ARTI KATA SEMERBAK PENJELASAN MAKNA DAN PENGGUNAANNYA DALAM KALIMAT SERTA SINONIMNYA

Pernah dengar istilah 'semerbak'? Salah satu yang inheren dalam ingatan saya istilah semerbak ini terdapat pada lagu yg dangdut atau qasidah yang menurun dari lagu India. Liriknya terdapat istilah semerbak tepatnya lirik lagu itu merupakan semerbak harumnya bunga. 

Memang, semerbak identik menggunakan bunga. Meskipun ada juga penggunaan istilah semerbak sebagai 'guyonan' buat bau busuk dari (maaf) kentut.

Sebenarnya apa arti semerbak? Berikut ini penerangan arti istilah 'semerbak' yg masih ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi Keempat yang terbit tahun 2008. Tepatnya terdapat di page 1263.

Arti Semerbak dalam Kamus

se.mer.bak a harum; merata (mengenai bau yg harum). 

Berdasarkan penjelasan di atas, semerbak termasuk dalam kelas kata adverbia. Jadi, terdapat 2 makna kata semerbak yaitu bermakna harum dan bermakna merata. 

Contoh penggunaan kata semerbak dalam kalimat:

apabila angin berembus, bunga-bunga semerbak baunya.

Jadi, lebih kentara makna kata semerbak adalah merata. Tapi lebih pas dipakai sebagai penerangan istilah bunga atau bunga karena identik menggunakan keharuman. Seperti yg sudah dijelaskan pada awal, jika istilah semerbak digunakan buat bau busuk atau tidak sedap, maka itu adalah sebuah candaan.

Sinonim Kata Semerbak  

Kata semerbak memiliki sinonim. Dalam Tesauruf Alfabetis Bahasa Indonesia yg diterbitkan oleh Pusat Bahasa, semerbak memiliki empat sinonim yaitu menyebar, merebak, meruak, meruap. Tapi terdapat sedikit disparitas, bila dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia semerbak adalah adverbia, ad interim pada Tesaurus, semerbak diidentifikasi menjadi verba (istilah kerja).

Masing-masing arti sinonim semerbak pada atas pada Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah menjadi berikut:

Menyebar berasal berdasarkan kata dasar sebar. Artinya: 1) menghamburkan; menyiarkan tentang keterangan; menabur mengenai benih; dua) membagi-bagikan; mengirimkan (mengenai undangan).

Merebak berasal menurut istilah rebak. Ada tiga kata rebak dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti pada yang bersinonim menggunakan istilah semerbak adalah 1) menjalar atau menular; beredar atau tersiar; dua) meluas atau merembet.

Meruak berasal menurut istilah ruak. Ada 2 polisemi istilah rebak, yang maknanya bersinonim dengan kata semerbak ada dalam yang pertama, artinya 1) merata ke mana-mana; meluas; dua) bertambah lebar; meroyak; 3) terbuka serta sebagai lebar; mekar.

Meruap berasal menurut istilah ruap. Ada tiga arti istilah ruap yg bersinonim menggunakan istilah semerbak yaitu 1) berbuih; membuih; 2) mendidih serta melimpah; meluap; 3) menguap (menjadi uap); 4) (makna kiasan) mebual; menyomngkan diri; bercakap besar ; lima) merebak (bau); 6) (makna kiasan) mendidih.

Demikian penjelasan arti dan sinonim serta penggunaan kata semerbak yang tak jarang kita dengar. Semoga bermanfaat!

Comments