CARA BETULIN MOBIL MOGOK DI JALAN

TIdak menjadi jaminan kendaraan beroda empat baru yang masih gressh keluar dari dealer niscaya dijamin tidak mogok, apalagi di tengah cuaca serta suhu pada jalan raya yang cukup ekstrim, tidak terkecuali anda adalah seorang pria atau wanita, yang jelas senang atau tidak senang minimal anda harus sedikit poly menguasai tehnik - tehnik dasar memperbaiki mobil yg tiba - datang mogok, cara belajarnya tidak sulit kok, anda hanya relatif membaca artikel ini hingga selesai lalu anda mengingatnya, sebagai akibatnya ketika musibah mobil mogok itu tiba anda minimal nir panik serta bahkan sanggup membetulkannya. Sang sebah itu CARA FLEXI Betulin Mobil Mogok di Jalan !!!  Sebelum kita membahas lebih jauh tetang cara belajar menjadi montir dadakan, terdapat baiknya anda saksikan terlebih dahulu video tutorial berikut adalah yg isinya mengenai cara gampang memperbaiki kendaraan beroda empat mogok, selamat menyimak :


Sebelum kita membahas tip's dan tehnik cara betulin Mobil yg Mogok kami sarankan anda minimal mempunyai beberapa tool atau peralatan sederhana buat memperbaiki kendaraan beroda empat anda yg mogok itu, alat - indera yang wajib anda siapkan pada pada bagasi mobil buat jaga - jaga. Di antaranya Lampu senter,  Mini tester buat Accu (Aki) dan beberapa indera lainnya yang tidak kalah pentig pada ketika darurat, semuanya mampu anda lihat daftarnya secara lengkap, detailnya silahkan anda klik pada  -->    SINI

Atau Bisa Anda Cek pada --->  SINI

Intinya Bagi seorang yang memahami seluk beluk mesin, mobil mogok pada bepergian mungkin bukan hal yang seram dan menciptakan panik, tetapi sangat tidak sinkron bila peristiwa tersebut menimpa orang yg minim sekali pengetahuan tentang mesin kendaraan beroda empat. Secara umum mesin mobil akan berfungsi dengan baik jika 3 komponen ini pada kendaraan dalam keadaan normal. Periksa komponen misalnya penyuplai daya, pengapian distributor dan suplai bahan bakar waktu mobil anda mengalami mogok.
Berikut Cara Membetulkan Mobil Mogok

1. Amankan Posisi tunggangan anda.

Jika kendaraan beroda empat anda mogok ditengah jalan, pertama kali yg wajib anda lakukan adalah mendorong kendaraan beroda empat anda ketepi jalan agar anda bisa leluasa menilik kondisi tunggangan anda.

2. Cek Bagian Penyuplai Daya

Komponen penyuplai daya adalah komponen penting buat menghidupkan mesin kendaraan, Cara kerjanya misalnya ini Aki menjadi daya pertama buat menghidupkan mesin mobil yg lalu tegangan 12 volt aki akan di jadikan tegangan tinggi sang koil hingga puluhan ribu volt, tegangan tinggi tersebut akan di salurkan ke busi buat pengapian oleh distributor dan platina atau CDI. Melihat cara kerja tersebut, maka mesin sulit hayati apabila terjadi perkara pada komponen aki dan koil. Cara mengatasi kendaraan beroda empat mogok pada komponen ini periksa sambungan pada tutup kepala dalam aki serta pastikan sambungan tidak kendor atau tertutup karat. Periksa juga bagian kabel pada koil untuk memastikan kabel nir dalam keadaan lepas atau kendor. Apabila aki anda mengalami tekor maka jalan keluarnya adalah melakukan charge dalam aki anda.

3. Periksa pengapian

Jika anda yakin dalam bagian suplai daya nir mengalami kasus, anda bisa melanjutkan inspeksi pada komponen pengapian. Periksa komponen distributor, CDI atau platina, serta busi. Untuk pengecekan busi anda dapat mencabut setiap busi dalam mesin tunggangan dan mencoba melakukan pembersihan.

