ARTI KATA KHATULISTIWA ASALUSUL DAN PENJELASANNYA

Arti Kata Khatulistiwa

Khatulistiwa merupakan katadalam bahasa Indonesia yg dari dari serapan bahasa Asing. Tepatnya bahasaArab. Secara harfiah, istilah Khatulistiwa pada bahasa asalnya terdiri menurut duakata, yaitu Khat (خط) serta al-istiwa(استواء). Arti katakhat (baca: khot, dengan kecenderungan suara ‘k’ yang dihilangkan, bukan ‘kot’)merupakan garis. Arti istilah istiwa adalah lurus.

Berikut ini prosesmorfologis sekaligsu proses penyerapan kata Khatulistiwa dalam bahasa Indonesiayang berasal berdasarkan bahasa Arab. Kata khot dibaca khottu dirangkaidengan istilah al-istiwa. Cara baca dalam bahasa asalnya, bahasa Arab yaitukhottul-istiwia.




Lamban laun, pendengaranorang akan berubah sebagai khottulistiwa. Kemudian proses selanjutnyaadalah khotulistiwa. Yang terakhir, yang diserap pada bahasa Indonesiadisesuaikan penulisannya menggunakan kaidah penulisan bahasa Indonesia maka jadilahkata ‘Khatulistiwa’.

Berbeda menggunakan kataasalnya dalam bahasa Arab, transliterasi k dalam khottul istiwa tidakdibaca, karena cenderung lebih secara umum dikuasai bunyi ‘h’. Sementara, dalam bahasaIndonesia, kata khatulistiwa cenderung dibaca katulistiwa. Bukan hatulistiwa.

Dilihat berdasarkan arti katakhatulistiwa dalam bahasa Arabnya, maka bisa diklaim kata khatulistiwa memilikiarti garis lurus.


Kata khat dalambahasa Arab arti awalnya adalah goresan atau goresan pena. Kemudian, ada bentuk lainyaitu khototo (خطط) ialah garis(Kamus Al-Munawwir, 1997 page 351). Sementara istilah istiwa (الاستواء) artinyategak lurus.

Jadi, arti kata khatulistiwaadalah garis yg lurus. Ini arti secara bahasa. Tetapi, beda lagi arti katakhatulistiwa dalam kata ilmu pengetahuan.

Dalam Kamus Besar BahasaIndonesia, istilah khatulistiwa terdapat pada laman 693 (Lihat KBBI PusatBahasa edisi Keempat tahun 2008). Arti kata khatulistiwa dalam kamusadalah garis khayal keliling bumi, terletak melintang  pada nol derajat (yang membagi bumi menjadidua bagian yang sama yaitu bagian bumi utara dan bagian bumi selatan). Istilahlainnya adalah ekuator. Terjemahan arti menurut bahasa Inggris ‘equator’.

Kata khat jugaterdapat dalam bahasa Indonesia. Arti kata khat merupakan tulisan tangan, garis,serta guratan pada tangan atau garis tangan (KBBI, 2008:692).

Kata istiwa jua lazimdigunakan pada kalangan pesantren. Jadi, istilah istiwa lazim diketahui oleh merekayang belajar ilmu kepercayaan Islam, khususnya ilmu falak (ilmu astronomi). Kataistiwa yang digunakan pada kalangan pesantren adalah buat menyebut kondisimatahari yang tepat beradai di atas sehingga bayangan suatu benda yg terkenasinar matahari dalam syarat istiwa nir akan memunculkan sedikitpun.

Maka dari itu biasanyakondisi ini dimanfaatkan buat memilih dan menyesuaikan jam. Jam yg telahdisesuaikan dengan saat dan syarat matahari tepat berada pada atas secarapresisi disebut menggunakan jam istiwa.

Sementara kata khatulistiwasering dirangkai dengan istilah garis sehingga ada susunan kalimat:
Negara Indonsiaterletak di garis khatulistiwa.


Dalam model kalimat diatas, ada frasa garis khatulistiwa. Secara kebahasaan susunan tersebutsalah lantaran istilah khatulistiwa sudah mengandung arti ‘garis’.  Maksud Indonesia terletak di khatulistiwaadalah posisi yang terletak antara kutub utara dan kutub selatan. Salah satukota besar yg dilalui oleh garis khatulistiwa merupakan Pontianak.

Ada lagi kata yangmengandung istilah khatulistiwa, yaitu zamrud khatulistiwa. Apa arti istilah zamrudkhatulistiwa. Kata tersebut buat mendeskripsikan syarat kepulauannusantara.

Zamrud adalah jenis batupermata yg berwana hijau. Jadi, kata zamrud khatulistiwa dipakai untukmenyebut deretan pulau nusantara yang seakan-akan misalnya batu permata zamrudkarena sangat latif (itu dulu). Zamrud, yg ada di garis khatulistiwa.

Jadi, penerangan istilah khatulistiwayang tepat merupakan sebagai berikut: garis khayal yang terdapat pada bagian tengahbumi.

Meskipun bagi sebagianorang, istilah zamrud identik gerombolan musik rock yang ngetop di athun baru 2000-an.mereka menulisnya ‘jamrud’ tidak ‘zamrud’. Bukan terkenal menggunakan keindahan bakpermata, lagu-lagu yang dinyanyikan oleh gerombolan band Jamrud justru berlirik nakaldan menggelitik cenderung porno.

Demikian penjelasan artikata khatulistiwa, khat (khot), dan istiwa. Semoga berguna!

Comments