BERAPA BANYAK ALAT LISTRIK ATAU ELEKTRONIK YANG DAPAT DIGUNAKAN DIRUMAH

Menghitung seberapa banyak Alat Listrik yg dapat dinyalakan atau dipakai dirumah, sinkron dengan Daya Listrik terpasang
Daftar Ukuran Daya (Watt) berbagai Peralatan Listrik dan Elektronik di rumah
Artikel ini aku buat, buat memberikan sedikit gambaran kepada anda yang ingin mengetahui mengenai besaran Daya aneka macam peralatan Listrik yg biasa digunakan sehari-hari pada rumah, dan seberapa poly Alat Listrik yang bisa dipakai disesuaikan dengan Daya Listrik 450Watt, 900Watt, 1300Watt, 2200Watt, dan sebagainya.
Berbagai pertanyaan tentang besaran Daya menurut berbagai Alat Listrik yg digunakan sehari-hari, diantaranya:
  • Daya Listrik pada tempat tinggal saya 900Watt, relatif gak buat nyalain AC ½PK, dan Televisi 32 Inci?
  • MCB dirumah saya acapkali Jepret, apalagi jika saya nyalain AC serta Setrika bersamaan, kenapa ya?
  • Daya Listrik pada rumah saya 2200 watt, trus digunakan buat nyalain AC ½PK, Lampu 36Watt sebanyak lima butir, Pompa Air, Kulkas, Mesin Cuci, Microwave, Tapi MCBnya acapkali trip, kenapa ya?

Dan aneka macam pertanyaan lainnya mengenai Daya Listrik serta penggunaan Alat listrik atau Elektronik pada rumah.
Baca pula: Daftar Peralatan Listrik yang paling akbar tagihan listriknya
Sebenarnya Beberapa pertanyaan ini dapat dijawab menggunakan melihat Spesifikasi Daya (watt) pada sebuah Alat listrik, dan menjumlahkan banyak sekali alat listrik yang dinyalakan bersamaan, serta Hasilnya tinggal dibandingkan dengan Total Daya Listrik yang terpasang pada rumah kita.
Daftar besaran Daya (Watt) berbagai Peralatan Listrik serta Elektronik yang biasa kita gunakan pada rumah.
Dan, yg perlu diingat merupakan jangan menggunakan aneka macam Alat listrik dengan Total Daya yang melebihi berdasarkan Daya Listrik terpasang di tempat tinggal anda, lantaran akan menyebabkan MCB dirumah anda jepret (Trip).
Baca pula: Berbagai penyebab MCB Jepret, serta solusinya

Berapa poly indera listrik yang bisa kita pakai, menggunakan Daya Listrik terpasang sebanyak 450Watt, 900Watt, 1300Watt, 2200Watt, dan seterusnya?
Bukankah satuan Daya Listrik PLN menggunakan satuan VA, bukan Watt?
Benar, satuan Daya Listrik PLN adalah VA, misalnya 450VA, 900VA, 1300VA, 2200VA, dan sebagainya, Tetapi, perbedaan daya menggunakan satuan VA dan Watt umumnya lebih signifikan dalam Instalasi listrik 3 Phase, lantaran banyaknya alat listrik yg bersifat Induksi serta mengakibatkan menurunkan nilai Faktor Daya.
Baca pula: Mengenal Satuan VA, Watt, KVA, KW, KWH, KVAr
Sedangkan buat Instalasi Listrik 1 Phase, yg biasa dipakai pada tempat tinggal -tempat tinggal , tidak terlalu poly memakai Alat Listrik yg bersifat Induksi sebagai akibatnya faktor daya nir terlalu banyak berubah, dan permanen mendekati nilai 1,00, sehingga perbandingan satuan VA dan Watt hampir sama atau mendekati.
Oleh karenanya, daya listrik yg terpasang di rumah seringkali diklaim dengan satuan 450Watt, 900Watt, 1300Watt, serta seterusnya.

Berapa poly Alat Listrik atau Elektronik yg bisa dipakai pada rumah?


