BUDIDAYA IKAN LELE


Ikan leleyang biasa kita makan pada warung pecel lele bisamenjadi pilihan hobi yang mampu membuat pemasukan tambahan. Di Indonesia ikanlele memiliki beberapa nama daerah, diantaranya: ikan kalang (Padang), ikanmaut (Gayo, Aceh), ikan pintet(Kalimantan Selatan), ikan keling (Makasar), ikancepi (Bugis), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah). Sedang pada negara lain dikenaldengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand),ikan keli (Malaysia), gura magura(Srilangka), ca tre trang (Jepang). Dalam bahasa Inggris diklaim pula catfish,siluroid, mudfish dan walking catfish.hewan yg pada Amerika Serikat dianggap CatFish ini (bahkan terdapat filmnya lho. Judulnya Cat Fish, Anda harus lihat) inibenar-benar berpotensi memuaskan hobi memelihara hewan dan mendatangkanpemasukan tambahan bagi Anda.
Ikan leletidak pernah ditemukan di air payau atau air asin. Habitatnya pada sungai denganarus air yang perlahan, rawa, telaga, waduk, sawah yg tergenang air. Ikanlele bersifat noctural, yaitu aktif beranjak mencari kuliner pada malam hari.pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di loka-tempat gelap.di alam ikan lele memijah pada ekspresi dominan penghujan.
Namunpertama-tama harus dipahami bahwa yg namanya beternak ikan itu nir semahalyang kita kira. Kebanyakan orang memahami bahwa beternak ikan akan menguraswaktu dan energi kita. Apalagi melihat fenomena bahwa kini poly peternakikan yg keliru tahu bahwa pakan ikan itu haruslah bikinan pabrik. Hal itusebenarnya cerminan menurut intervensi peternak ikan yg memiliki kapital besar danbisa menyebarkan budidaya perikanan yg kuat serta seolah menjadi industrimakanan raksasa.

            Untuk memulai usaha beternak lele sebenarnya bukanlah hal yang sulitkalau kita telah mengetahui metodenya buat menerima metodenya tentu kitaharus bertanya dalam orang yang telah berhasil beternak lele, tapi yang haruskita jangan lupa sporadis sekali orang mau memberikan ilmunya pada orang lain apalagisemua ilmu yg dimilikinya disini saya berikan cara beternak lele serta metodenyapada anda.
Untuk pertamaanda buat 1 kolam, usahakan kolam tanah dengan digali lantaran kolam yang bagusuntuk lele merupakan kolam tanah jikalau tidak ada lahan apa boleh buat silahkandengan kolam permanen tapi bibit yg pada gunakan bibit ukuran telunjuk, beda dengankolam tanah bisa pada mulai dengan bibit halus umur 2 minggu.
Setelah kolamselesai, diamkan menggunakan air selama 1 minggu lalu masukkan bibit tergantungukuran kolam bila ukuran 5 x 10 x 0.70 meter bisa di isi bibit 10.000 ekoringat saat melepaskan bibit tentunya anda memakai kantong plastik ataugerigen agar ikan jangan strees kantong plastik yang berisi ikan di isi airkolam pemeliharaan sedikit demi sedikit sampai ikan menyesuaikan diri denganair kolam yg baru lalu lepaskan ikan ,abaikan ikan keluar dengansendirinya berdasarkan kantong plastik/ gerigen.
Setelah ikanberumur dua minggu dalam kolam pisahkan antara ikan kecil dan ikan yang besarkarena lele bersifat kanibal usahakan lele, pada pelihara dalam wareng untukmemudahkan menyortir ikan buat dua wareng atau jala ikan ukuran 2 x 6 2 petakletakkan pada kolam buat memelihara ikan sampai panen isi wareng pertama10.000 ekor lalu pada umur dua minggu pindahkan yg akbar ke wareng yangsatu lagi lantaran pada 1 wareng berukuran dua x 6 x 0.7 meter dapat memuat 5000 ekorbibit ikan sampai panen selain itu dapat pula memudahkan panen ikan.

Beberapahal mendasar pada Tips dan Kiat Beternak Lele

            Hal mendasar yg harus kita pikirkan adalah lahan budidayaperikanan. Yang dimaksud menggunakan lahan ini nir sekedar sebuah kolam menggunakan airyang selalu mengalir, akan tetapi jua sebuah huma yg membuat bisnis perikanan kitadapat berjalan menggunakan berdikari. Lahan usaha kita usahakan pula menjadi tempatyang mendukung bisnis kita.
Setelah itubeberapa hal yang mesti kita ketahui sebelum memulai beternak lele, antara lainadalah bahwa pakan ikan bisa dibentuk sendiri dan memanfaatkan lingkungan yangada pada lebih kurang kita. Keuntungan membuat pakan sendiri adalah kita jadi mengenalkeanekaragaman biologi di sekitar kita buat dimanfaatkan menjadi bahan pakan.selain itu, ongkos produksi budidaya perikanan sebagai lebih murah. Karena kitatidak perlu tergantung terhadap pakan ikan bikinan pabrik. Beberapa bahan dasarpakan ikan yg sanggup kita dapat berdasarkan kurang lebih kita merupakan; katul, tepung ikan,tepung tapioca, daun pepaya, daun lamtoro, kanji, minyak goreng, danantibiotik. Semua bahan itu tentunya sanggup didapatkan dengan mudah di pasar,kan?
Dalam satuhari kita mampu menciptakan satu ton pakan ikan dan tidak perlu mengeluarkan biayalebih banyak dibanding menggunakan jikalau membeli pakan bikinan pabrik.
Kita jugakerap berasumsi bahwa aktivitas budidaya, baik pertanian dan perikanan, selalumenyita saat poly. Dengan pembagian saat yang baik serta keinginan untukmelibatkan banyak orang pada bisnis kita, mampu dipastikan usaha kita akanberjalan lancar-lancar saja. Pada tahap awal budidaya, mungkin kita bisamelibatkan kawan-kawan atau orang terdekat kita. Tapi ke depannya mungkin kitabisa melibatkan lebih banyak orang. Hal ini tentunya akan membuat kita mampumenyediakan lapangan pekerjaan baru, bukan?
Namun memangharus diakui bahwa modal memang penting. Tanpa kapital yg cukup, kita tidakakan sanggup memulai bisnis baru kita ini. Beberapa poin di atas kiranya dapatmembuat kita nir perlu mengeluarkan banyak uang buat memulai usaha. Berapapastinya jumlah modal, tentu akan sangat tergantung menggunakan seberapa akbar usahakita ini. Apabila pasar yg kita bidik terbatas (tingkat RT atau Kelurahan),tentunya kita nir perlu mempersiapkan modal dalam jumlah akbar. Berbedatentunya apabila kita ingin memasok kebutuhan lele buat semua warung makan dikota kita.



Comments