4. Pemasok Bahan Bakar

Komponen buat mensuplai bahan bakar seperti karburator (bila anda menggunakan kendaraan beroda empat yang masih menggunakan karburator) dan pompa bensin. Masalah pada karburator mampu terjadi apabila karburator kebanyakan bensin atau kekurangan bensin. Cara mengatasinya buka filter udara berdasarkan karburator dan biarkan terbuka, lalu hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas, jika belum hayati maka injak pedal gas dalam-pada lalu nyalakan mesin pulang. Pada bagian komponen pompa bensin lakukan inspeksi menggunakan melepas selang bahan bakar lalu tambahkan ujung selang kedalam botol serta starter mobil anda. Jikal bahan bakar nir mengalir menggunakan baik atau nir lancar berarti pompa bensin nir berfungsi dengan baik.
Pemicu mobil mogok jua kerap berlangsung lantaran ada problem di bagian supply bahan bakar. Umumnya, duduk perkara yang kerap berlangsung (mesin sulit hayati) yaitu karena karburator (buat mobil yg permanen memakai karburator) kotor atau umumnya bensin maupun kebalikannya (kekurangan bensin). Langkah mengatasinya yaitu lewat cara membersihkannya terlebih dulu lalu dilanjutkan dengan buka filter angin karburator sebagian waktu serta hidupkan mesin tiada mencapai pedal gas atau sekalian injak pada-pada, demikian mesin hayati, bebaskan injakan pada pedal gas.
Tak hanya duduk perkara dalam karburator, kemampuan pompa bensin yg nir jalan menggunakan terbaik atau rusak bisa juga jadi pemicu mobil mogok. Langkah mengeceknya, dapat dikerjakan lewat cara melepas selang bahan bakar (selang saluran bensin) kemudian nyalakan kendaraan beroda empat. Bila bensin tetap mengalir, bermakna pompa bensin tetap jalan dengan terbaik begitu pula sebaliknya.
1. Arus listrik ke terminal plus koil turun
Penyebab utama serta kerap terjadi dalam mobil yg telah berumur 5 tahun ke atas adalah tegangan arus listrik ke koil yg merosot drastis. Akibatnya, proses pembakaran tidak terjadi karena pemantik barah (ignition) nir mendapatkan genre listrik.
Cara buat mendeteksi perkara ini relatif mudah, yaitu periksa kabel distributor dan tempelkan ke bodi kendaraan beroda empat lalu starter kendaraan beroda empat. Jika terdapat percikan barah, berarti arus listrik terdapat. Begitu pun kebalikannya. Jika nir terdapat arus listrik maka periksalah sambungan kabel, buat memastikan apakah terdapat kabel yang tidak tersambung dengan baik. Bila sambungan kabel ternyata nir bermasalah berarti koil atau platina yg rusak atau kotor.
2. Arus listrik aki lemah
Arus listrik aki yang lemah bisa dikarenakan beberapa hal, yaitu lantaran kabel di terminal plus atau minus aki yg kendur, alternator atau dynamo ampere yang aus, serta aki yg telah habis masa pakainya.
Bila Anda menganggap bahwa aki yg bermasalah, maka langkah pendeteksian pertama yg harus Anda lakukan merupakan memeriksa pemasangan kabel di terminal aki. Pastikan apakah kabel tadi telah terpasang baik atau nir.
Bila ternyata kendur, maka segera kencangkan. Sebelumnya, bersihkan dulu terminal tadi dengan menggunakan kertas amplas atau (apabila Anda membawa sikat gigi) sikat sampai bersih.
Jangan lupa periksa air aki apakah volumenya cukup. Segera tambah bila kurang dari takaran.
Namun, jika aki sudah aus lantaran masa pakai sudah habis, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya.
3. Alternator aus
Peranti ini berfungsi buat mengisi arus listrik ke aki. Oleh karenanya, jika alternator rusak maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan menyebabkan mobil mogok.
Beberapa perkara yg kerap terjadi di alternator adalah :
a. Gulungan kawat tembaga putus
