BEBERAPA KERUSAKAN YANG SERING DIALAMI TV CINA WCOM

Beberapa kerusakan yang sering dialami tv cina (wcom)

CARA FLEXI - Sambil menggarap tv cina, aku pun mengingat kejadian atau kerusakan terjadi Pada beberapa tv yang disuplai mesin chasis tv cina.

Hal yg paling menyulitkan pada ketika menangani tv cina artinya saat keadaan mesin telah berumur, dan mesin buat mensuplay tabung 21 inc. Dimana keduanya adalah faktor permasalahan primer.

Mesin telah berumur yg dialami mesin wecom akan mengalami poly perubahan bentuk dan nilai. Misalnya elco kemarau, pelawan molor.

Dan mesin buat menyuplay tabung 21 inc lebih ristkan lagi terhadap kerusakan terutama dalam sistim blog horizontal.

Tentu, kedua faktor tadi ditimbulkan sang sistim kerja mesin yg cukup panas sebagai akibatnya mengakibatkan komponen berubah nilainya. Selain itu,,jua disebabkan sang komponen kualitas dibawah baku dibanding tv merek lainya, sebagai akibatnya panas mengakibatkan komponen yang dibawah standar akan mengalami perubahan nilai.

Secara kasat mata, hal yang paling aku lihat adalah melembungnya elco dalam hasil power suplay. Sehingga menyebabkan aneka macam kasus serta pula menandai masalah.

Elco melembung, mampu menandakan dua pertanda yaitu antara tegangan over ,dan komponen yg tidak bertenaga menunda panas. Sehingga waktu ingin mengganti elco harus pada ukur terlebih dahulu tegangan yang akan di filter oleh elco tersebut agar kita memahami penyebab elco melembung. Kemudian baru, diganti. Hal tadi bertujuan supaya kita tidak kehilangan elco baru.

Elco yang seringkali bermasalah antara ukuran:  1000uf/35v,470uf/35v,100uf/160v,100uf/35v.

*maka berdasarkan itu ,,saya acapkali stok elco tersebut lantaran elco berukuran itu kerap kali sering digunakan.*

Bagi mesin yang telah berumur komponen penahan warna telah berubah kehitaman sehingga menyulitkan saat membaca nilai penahan. Untuk Mengatasi hal tadi umumnya saya mencari chasis tv yang sama, yaitu bawaan dus mesin tv wcom. Atau mencari skema tv di google..

Berubahnya nilai pelawan ini terkadang menyebabkan perseteruan yg sangat membahayakan salah satunya adalah kenaikan b+ 115V disebabkan oleh resiator yang berfungsi sebagai pembatas input ke outokopler r 557 1k nilai nya melar. Karena diblog outokopler inilah tegangan 115 VDC di kontrol menggunakan bahasa lain hasil outokopler di kontrol daei ic CPU melalui blog ic kopler. Jika resiator pembatas melar atau putus tentu akan menjadikan fatal. Paling tak jarang bila B+ melonjak flyback akan mengalami over voltage atau ditandai dengan bunyi pletek-pletek dalam cop flyback. Dan ini akan mengakibatkan demper D2499 horizontal short.

Baca pula: cara cepat mengetahui b+115 volt drop

Tv cina matot(mati total)

Tv dikatakan matot jika tv tidak bisa start sedikitpun bahkan lampu indikator standby nir mau menyala. Kadang dalam tv cina ditandai menggunakan jeglegnya mcb spedo PLN.

baca jua; cara servis TV Cina meninggal total

Yang paling poly pada kasus tv cina matot serta disertai menggunakan jegleknya mcb adalah transistor demper pembangkit dengan tipe D2498 short ditimbulkan oleh beberapa hal,yaitu;

Transistor d2498 tak jarang short ditimbulkan. Oleh:

C berukuran 2kv 681k terletak di kolektor transistor d2498.

Transistor c3807 shotr.

Lilitan Trafo ybc 40-19/1769 short.

Selain transistor dempr d2498 menjadi penyebab mcb jeglek kadang jua disebabkan sang posistor 250V14R pada rangkaian digausing short.

Baca jua: 10 masalah regulator tv short

Sedikit ulasan tadi mengenai neberapa perkara /kerusakan yang tak jarang terjadi ppada mesin tv cina merek WCOM. Semoga bermanfaat!!

Comments