AWALAN KE DAN KATA DEPAN KE PENJELASAN ARTI DAN PENGERTIAN SERTA CONTOHNYA

Sebenarnya apa bedanya ke sebagai awalan serta ke sebagai preposisi. Jelas beda. Ke menjadi kata depan ditulis terpisah dengan istilah selanjutnya. Jadi, ke merupakan kata tersendiri. Dalam ilmu bahasa disebut menggunakan fonem bebas.
Selanjutnya, ke sebagai awalan penulisannya melekat dalam istilah atau fonem. Jadi ke menjadi awalan ditulisa satu rangkaian dengan kata selanjutnya. Ke tidak bermakna, akan tetapi sanggup mengganti makna. Ini buat ke sebagai awalan.
Penulisan yang sempurna buat awalan ke- wajib disertai menggunakan indikasi hubung '-'. Menandakan bahwa penulisan ke- menjadi awalan tidak dapat dipisah dengan kata yg dilekati.
Untuk lebih lengkapnya tentang disparitas antara kata ke sebagai awalan dan ke menjadi kata depan dapat ditinjau pada artikel yang berjudul Ke yang dipisah serta ke- yang disambung.
Dalam artikel ini, dibahas khusus mengenai ke- sebagai awalan. Dalam kaidah bahasa Indonesia yg standar nir dibahas mengenai awalan ke-. Awalan ke- hanya masih ada dalam kalimat tidak baku, atau istilah serta kalimat yang digunakan pada ragam kalem.
Contoh pada kata:
ketawa
kepencet
keinjek
kebawa

Contoh kata yang mengandung awalan ke- pada atas merupakan bahasa nir standar. Untuk bahasa bakunya sanggup diucapkan dan ditulis sebagai berikut:
ketawa = tertawa
kepencet = terpencet
keinjek = terinjak
kebawa = terbawa 

Jadi, awalan ke- pada masing-masing istilah di atas mempunyai makna 'tidak sengaja di....'.
Selanjutnya, selain awalan ke (prefiks) pula ada imbuhan (konfiks) ke- -an. Imbuhan gabung awalan dan akhiran ini mempunyai 2 makna yang tidak sama bila digunakan dalam ragam bahasa yang berbeda. Maksudnya, antara ragam baku serta nir standar, imbuhan yang terdiri dari awalan ke- serta akhiran -an mampu memiliki makna yg beda jauh.
Berikut ini daftar contoh kata dengan awalan ke- dan akhiran -an bersama maknanya.
ketiduran 
kejatuhan
kelelahan
kebesaran
kesulitan

Masing-masing kata di atas adalah istilah yg menerima awalan ke dan akhiran -an. Secara berurutan masing-masing kata pada atas memiliki istilah dasar tidur; jatuh; lemah; berani; akbar; dan sulit.

Sekarang kita telaah satu-persatu kata menggunakan awalan ke pada atas.
ketiduran 

Arti awalan ke- pada istilah di atas merupakan 'nir sengaja....'. Mirip dengan awalan ke- yang telah dijelaskan sebelumnya. Jadi, jika pada kalimat: Andi ketiduran di kelas. Memiliki makna, Andi nir sengaja tidur pada dalam kelas.
kejatuhan

Awalan ke pada istilah kejatuhan bisa mempunyai dua kemungkinan makna. Makna yg pertama merupakan tidak sengaja di.....I atau terkena .... sementara makna yang ke 2 adalah proses ..... Nya. 

Makna awalan ke yg pertama mampu timbul apabila dalam konteks kalimat berikut ini:
Ketika duduk di teras, Andi kejatuhan buah mangga.

Jadi, si Andi nir sengaja dijathui buah mangga.
Sementara makna yang ke 2 mampu timbul jika pada konteks kalimat:
Kejatuhan Soeharto diawali dengan ketidakstabilan ekonomi dan politik.

Arti kata kejatuhan pada kalimat ini jelas tidak selaras dengan kata kejatuhan dalam kalimat sebelumnya. Pada kalimat ini, maknanya adalah proses.


kelelahan

Makna awalan ke dalam contoh istilah di atas merupakan kondisi atau sedang mengalami. Contoh dalam kalimat kalimat berikut adalah lebih memudahkan kita memahami maknanya.
Dia kehilangan konsentrasi karena kelelahan. 

Dalam kalimat di atas, awalan ke dan akhiran -an memiliki arti sedang lelah.

Bisa juga kata kelelahan memiliki arti terlalu. Contoh dalam kalimat:
Dia tidak sanggup melanjutkan bepergian lantaran kelelahan. 

Arti kata kelelahan dalam kalimat di atas merupakan terlalu lelah.


kebesaran

Kata kebesaran yang mempunyai kata dasar besar miliki 2 makna. Pertama terlalu besar , dan kedua berkaitan menggunakan keagungan. 

Contoh kalimat menggunakan kata kebesaran yan memiliki arti terlalu akbar.

Celana yang dipakainya selalu melorot karena kebesaran.
Kata kebesaran di atas adalah istilah pada ragam percakapan nir baku.
Contoh kalimat yang memakai kata kebesaran yang memiliki arti agung atau kebanggaan.

Prajurit TNI berbaris rapi dengan baju kebesarannya.

Jadi, arti kebesaran pada kalimat tadi memiliki arti kebanggaan.


Demikian penerangan arti serta model awalan ke menggunakan banyak sekali macam maknanya. Semoga tidak kebablasan serta nir terjadi kesalahan.

Comments