Beberapa kerusakan yg kerap terjadi di perangkat ini antara lain, putusnya gulungan dawai tembaga. Meski hanya satu di antara beberapa gulungan, hal itu akan mengganggu arus listrik.
b. Diode putus
Biasanya masih ada enam diode di alternator. Meski hanya satu diode yg bermasalah, itu sudah cukup membuat mesin mobil sulit sekali dinyalakan.
c. Kabel berkarat
Kabel pengisian listrik menurut alternator ke aki sangat rentan berkarat. Maklum, letak alternator yg ada di bagian bawah berdasarkan mesin sangat rawan terkena kotoran serta air, akibatnya kabel sebagai getas atau korosi.
Bila itu terjadi, maka aliran listrik ke aki nir aporisma serta kendaraan beroda empat pun berpotensi mogok.
4. Karburator bermasalah
Penyebab mobil mogok lainnya yg kerap dialami pengguna mobil merupakan karburator yg bermasalah (bagi mobil yg masih memakai karburator). Pada umumnya, perkara yang terjadi adalah semburan bahan bakar yg terlalu sedikit. Walhasil proses pembakaran tidak sempurna serta mesin sulit dihidupkan.
“Ada dua hal yang menyebabkan karburator nir bisa menyemburkan bahan bakar secara optimal, yaitu setelan klep yang terlalu rapat atau kotor,” istilah Daryono.
Cara buat mendeteksi kasus itu cukup mudah. Lepas selang bahan bakar lalu masukan ujungnya ke botol. Kemudian starter mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, dan sebaliknya.
5. Switcher starter aus
Peranti itu memang terlihat sepele serta kerap tidak disadari sang pengguna atau pemilik kendaraan beroda empat. Padahal, kemungkinan terjadinya kerusakan dalam peranti ini sangat akbar. Maklum, switcher paling kerap dipakai yaitu pada saat pengguna kendaraan beroda empat mulai mengaktifkan atau mematikan mesin kendaraannya.
Pada umumnya, kerusakan terjadi pada kabel yang renggang, logam kontaktor plus minus buat menyambungkan arus listrik sudah aus sehingga tidak tersambung. Jika Anda mengalaminya segera ganti.
Namun jika Anda mengalaminya di tengah perjalanan yang sepi dan jauh menurut keramaian, maka langkah darurat adalah menyambung kabel plus serta minus starter. Caranya gunakan peniti atau dawai kecil yang tajam, lalu sambung kedua kabel menggunakan peniti atau dawai mini tersebut.
ketika kita sedang asyik-asyiknya di bepergian tiba-datang kendaraan yg kita kendarai mogok. Apalagi apabila peristiwa ini jauh berdasarkan bengkel. Hal pertama yang mungkin kita rasakan merupakan panik menghadapi situasi ini. Untuk menghadapi situasi seperti ini ada beberapa saran yg mudah dilakukan.
Pertama, tetaplah hening dan jangan panik, karena ketenangan akan membawa kita dalam situasi berfikir rasional dalam mencari solusi. Jangan saling menyalahkan diantara crew yang terdapat dalam tunggangan tadi. Jadikanlah problem ini menjadi dilema beserta, sebagai akibatnya setiap orang berusaha buat menyumbangkan pemikirannya pada mencari solusi.
Kedua, pastikan bahwa tunggangan berhenti di tempat yg aman, posisi pada bahu jalan serta tidak menganggu arus kemudian lintas. Nyalakan lampu indikasi darurat (hazard) serta pasangkan segitiga pengaman kira-kira 2 meter tepat di belakang posisi tunggangan. Hal ini bertujuan memberi isyarat pada pengguna jalan yg lain bahwa kendaraan kita sedang mengalami kasus darurat.
Ketiga, kenali penyebab mogok dengan melihat panel indikator. Masing-masing masalah mempunyai solusi tidak selaras. Ada beberapa pertanda yang dapat dikenali secara generik serta solusi yang mungkin dapat dilakukan diantaranya:
1. Bahan Bakar
Bahan bakar habis
Metode paling sederhana buat mengetahui volume bahan bakar minyak merupakan dengan melihat indikator pengukur bahan bakar. Pastikan volume bahan bakar pada kondisi relatif. Pada kendaraan tertentu, jika volume bahan bakar telah melewati batas penggunaan biasanya ada lampu indikator yg menyala (lampu yang bergambar pompa bensin).
