CARA INPUT KEHADIRAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SECARA ONLINE

Cara flexi----Selama lebih kurang satu bulan dalam masa uji coba SIM Kehadiran Guru sekarang Kemendikbud  sudah bisa diakses sepenuhnya diakses melalui alamat //223.27.144.195:2017/. Tampilan nama beranda dalam masa uji coba merupakan SIM Kehadiran Guru, Namun sesudah masa uji coba pelaksanaan absen online ini telah berakhir berubah nama beranda menjadi Data Hadir Pengajar Dan Tenaga Kependidikan.


Alamat server web Data Hadir Pengajar Dan Tenaga Kependidikan ini adalah //hadir.gtk.kemdikbud.go.id. Namun pada saat-ketika pengunjung yang sangat padat alamat tersebut relatif sulit dibuka. Adapun alamat cara lain membuka untuk mengaksesnya yaitu //223.27.144.195:2017/ 

Cara Input Data Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan 

Untuk menginput data kehadiran guru dan tenaga kependidikan pada pelaksanaan Data Hadir Pengajar Dan Tenaga Kependidikan wajib terkoneksi menggunakan internet . Dalam mengakses dan mengisi data kehadiran GTK nir perlu menggunakan Leptop atau PC yg terinstal dengan dapodik lantaran PC manapun serta dimanapun sanggup diakses hanya saja dengan memakai email dan paspor yang dipakai sang dapodik.

Menurut liputan berdasarkan admin kemdikbud siapapun mampu mengkases data kehadiran pengajar asalkan atas perintah ketua sekolah. Untuk mengisi absen online guru pastikan sudah sincron dapodik versi 2018, apabila belum melakukan sincron maka belum dapat mengisi absen gtk karena data base modern belum masuk di server.

1.  Login Ke alamat //hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ atau //223.27.144.195:2017/ dengan menggunakan user serta pasport dapodik

2. Sebelum Menginput data kehadiran Guru dan tenaga kependidikan terlebih dahulu memperhatikan kalender defult dalam aplikasi Data Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan apabila belum mengedit kalender maka akan tampil pemberitahuan " anda belum mempunyai kalender sekolah" sehingga untuk perlu buat mengedit kelender dalam sim hadir pengajar dan energi kependidikan

Klik Ok maka akan tampil edit. Untuk menggunakan kalender, klik tombol tambah jika ingin menambahkan hari libur yang ada sekolah misalnya hari libur yang secara regional hari libur pemilihan bupati dan lain-lain, Apabila tidak ingin menggunakan kalender defult maka klik tombol hapus, Kalender pendidikan defult dari kemendikbud yang tampil dalam sim //hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ adalah hari raya libur nasional dan hari raya keagamaan.


3. Apabila menggunakan kalender pendidikan yg defult maka klik tombol sow templete - Klik Ok buat semua hari raya nasional serta keagamaan. Kemudian klik lagi ok dalam tombol paling bawah.


4. Pilih Buat daftar hadir - Pilih bulan  - klik refres. Pilih salah satu guru yg ingin diinputkan daftar hadirnya.




Data kehadiran pengajar secara otomatis telah tercenatng bila pengajar tadi tidak hadir pada sekolah maka hilangkan centangnya.


Catatan : Apabila tombol beckround berwarna hitam merupakan berketerangan  apla dan bolos.


Untuk Mengisi Ijin  serta bepergian dinas Misalnya Sakit, Cuti karena bersalin atau menjelang bersalin, cuti karena alasan krusial, ijin bepergian dinas/tugas luar maka pilih tombol paling bawah surat biar /dinas luar/sakit.


5. Isi nama pemberi ijin, NIP, jabatan, lepas mulai ijin, lepas terselesaikan ijin, lalu simpan.

Akan tampil persentase hari libur

Selesai..

Demikian cara Input Kehadiran Pengajar Dan Tenaga Kependidikan Secara Online, Selamat mencoba. Thanks

Comments