BELAJAR MUDAH MEMBUAT GRAFIK CHART DI MICROSOFT WORDS

Menurut Wikipedia, Grafik, Bagan atau Chart (Bhs. Inggris) merupakan representasi grafis berdasarkan data, di mana "data diwakili oleh simbol, misalnya bar dalam diagram btg, garis dalam bagan garis, atau irisan pada diagram bulat". [1] Bagan dapat mewakili data numerik tabular, fungsi atau beberapa jenis struktur kualitatif serta menaruh berita yang tidak selaras. 

Bagan atau grafik dipakai buat memperjelas penyajian data sebagai akibatnya pembaca menjadi lebih jelas membedakan data satu menggunakan data lainnya. Grafik poly digunakan pada segala bidang, contohnya dalam laporan penelitian, perdagangan, perbankan, statistik dan lain-lain. 

Jika anda seseorang mahasiswa, Dosen, Peneliti, Ekonom serta sebagainya tentu harus menguasai cara menciptakan grafik. Grafik bisa memperjelas penyajian data sehingga penelitian atau presentasi bisa lebih dimengerti audiens.

Untuk menciptakan grafik anda mampu membuatnya di Microsoft Words atau Excel. Kali ini admin akan menyebutkan cara menciptakan grafik pada MS. Word.  Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  1. Buka aplikasi Microsoft Words pada laptop/personal komputer anda.
  2. Klik Menu Insert dan lalu klik Chart
  3. Pilih jenis chart yg sinkron. Di sana poly pilihan jenis grafik. Ada Kolom, Garis, Lingkaran, dll.
  4. Misalnya kita akan memilih kolom. Klik pada galat satu pilihan berdasarkan kolom yg tersedia, lalu tekan ok. Maka akan muncul dua jendela. Yang satu Microsoft Word , dan Microsoft Excel.
  5. Siapkan data yang akan dibuatkan grafiknya. Misalnya kita akan menciptakan grafik penjualan beras selama satu minggu. Hari senin terjual 25 kg, Selasa 30 kg, Rabu, 15 kg, Kamis 27 kg, Jum`at 40 kg serta Sabtu 35 kg. Ganti Tulisan kategori dengan nama-nama hari berdasarkan senin hingga sabtu. Tulisan series 1 ganti dengan kilogram. 
  6. Grafik yang tadi kita pilih di MS  Words, masih ada 3 butir grafik btg dalam satu bagiannya. Lantaran kita hanya punya satu data untuk tiap hari, maka 2 grafik batangnya harus kita buang. Caranya, bawa kursor ke sudut kaan bawah garis yg berwarna biru sebagai akibatnya muncul indikasi panah sepertipada gambar. Untuk menghilangkan dua grafik btg tekan mouse sebelah kanan sambil membawa kursor sampai batas garis B misalnya yang terlihat di gambar pada bawah (Atau jika nir menggunakan mouse, tekan navigasi laptop sebelah kanan sembari membawa kursor ke garis b).
  7. Masukan data penjualan beras yag terjual tiap harinya.
  8. Maka pada Microsoft Word akan secara otomatis muncul grafik sesuai dengan data yg dimasukan. Apabila data telah benar, tutup jendela microsoft excel. 
  9. Jika akan mengedit kembali data, klik kanan di area grafik dan pilih edit data. Maka akan ada pulang pelaksanaan MS Excel yang berisi data yang tadi kita masukan.
  10. Untuk memperbesar atau memperkecil grafik, bawa kursor ke sudut garis pinggir grafik sebagai akibatnya muncul pertanda panah. Bawa panah ke dalam buat memperkecil atau ke luar buat memperbesar grafik.
  11. Pembuatan grafik terselesaikan. Untuk memperlancar coba kembali dengan memilih jenis grafik yang tidak sama. Selamat mencoba.

Comments