Bila pada indikator bahan bakar telah menerangkan posisi normal (misalnya membuktikan posisi ½ atau beberapa strip) perlu dipastikan apakah indera penunjuk ini bekerja dengan normal. Dengan cara mengketok-ketok dengan benda keras secara perlahan pada bagian bawah tangki bahan bakar. Dengarkan bunyi pukulan tersebut apakah nyaring atau terasa berat. Jika berbunyi nyaring tandanya volume bahan bakar pada tangki bahan bakar dalam syarat kosong. Bila bunyi terasa berat terdapat kemungkinan volume bahan bakar masih cukup buat menghidupkan mesin.
Apabila volume bahan bakar kurang, sebagai solusi telah niscaya kita wajib mencari penjual bahan bakar atau pompa bensin terdekat. Isilah bahan bakar sampai tangki bahan bakar secukupnya.
Tekanan bahan bakar nir ada
Tekanan bahan bakar bisa diketahui dengan melihat pergerakan ketua baut yg terdapat pada pulsation dumper. Coba putar kunci hubungan ke posis “START”, jika baut bergerak ke arah luar bisa dipastikan terdapat tekanan bahan bakar.
Saringan bahan bakar mampet
Bila saringan bahan bakar mampet, tekanan yang akan dikirim ke mesin akan berkurang. Apabila saringan mampet, tanda-tanda awalnya adalah laju kendaraan akan tersendat-sendat. Jika dibiarkan dapat mengakibatkan mesin mangkat .
Pompa bahan bakar mati
Pompa bahan bakar meninggal akan mengakibatkan bahan bakar nir dialirkan ke mesin sebagai akibatnya akan mati. Untuk memastikan pompa bahan bakar bekerja menggunakan baik atau nir, buka tutup tangki serta dalam ketika bersamaan “START” mesin. Dengarkan suara/getaran yg ada dalam tangki. Umur pompa bensin bisa diperpanjang dengan cara membiasakan tangki bahan bakar selalu pada syarat penuh. Hal ini akan mencegah timbulnya korosi pada tangki.
Selang bahan bakar bocor/pecah
Selang bahan bakar bocor/pecah akan mengakibatkan bahan bakar yg pada kirim ke mesin akan berkurang baik tekanan juga jumlahnya.
2. Mesin Over Heating
Masalah selanjutnya yg mengakibatkan mesin tiba-tiba mati merupakan terjadinya kenaikan temperatur mesin yg hiperbola. Hal ini dengan gampang bisa dipandang menurut posisi jarum indikator temperatur mesin pada intrumen panel. Biasanya kenaikan jarum penunjuk temperatur dalam posisi ½ atau kurang. Jika jarum penunjuk melebihi posisi ½ bisa dipastikan mesin mengalami over heating (kelebihan panas).
3. Tidak ada Pengapian
Syarat berdasarkan mesin bensin mampu berputar (running) dalam prinsipnya ada 3 faktor, yaitu adanya tekanan kompresi yang kuat, bahan bakar relatif serta pengapian cukup akbar dan sempurna. Jika tekanan kompresi serta bahan bakar normal, kemungkinan penyebab lainnya merupakan sistem pengapian. Ada beberapa kemungkinan yg menyebabkan sistem pengapian tidak bekerja normal. Secara garis akbar pada sistem pengapian dibagi dalam dua bagian yaitu:
Rangkaian yg terkait menggunakan sirkuit utama yaitu sirkuit yang mengalirkan tegangan 12V baterai. Sirkuit ini terdiri menurut baterai-sekring-kunci-ignition coil (primary coil). Untuk mencari penyebab kerusakan para sirkuit utama dengan cara menelusuri tegangan 12V baterai stand by pada terminal positif ignition coil. Selama tegangan di terminal positif ignition coil telah ada (saat kunci kontak posisi ON), dapat dipastikan sirkuit utama pada kondisi normal.
