ARTI KATA PATING PLENUK KARTUN CLEKIT WAHYU KOKKANG

Karya WahyuKokkang, Kartun Clekit hari sabtu, 23 Juli 2016 membahas tentang masalah Obesitasdi Indonesia. Karakter perempuan (istri Clekit yang belum diketahui namanya)sedang membaca koran. Beritanya mengenai ada perkara Obesitas pada Indonesia padaanak. Selain di Jawa, ternyata kasus obesitas pula terjadi pada Sumatera.

Karkater Clekitberkata pada hati untung istriku nggak obesitas, cuma pating plenuk.Nah, pada ucapan itu terdapat kata pating plenuk. Kata tadi dari daribahasa Jawa. Mungkin bahasa Jawa merupakan bahasa mak Wahyu Kokkang sehinggaselalu terbawa dalam karya-karyanya.

Kata patingplenuk dicari pada google yang timbul bukan adalah.
Tetapi yg munculjustru parikan. Di antaranya adalah iwak kebo pating plenuk, golek bojo oraentuk-entuk. Karena ini adalah parikan (pantun dalam bahasa Indonesia),maka bagian pertama adalah sampiran, bagian kedua merupakan isi. Bagian isiparikan tadi berarti: mencari istri/suami tidak kunjung bisa.

Memang tidakditemukan arti yg khusus istilah pating plenuk dalam bahasa Indonesia.namun terdapat postingan di google yg menunjukkan arti pating plenuk dalambahasa Inggris. Postingan tadi adalah bagian dari buku yang berjudul JavaneseEnglish Dictionari karya Stuart Robson dan Singgih Wibisono.

Di pada kamusJawa-Inggris tersebut kata pating plenuk memiliki 2 arti yaitu inmounds, dan in small heaps. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesiamasing-masing adalah adalah di gundukan dan di tumpukan kecil.

Kata dasar dalamkata pating plenuk tersebut berada pada bawah istilah dasar plenuk.Jadi pating adalah istilah yg melekat dalam istilah dasar plenuk. Plenukartinya heaps atau mound yaitu tumpukan atau gundukan.Jadi, pating plenuk dapat diartikan bertumpuk-tumpuk atau banyakgundukannya.

Dilihat dari artitersebut, jika dirangkaikan dengan kalimat untung istriku nir obesitas,cuma pating plenuk, artinya merupakan cuma daging di badannyabertumpuk-tumpuk atau mementuk gundukan-gundukan. Dalam artian, samasaja menggunakan kegemukan yg ujung-ujungnya sama saja menggunakan obesitas.

Selain istilah patingplenuk, kata yg juga memiliki medan makna yang nir jauh menggunakan katatersebut merupakan ginuk-ginuk.


Kata pating dalambahasa Jawa sanggup inheren pada istilah dan mengubah makna sebagai jamak. Misalnyadalam kalimat bukune  pating selengkrahartinya ‘poly kitab berserakan’. Uniknya, istilah pating diletakkansebelum istilah sifatnya, bukan sebelum kata benda. Sedangkan yg dijamakkanadalah kata bendanya.

Ada kalanya dalambeberapa masalah, istilah pating memiliki arti semua. Dalam kalimat Wong-wongpating pecotot. Artinya:Semua orang ngomongnya ngawur. Contoh yanglain pating kemriyek ialah semua berbisik-bisik.


Comments