BIMETAL / THERMO DEFROST KULKAS 2 PINTU

CARA KERJA BESERTA FUNGSINYA

Pada gambar diatas merupakan keliru satu contoh thermo defros / bimetal kulkas 2 ( dua ) pintu

Bimetal / Defrost kulkas 2 pintu.
Bimetal / Defros ini sebenarnya switch/saklar yg bekerja dari suhu. Fungsinya sebagai penghubung arus listrik ke heater.

Berbeda menggunakan kulkas 1 ( satu ) pintu, dalam kulkas 1 ( satu ) pintu tanpa menggunakan defrost bimetal ini, lantaran proses pencairan bunga es masih secara manual.
Proses pencairan bunga es pada kulkas dua ( 2 ) pintu / nofrost dilengkapi menggunakan bimetal / defrost. Bentuk umumnya  bulat dan terdapat yg kotak, dilindungi plastik tebal yang dipres agar kedap air dan menempel dalam evaporator pada permukaan.
Saat evaporator cukup dingin ke 2 kabel pada bimetal tersambung serta mensuplay tegangan secara pribadi ke heater. Namun heater baru bekerja bila timer telah pada posisi defrost ( Proses Pencairan Bunga Es ), proses misalnya ini terjadi setiap lebih kurang 7 jam sekali.

Saat proses defros, motor fan blower, motor timer serta mesin compressor tidak bekerja, hanya heater yg bekerja mencairkan es pada evaporator . Setelah bunga es pada evaporator mencair barulah koneksi ke 2 kabel dalam bimetal secara otomatis terputus kemudian timer kembali bekerja dan berpindah menuju proses pendinginan buat menghidupkan kembali mesin compressor.

CARA KERJA BIMETAL DEFROST KULKAS dua PINTU

Sebuah lemari pendingin khususnya pada kulkas 2 pintu sudah dilengkapi sistem pencairan bunga es, tidak sama menggunakan kulkas 1 pintu yg proses pencairan bunga es dilakukan secara manual. Pencairan bunga es pada kulkas 1 pintu dilakukan menggunakan cara manual, yaitu menggunakan memencet tombol defrost atau sanggup pula menggunakan cara memutar thermostat berlawanan jarum jam hingga bunyi klik bertanda kulkas dalam kondisi off.

Proses pencairan bunga es pada kulkas 2 pintu lebih sempurna serta bekerja secara automatic tanpa wajib kita lakukan, dikarenakan proses ini telah dilengkapi alat misalnya :
  • Motor kipas Blower
  • Thermo Defrost Bimetal
  • Thermo fuse
  • Thermostat Kulkas
  • Timer Defrost Kulkas
  • Heater Kulkas

Cara kerja bimetal / defrost merupakan sebagai berikut :
Ketika pada posisi timer menjalankan compresor  selama sekitar 8 jam buat mendinginkan evaporator bimetal / defrost ini pula ikut terkena suhu dingin, lantaran letaknya yg menempel dalam evaporator. Pada ketika suhu telah mencapai dingin yaitu dibawah 0 derajat, defrost / bimetal akan menyambungkan arus listrik ke hiter bila posisi timer telah ke proses defrost yaitu sekitar 8 jam sekali hiter akan bekerja,proses seperti ini compresor, timer serta kipas blower  berada dalam posisi off dan hanya hiter yang bekerja buat memanaskan suhu  hingga bunga es pada evaporator mencair dan saklar bimetal / defrost secara automatic akan memutus arus ke hiter kemudian timer balik bekerja hingga kipas  dan compresor hidup lagi.
Proses misalnya ini berulang ulang setiap sekitar 8 jam sekali pada kulkas 2 pintu nofrost.

Tanda kerusakan Bimetal / Thermo Defrost
Untuk mengetahui kerusakannya, bisa anda lihat secara fisik juga diukur menggunakan multimeter

Kerusakan dari fisik
Bila bimetal / thermo defrost didalam plastik terlihat ada air, berarti sudah nir layak digunakan.
Dicek dengan multi
Cek menggunakan multi, apabila suhu defrost diatas 13° celcius permanen terhubung, maka defrost sudah tidak layak dipakai / rusak.
Cek bimetal / thermo defrost dengan meletakkan ditempat bersuhu dibawah 13° celcius, bila dicek memakai multimeter terhubung maka bimetal thermo defrost keadaan masih cantik / layak pakai.
Demikian fungsi dan cara kerja  thermo defrost bimetal kulkas, semoga bermanfaat.

Comments