Sirkuit lainnya merupakan sirkuit sekunder atau sirkuit pembangkitan arus bertegangan tinggi 20KV – 30KV. Sirkuit ini terdiri menurut komponen: ignition coil, Platina / condensor (tipe Konvensional), Igniter & pick up coil (tipe transistor/CDI), tutup distributor, rotor, kabel tegangan tinggi busi serta busi. Untuk menelusuri kelainan pada sirkuit ini terlebih dahulu harus memastikan sirkuit utama bekerja dengan normal. Adapun cara menelusurinya adalah dengan melakukan tes bunga barah dalam busi. Buka galat satu busi pada mesin. Kemudian sambungkan menggunakan kabel tegangan tinggi ignition coil. Dalam kondisi busi menempel dengan bodi mesin, start mesin. Apabila terjadi percikan bunga barah pada busi, ialah sirkuit utama serta sekunder bekerja normal.
Pada beberapa kasus kelainan dalam sistem pengapian dari dari tutup delco (distributor) basah karena uap air atau embun. Kejadian ini umumnya terjadi bila tunggangan melaju pada syarat hujan yg menyebabkan tutup distributor berembun, atau terkena percikan air hujan.
Cara mengatasinya relatif sederhana. Buka tutup distributor, kemudian keringkan dengan menggunakan tissue atau lap kemarau. Jika tunggangan masih memakai platina, bersihkan bagian atas platina tersebut memakai amplas atau lap kemarau. Lalu bersihkan lagi menggunakan kertas higienis.
Pada biasanya gangguan mogok ditimbulkan karena ketidakberesan pengapian atau system bahan bakar.
Gangguan dalam system pengapian biasanya terjadi pada komponen pendukungnya misalnya koil, CDI, platina dll. Tanda-tandanya mesin akan tersendat-sendat terlebih dahulu atau kadang-kadang terdengar letusan dari knalpot.
Gangguan dalam system bahan bakar, sanggup lantaran tidak sampainya bahan bakar ke silinder atau ruang bakar. Sehingga membuat mesin langsung mangkat tanpa tersendat. Biasanya lantaran genre bahan bakar terganggu akibat dari tersumbatnya saluran bahan bakar menurut tangki. Kasus ini banyak dijumpai pada mobil berkaburator atau injeksi bahan bakar.
Sedangkan pada mobil dengan fuel injection penyebabnya bertambah lagi yakni lantaran adanya kerusakan pada pompa bahan bakar. Gejala tersendat sanggup timbul lantaran saringan bahan bakar kotor. Biasanya tak mengakibatkan mesin mati seketika dan hanya terasa dalam putaran tinggi. Jika gas dilepas atau putaran mesin diturunkan, gejala ini akan berkurang atau bahkan hilang. Segera bersihkan saringan bahan bakar. Sebab apabila usang dibiarkan kotoran akan terbawa ke karburator atau injector.
Tindakan Darurat :
Untuk system pengapian, tanggal galat satu kabel busi dan dekatkan ke mesin. Hidupkan mesin dan perhatikan apakah ada loncatan bunga api berdasarkan kabel tegangan tinggi. Bila tak terdapat atau kecil sama sekali, berarti terdapat gangguan di system pengapian. Bila barah yg dihasilkan relatif akbar gangguan bukan berasal berdasarkan situ.
Untuk mengecek hingga tidaknya bahan bakar ke silinder sanggup dilakukan beberapa cara. Pada kendaraan beroda empat berkarburator, periksa genre bensinnya dengan melepas slang bahan bakar menuju karburator. Atau menggunakan mengintip gelas atau mangkuk dalam komponen pengabut bensin atau karburator itu buat melihat jumlah bensin di dalamnya. Bila terisi berarti bensin masih mengalir dan kesampingkan sumbatan alirannya.
Pada mobil berinjeksi bahan bakar, selain menilik slang saluran bahan bakar menuju injector, cek bensin yang lewat nipel dalam saluran bahan bakar.
Bila seluruhnya beberapa langkah diatas sudah dicek menggunakan terbaik tetapi mobilnya permanen saja tidak nyala dengan istilah lain mogok, tak ada jalan lain, menggunakan terpaksa mesti memanggil mobil Derek dan membawa kendaraan beroda empat anda ke bengkel paling dekat sesuai posisi Anda.
Demikianlah tips yang saya sampaikan tentang cara atasi kendaraan beroda empat mogok yang terjadi pada anda. Langkah diatas menjadi panduan dasar bagi anda ketika mengalami insiden mogok sebelum memanggil montir buat memperbaiki kendaraan anda.
--> SELANJUTNYA

Comments