BERINOVASI DEMI KEMAJUAN NELAYAN

BERINOVASI DEMI KEMAJUAN NELAYAN - Pada momentum Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) tahun ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali mempersembahkan produk penemuan teknologi yg secara resmi diluncurkan oleh Menteri Kelautan serta Perikanan Susi Pudjiastuti dalam Selasa (11/8), 

 di Ballroom KKP Jakarta.empat produk inovatif yang diluncurkan diantaranya E-Log Book, E-Observer (E-Borang), Sistem Informasi Nelayan Pintar, dan Sistem Informasi Garam Rakyat (SiTEGAR). Selain itu KKP juga melepas secara resmi hibrida beberapa jenis ikan hasil rekayasa beberapa balai di bawah Balitbang KP buat dibudidayakan. Komoditas ikan yg dirilis meliputi Lele Mutiara, Gabus Haruan, Gurame Batanghari, Mas Mantap, dan Udang Galah Siratu. 

Dalam sambutannya Ibu Susi jua menegaskan bahwa suatu inovasi haruslah efisien, updateable, accessable, dan sustainbility. Jadi sebuah temuan atau penemuan tidka boleh berhenti. Inovasi merupakan suatu hal yang wajib dilakukan setiap hari. Inovasi berarti memperbaiki, upgrade, sebuah progress dan tidak boleh berhenti.

Berinovasi buat kemajuan nelayan- “Inovasi teknologi apapun itu bentuknya merupakan satu hal yang wajib terus menerus dilakukan sang perorangan, pemerintah atau apapun badan jika sebuah bangsa itu mau maju. Tanpa penemuan di bidang teknologi maupun keilmuan lainnya sebuah bangsa tidak akan mampu mengikuti kemajuan – kemajuan pada era globalisasi ini”, ujarnya.

Dalam program yg sama juga Menteri Susi didampingi sang Kepala Balitbang KP, Achmad Poernomo juga mengucapkan selamat kepada dua peneliti KKP yang berhasil masuk dalam 20 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa 2015.

“Keberhasilan ini bukan hanya dalam penghargaan saja, kita wajib meneruskan bahwa penemuan yg telah kita lakukan serta dapatkan penghargaan ini niscaya diterapkan, niscaya dipake sang warga , karena jika tidak rakyat nir menerima output serta manfaatnya”, katanya.


Tak hanya itu, Balai Besar Penelitian serta Pengembangan Pengolahan Produk serta Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBP4BKP) jua sudah berhasil meraih Anugerah IPTEK Pranata Penelitian dan Pengembangan (Prayogasala) pada kategori forum litbang kementerian. Anugerah Prayogasala diberikan pada Unit Kerja Pranata Litbang yang telah mendukung penguatan Sistem Inovasi Nasional.

“Semoga pada tahun berikutnya Direktorat Jenderal Teknis lingkup KKP dapat meraih Anugerah IPTEK Pandega Widyatama yang merupakan Anugerah IPTEK buat unit Eselon I Pemerintah Pusat yang memanfaatkan hasil litbang dalam negeri,” ujar Kepala Balitbang K..

BBPI semarang yg pula ikut berbagi berbagai penemuan diharapkan terus buat berkarya dan mudah2an kedepan akan menerima anugrah IPTEK pandega widyatama.

Comments