Untuk menaruh sedikit gambaran tentang seberapa poly Alat Listrik yang bisa dinyalakan sinkron dengan Daya Listrik terpasang, ini dia beberapa misalnya.
Seberapa poly Alat Listrik yg bisa dinyalakan buat Daya 450VA?
Untuk Daya Listrik 450Watt (450Va), waktu ini memang sudah tidak tersedia lagi buat pemasangan baru, tetapi terdapat Pemasangan lama yg memakai Daya Listrik 450Watt.
Daya 450Va, Jika dipakai buat penjelasan, maka bisa digunakan buat menyalakan Lampu 36Watt sebanyak 12 Buah.
Jika anda ingin menyetrika, maka peralatan Listrik serta Elektronik lainnya perlu dipadamkan, karena daya setrika Listrik relatif akbar, rata-homogen dayanya 300Watt, serta sisanya dapat digunakan buat beberapa lampu saja.
Begitu jua dengan Mesin Cuci, rata-rata memiliki daya sebanyak 300Watt, serta jika Mesin Cuci dinyalakan maka Alat listrik lainnya perlu dipadamkan, sisanya masih dapat menyalakan lampu saja.
Daya Listrik 450Va sanggup dipakai buat nyalakan AC, gak?
Masih Bisa, buat AC ½PK, (daya AC ½PK lebih kurang 375Watt), tetapi sangat Pas-pasan, serta tentunya seluruh Alat listrik lainnya harus dipadamkan.
Jadi kesimpulannya adalah, Daya Listrik 450Va ini memang sangat pas-pasan
Seberapa poly Alat Listrik yang bisa dinyalakan buat Daya 900VA?
Setelah Daya Listrik 450VA nir tersedia lagi, pilihan selanjutnya merupakan memakai Daya Listrik 900Va.
Daya Listrik 900VA ini bisa dipakai untuk menyalakan beberapa Alat Listrik sekaligus, seperti contohnya:
Menyetrika, sembari menyalakan Televisi, dan menyalakan Mesin Cuci. (Setrika 300Watt + TV 130Watt + Mesin Cuci 300Watt = 730Watt), serta sisanya masih bisa menyalakan beberapa Lampu saja.
Dapat menyalakan Kipas angin (100Watt), mesin cuci (300Watt), Dispenser biasa (150Watt), Televisi (130Watt), Kulkas (100Watt), dengan Total 780Watt.
Atau dapat dipakai buat menyalakan AC ½PK(375Watt), Televisi (130Watt) dan Mesin Cuci (300Watt).
Jadi kesimpulannya, Daya Listrik 900Va ini relatif lumayan serta bisa memenuhi kebutuhan indera listrik kita sehari-hari.
Seberapa poly Alat Listrik yg bisa dinyalakan buat Daya 1300VA?
Sekarang Daya Listrik 1300Va menjadi pilihan yg banyak digunakan pada rumah-rumah, dan tentunya daya listrik ini bisa dipakai buat aneka macam Alat Listrik atau Elektronik sekaligus.
Misalnya, anda dapat menyalakan AC 1PK, Mesin Cuci, Setrika sekaligus
Atau anda bisa menyalakan AC ½PK, Dispenser, Televisi, Mesin Cuci, Setrika, sekaligus.
Namun bila digunakan buat Microwave yg biasanya memakai paling kecil Daya 600W, bahkan ada yang mencapa 1000Watt, tentu daya Listrik 1300VA ini sebagai pas-pasan.
Mungkin selanjutnya apabila anda mempunyai aneka macam Alat listrik, misalnya Microwave, Dispenser, Blender, Mixer, Kipas Angin, AC, Setrika, dan lainnya, dan anda ingin menggunakannya sekaligus, maka Daya Listrik yang lebih besar , misalnya Daya 2200Va, dapat memenuhi kebutuhan anda.
Berbagai Peralatan Listrik serta Elektronik yg anda pakai pada tempat tinggal , tentu memiliki besaran Daya (watt) yang bhineka.
Berikut model Daftar besaran daya (Watt) beberapa alat-alat Listrik dan Elektronik yg biasa kita gunakan di tempat tinggal .
  • Televisi LED 21 Inci daya 68Watt
  • Televisi LED 32 Inci daya 130Watt
  • Televisi LED 42 Inci daya 160Watt
  • Kulkas 1 Pintu kap.200L daya 70Watt
  • Kulkas dua Pintu kap.200L daya 100Watt
  • Mesin cuci 8kg Top Loading 1 Tabung & dua Tabung, daya 300Watt
  • Mesin cuci 6kg Top Loading 1 Tabung & 2 Tabung, daya 250Watt
  • Blender daya 130Watt
  • Setrika Listrik, daya 300Watt
  • Pompa Air, daya 250Watt
  • AC 1/2 PK, daya 375Watt
  • Lampu TL 36Watt, 18Watt
  • Lampu Hemat Energi 18Watt, 26Watt
  • Kipas Angin, daya 100Watt

"Data daya Listrik (Watt) dari berbagai Alat listrik dan Elektronik diatas hanyalah contoh, tentunya akan memiliki disparitas sesuai menggunakan ukuran, jenis, contoh atau merek Alat Listrik masing-masing"
Namun yang perlu diperhatikan disini adalah, Periksa Daya (Watt) menurut aneka macam Alat Listrik yang anda pakai dirumah, lalu coba hitung dan jumlahkan Alat Listrik yang ingin anda nyalakan secara bersamaan, apakah Daya Listrik yg anda miliki masih cukup, atau telah berlebihan?, Jika berlebihan tentunya akan menyebabkan MCB dirumah anda jepret (Trip).
Dan, semakin besar daya listrik yg anda pakai, tentunya akan semakin besar pula Tagihan Listrik yang wajib anda bayar setiap bulannya.
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments