ARTI KATA POKEMON HUBUNGAN ANTARA GAME AGAMA DAN KEAMANAN NEGARA

Pro-kontra GamePokemon Go berdasarkan Pandangan Agama serta Keamanan Negara.


Seiring maraknyapermainan Pokemon Go yg eksklusif naik daun, poly yang mendukung. Banyakjuga yang mencibir. Bahkan tidak sedikit yang menghubungkannya menggunakan agama.bahkan mendiskreditkan kepercayaan tertentu. Tak perlu lah.

Mari kita Bahasarti Pokemon serta Pikachu dari segi bahasa dahulu.

Pikachu  ada yang mengartikan sebagai “Be AJewish"  atau “Jadilah Seorang Yahudi”. Ini berasaldari bahasa Syiria. Padahal sehabis saya cari di google translate denganmengetik kata ‘Pikachu’ nir terdeteksi satu bahasa pun yg tersedia digoogle yg mengandung kata tadi.


Hal ini tidakaneh, lantaran Pikachu bukan istilah tersendiri. Kata tersebut merupakan istilahbentukan buat karakter yg diciptakan sang produsen game Pokemon. Akar kataPikachu merupakan bahasa Jepang yaitu asal menurut kata ‘Pika-pika’ serta ‘Chuchu’.

Pika-pika adalahbahasa Jepang yg berarti berkilauan atau berkilat-kilat. Hal ini untukmenunjukkan karakter Pikachu yg berwarna kuning ini  mempunyai kekuatan petir atau listrik.sedangkan ‘Chuchu adalah kata pada bahasa Jepang yg berarti tikus yangmencicit. Jadi, Pikachu adalah tikus dengan kekuatan petir atau listrik.

Jika diamati,balik ke masa tayang kartun Pokemon pada televisi. Pikachu waktu hendakmengeluarkan kekuatan petirnya pasti mengatakan, “pika-pika! Chuuuuuuu!”.

Selanjutnya artikata ‘Pokemon’ pula adalah kata bentukan produsen game tersebut untukmenggambarkan holistik gamenya. Pokemon merupakan singkatan berdasarkan bahasa Jepang Poketto Monsutaa.nah, istilah ini berasal-usulnya merupakan bahasa Inggris Pocket Monster atau wadahmonster.

Bentukpenyesuaian bahasa berdasarkan Pocket Monster menjadi Poketo Monsuta  ini merupakan pembentukan istilah daripenyesuaian ejaan, alias adaptasi. Ejaan berdasarkan bahasa inggris diubahsuaikan denganpengucapan dan pelafalan bahasa Jepang. Hal ini jua terdapat dalam bahasa Indonesiacontohnya kafiyah (penutup ketua) menurut bahasa Arab sebagai kopyah dalambahasa Indonesia.

Tentu dalamtulisan ini tidak dapat dibahas satu persatu arti nama karakter monster dalamPokemon. Pasti tidak jauh dari itu. Game Pikachu diciptakan pada Jepang, makasebenarnya tidak bisa diterima akal apabila itu diambil dari bahasa Syiria.apalagi dengan arti yang cenderung dibuat-untuk misalnya itu.

Padahal, Pokemonadalah sebuah game. Sebatas permainan. Bisa-bisanya ada pihak yang inginmendiskreditkan galat satu kepercayaan dengan mengatasnamakan agama yg lain. Karenaagama adalah hal yg asasi dan melekat pada masing-masing orang maka orangmerasa dekat dengan hal itu. Jadilah dibaca. Mungkin pihak yang berpendapatdemikian sebatas ingin mendongkrak popularitas.

Dari sudutpandang agama, tentu segala sesuatu yg hiperbola buruk. Jangankan game,puasa (pada Islam) ada batasnya. Puasa semenjak pagi sebelum fajar, hinggamagrib. Ketika telah magrib bahkan diutamakan buat segera berbuka. Berartipuasanya nir boleh melebihi ketentuan. Justru nir diperkenankan sengajaberpuasa dari sebelum subuh sampai isya.

Jika main PokemonGo sampai melupakan ibadah, tentu itu bertentangan dengan agama. Bahkan tidakhanya Pokemon Go. Semua hal misalnya itu. Apabila ada orang yg lalai karenabermain Pokemon Go bukan berarti game tersebut sesat serta menyesatkan.

Selanjutnya dalamsudut pandang keamanan negara. Beberapa orang beropini bahwa Pokemon Go bisamengakibatkan kebocoran data negara. Menjadi alat mata-mata negara asing.mungkin ada benarnya, tetapi juga mungkin nir.

Jika memangPokemon Go disalahkan lantaran deretan GPS yang berbasis lokasi serta kamera yangmenunjukkan keadaan serta harus ditutup maka seluruh jaringan teknologi internetharus ditutup. Bukankah hampir seluruh aplikasi internet membutuhkan penunjuklokasi? Bahkan beberapa orang menggunakan sengaja merogoh gambar untuk disebarkandi internet. Pokemon Go jua sebatas itu.

Pimpinan TNIkhawatir serta melarang anggotanya buat bermain Pokemon Go dengan alasankeamanan negara ya wajar. Memang tugasnya menjaga keamanan negara berdasarkan ancamanpihak luar. Juga sebagai komandan wajib mengawasi kinerja bawahannya tetapoptimal nir malah terfokus pada game.

Bagi para kepaladaerah dan pengajar, menggejalanya Pokemon Go pula harus mampu menjadi momentum yangbaik. Kepala Daerah wajib melarang pegawai bawahannya bermain Pokemon Go karenabisa memengaruhi kinerja serta pelayanan. HP dirazia, game Pokemon Go dihapus.seharusnya, personal komputer dan laptop di tempat kerja-tempat kerja pemerintahan jua dirazia.apabila ada game disitu wajib dihapus. J

Guru-pengajar jugaseharusnya tidak ‘hanya’ melarang Pokemon Go. Namun pula seluruh apliksi gameyang terdapat pada HP murid di sekolah. Agar ketika mengikuti pelajaran pikiran dankonsentrasinya tidak terganggu oleh permainan pada gawainya.

Meskipun adabeberapa orang yg memelesetkan Pokemon menjadi Pekokmen alias orang pekok.ada pua yang menulis Poke Mon. Dalam bahasa Madura ini lain lagi maknanya.


Yang senang mainGame silakan main. Tapi tolong ingat batasannya. Yang nir senang main game,sepertinya tidak perlu menebar kebencian. Cukup ingatkan saja mungkin terdapat orangyang sedang main game kebablasan serta justru membahayakan lantaran nir memandanglingkungan lebih kurang.

Comments