo defrost yaitu selalu terhubung dan tidak mau memutus arus.
Timer defrost tidak akan bekerja apabila terjadi kerusakan dalam heater juga thermu fuse, lantaran jika thermo defrost memutus arus, heater serta thermo fuse sebaga penghubung arus ke timer.

Motor kipas
Fungsi berdasarkan motor kipas yg terletak pada freezer kulkas pintu atas merupakan buat menghembuskan udara dingin dari ruang evaporator menggunakan cara sirkulasi, yaitu sedot dan hembuskan udara dingin.
Kulkas nir akan dingin maksimal bila terjadi kerusakan dalam motor kipas atau jalur motor kipas tertutup kuliner serta minuman yg memenuhi ruang pendinginan.

Switch Lampu dan Switch Motor Kipas
Fungsi berdasarkan Switch pintu untu lampu merupakan menghubungkan listrik ke lampu bila pintu lemari pendingin terbuka, dan akan memutus arus listrik ke lampu jika pintu tertutup.
Fungsi menurut switch motor kipas yg terletak di pintu adalah menjadi memutus arus listrik ke motor kipas.
Motor kipas akan berhenti untuk menghembuskan udara dingin jika pintu terbuka.

Overload Compressor
Overload berfungsi menjadi pengaman lilitan motor compressor.
Overload akan memutus arus apabila arus listrik drop atau tidak setabil.
Overload akan memutus arus listrik jika terjadi kerusakan pada lilitan motor compressor.
Overload akan memutus arus listrik ke motor compressor bila compressor terlalu panas ( over head ).
Overload yang umumnya diklaim overload motor protector adalah menjadi penghubung berdasarkan listrik ke thermostat kemudian ke overload dan terhubung ke terminal pin Common pada lilitan motor compressor.

PTC Relay
PTC Relay menghubungkan arus listrik ke terminal pin running serta terminal pin starting, pada waktu motor tercapai putaran tinggi maka PTC Relay yang menghubungkan ke lilitan starting akan memutus.
Itulah komponen serta fungsi menurut setiap komponen kulkas tadi, mungkin lumayan poly ya yang mesti di pelajari serta dihafalkan setiap komponen tadi heheheee
Tapi jangan risi, setiap postigan aku akan kami terangkan se kentara mungkin, semakin acapkali mengunjungi blog ini akan poly keuntungannya.
Kalau capek baca dan mempelajarinya, mungkin sembari minum kopi dan makan gorengan mampu sobat lakukan heheheee
Dari bermacam-macam komponen dan fungsinya pada kulkas 2 2 pintu tadi, mungkin sobat akan lebih cepat memahami prinsip atau cara kerja kulkas dua dua pintu dalam proses pendinginan.



CARA KERJA LEMARI ES KULKAS 2 DUA PINTU
Prinsip kerja dari lemari es atau lemari pendingin kulkas 2 2 pintu akan aku ulas satu persatu menurut awal proses kulkas di hidupkan.

Pertama
Pada ketika lemari pendingin kulkas 2 pintu hidupkan maka mesin compressor akan hidup, timer hidup berputar, motor kipas berputar.

Kedua
Pada ketika mesin compressor hidup, maka gas freon ( refrigerator ) mulai dipompa melewati pipa tekan ( discharge ), gas freon selanjutnya menuju pipa kondensor buat pada mampatkan atau ditekan, pada loka ini gas terjadi tekanan sangat tinggi.
Pipa kondensor / bagian body kulkas akan mulai panas, pembuangan energi panas / kalor mengakibatkan gas pada pipa kondensor terjadi proses pengembunan ( kondensasi ).

Ketiga
pada ujung pipa kondensor gas yg terjadi pengembunan sudah hangat lantaran mengalami pelepasan kalor / tenaga panas memasuki filter ( cooper stainer ) buat disaring berdasarkan segala jenis kotoran serta selanjutnya masuk ke pipa kapiler ( disini tekanan masih tinggi ).

Keempat
Gas yg sudah berwujud cair masuk kepipa kapiler menggunakan tekanan tinggi.
Gas freon cair masuk sepanjan kurang lebih 1,80 meter tekanannya mulai melemah pada saat mau memasuki pipa evaporator.

Kelima
Gas cair mulai masuk ke pipa evaporator yang diameter lubang cukup akbar sebesar pipa hisap compressor.
Gas cair menyembur dan menguap sebagai gas balik mengakibatkan tenaga panas / kalor pada pipa serta ruangan di ambil dan balik ke compressor. Proses misalnya ini terus berlangsung selama mesin compressor hayati.
Di pipa masuk dari pipa kapiler ke pipa evaporator mulai dingin serta merampat keseluruh pipa evaporator hingga terjadi bunga es tipis.

Keenam
Thermo defrost mulai terhubung pada suhu lebih kurang kurang berdasarkan 13° celcius.

Ketujuh
Pada ruang pintu atas sudah mulai dingin berembun misalnya uap. Pada pintu bawah mulai dingin.

Kedelapan
Bila suhu sudah tercapai, yaitu ruang freezer kurang lebih -10 sampai -20° sesuai pengaturan suhu dan pada ruang pintu bawah lebih kurang 0 sampai 10° celcius, maka thermostat akan memutus arus listrik ke mesin compressor.
Thermostat akan menghubungkan kembali arus ke mesin compressor selesainya suhu naik kurang lebih lima° celcius.
Proses hidup mati mesin compressor tidak berpengaruh menggunakan lainnya, hanya suhu turun serta naik sekitar suhu setelan.

Kesembilan
Sekitar 7 jam pendinginan, evaporator mulai hampir penuh bunga es serta menutupi sirip evaporator maka timer defrost berpindah ke proses pencairan bunga es.

Kesepuluh
Pada waktu proses pencairan bunga es, mesin compressor off, motor kipas off, motor defrost timer off
Pada proses pencairan bunga es posisi thermo defrost menyambung berdasarkan arus listrik defrost timer ke pemanas ( heater ).
Bunga es mulai mencair dan menetes melewati pipa buang menuju ke penampungan air diatas mesin compressor.

Kesebelas
Bunga es mulai mencair semua serta suhu ruang evaporator naik sampai kurang lebih 13° celcius kemudian thermo defrost memutus arus listrik ke heater serta motor timer mulai berputar balik .
Pada waktu timer mulai berputar semua masih keadaan off hingga sekitar setengah jam ( ketika jeda ), hal ini berfungsi supaya udara panas pengaruh berdasarkan heater biar normal.
Selanjutnya timer defros baru menghubungkan arus listik ke mesin compressor serta motor kipas buat bekerja mendinginkan seluruh ruang, baik ruang freezer juga chiller misalnya dalam awal kulkas dihidupkan.
Untuk cara mendeteksi setiap kerusakan pada kulkas dua dua pintu bisa sobat lihat postingan berikut adalah :
CARA MENDETEKSI KERUSAKAN PADA KULKAS 2 DUA PINTU 

Comments