CARA AMAN MEMPERBAIKI COMPRESSOR MACET / PANAS

MEMPERBAIKI KOMPRESOR KULKAS FREEZER SHOWCASE MACET / NGEJEM


Apasih penyebab compressor macet / ngejem / gagal start ?

Compressor pendingin refrigerator merupakan sebuah indera pumpa gas refrigrant yang berfungsi untuk menyirkulasi gas freon, merubah menurut bentuk gas dan mengembun di ruang pipa kondensor dengan cara memampatkan dan selanjutnya berubah wujud menjadi cair bertekanan tinggi melalui pipa kapiler.

Gambar mesin compressor dengan contoh terbuka.

Gas freon ( refrigrant ) mengalir ke pipa kapiler menggunakan tekanan tinggi, karena pipa kapiler memiliki berukuran tidak mengecewakan panjang sinkron dengan ukurannya, maka tekanan gas cair berkurang serta menyembur ke ruang pipa evaporator.

Gas freon yg berada pada ruang evaporator dan bertekanan rendah mengalami evaporasi, yaitu perubahan wujud berdasarkan zat cair menguap sebagai gas.

Perubahan gas berdasarkan cair menguap berakibat ruang pipa evaporator dingin, hal ini dikarenakan udara / ruang evaporator diambil energi panasnya sang proses penguapan.
Sebagai model :
Bensin / alkohol waktu diteteskan pada tangan akan terasa dingin, hal ini dikarenakan energi panas diambil sang bensin / alkohol menggunakan cara perubahan zat cair menjadi uap.

Gas freon yg menguap selanjutnya pulang ke mesin compressor.

Dari kerja compressor yg begitu berat maka kemungkinan mampu terjadi kerusakan.

Macam kerusakan pada mesin compressor
1. Kawat kumparan kebakar / short.
2. Tekanan berkurang karena putaran menurun atau lantaran piston ngeplos.
3. Compressor macet.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengungkapkan kenapa compressor mampu macet ? Apa penyebab compressor macet ?

PENYEBAB COMPRESSOR MACET
Berikut ini hal yg mungkin bisa Anda ketahui pemicu terjadinya kerusakan.
OVERLOAD / OVERHEAD MENYEBABKAN COMPRESSOR MACET
Penyebab terjadinya ;
Panas berlebih ( OVERLOAD ) sanggup terjadi dikarenakan kerja compressor terlalu berat akibat penggunaan dengan beban bahan kuliner, sayuran atau minuman terlalu banyak. 
Menutup pintu nir kedap atau karet pintu yg telah rusak bisa berakibat mesin compressor bekerja terlalu berat karena udara dingin keluar dan menciptakan umur pendek.
Meletakkan lemari pendingin terlalu dekat dinding tembok atau barang lain yang berhimpitan menyebabkan mesin compressor panas tinggi karena kondensor tidak bisa membuang energi panas menggunakan paripurna, hal ini juga akan mengganggu proses pendinginan. 
Kebuntuan gas freon ( refrigrant ) yg mengakibatkan kerja mesin cukup berat. 
Kebocoran gas yang mengakibatkan hidup terus menerus karena pengatur suhu ( thermostat ) nir memutus arus ke mesin compressor.

LISTRIK DROP / VOLTASE MENURUN TIDAK SETABIL BISA MENYEBABKAN COMPRESSOR MACET
Penyebab terjadinya ;
Voltase listrik nir stabil bisa berpengaruh menggunakan compressor macet / ngejem, lantaran terjadi gagal start.

KEMASUKAN AIR DARI KEBOCORAN PIPA EVAPORATOR MENJADI PENYEBAB MESIN COMPRESSOR RUSAK
Air es yg mencair lantaran rusak masuk ke lubang kebocoran tersedot masuk ke mesin compressor bercampur menggunakan oli membuahkan zat oksidasi dan menimbulkan stagnasi dan kumparan short.

Sebelum melakukan langkah perbaikan mesin compressor yang ngejem dan panas, aku sarankan sebaiknya mengubah compressor baru, karena pasti ada keliru satu yg cacat / hampir rusak, entah itu kumparan / lilitan, atau piston yang telah lecet atau barit.
Namun karena harga buat membeli mesin compressor baru tidak mengecewakan tinggi, maka saya beritahukan solusi mengatasi kerusakan dalam mesin compressor secara aman supaya sanggup dipakai usang.
CARA MENGATASI / PERBAIKI COMPRESSOR MACET DENGAN AMAN
Agar mampu digunakan pulang pada jangka ketika relatif lama , maka sanggup Anda coba langkah berikut :
  1. Buang oli yang berada didalam compressor melalui pipa hisap.
  2. Belah compressor secara melingkar dibawah bekas las orisinil pabrik. Untuk membelah compressor jangan sampai tembus kedalam, buat membelah hanya untuk membuka bekas las pabrikan, saya sarankan buat menggunakan gergaji besi buat pertama kali membelah compressor. Bila sudah berpengalaman, agar gampang, cepat serta nir capek mampu menggunakan gerinda.
  3. Compressor yg telah terbelah akan terlihat misalnya pada gambar dibawah ini


Langkah yg Anda perlu lakukan adalah ketok pelan-pelan secara bergantian dalam tanda panah tadi sambil tuangkan oli sedikit demi sedikit diatas as serta pistonnya, sampai sanggup berkecimpung memutar dengan lancar.

Putar menggunakan tangan, bila telah tidak terlalu berat sanggup Anda coba menggunakan menghidupkan compressor dan ukur ampere bersama tekanan compressor, apabila seluruh kondisi bagus selanjutnya pasang lagi compressor seperti semula.

Tempel penutup compressor dengan las listrik menggunakan kedap agar tidak bocor pada saat isi gas freon ( refrigrant ).

Demikian cara kondusif memperbaiki compressor kulkas, freezer atau showcase macet / panas.

Comments