ARTI DAN ASALUSUL KATA SABTU

Sabtu merupakan salah satu nama hari. Hari selesainya Jumat serta sebelum Minggu. Sabtu acapkali diklaim sebagai akhir pekan. Dalam Bahasa Inggris weekend mencakup hari Sabtu dan hari Minggu.
Kata Sabtu telah ada dalam kosakata Bahasa Indonesia sejak usang. Selain masih ada pada Bahasa Indonesia, istilah 'Sabtu' menjadi nama hari juga terdapat dalam Bahasa Melayu atau Bahasa Malaysia.
Kata Sabtu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yg diterbitkan sang Pusat Bahasa, memiliki arti:
"hari ke-7 pada jangka ketika satu minggu"

Jadi, dalam sistem penghitungan hari dalam seminggu yang diterapkan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, hari pertama pada seminggu adalah hari Minggu. Hal ini tentu memiliki dasar.


Dasar penetapan awal pekan dimulai hari Minggu tentu merujuk pada akar kata yang diserap berdasarkan bahasa Arab.


Kata 'Sabtu' dalam bahasa Indonesia diserap menurut bahasa Arab 'assabt' (السبت). Dalam bahasa Arab kata assabt ini mempunyai akar kata yg sama dengan sab'atun (سبعة) yg artinya: tujuh


Sementara dalam bahasa Jawa, Sabtu disebut Setu. Bisa jadi, berasal menurut sabtu - sebtu - setu. Huruf b luluh serta melesap seiring proses penyerapannya ke pada bahasa Jawa. (Tentu bagian ini merupakan opini sebenar-benarnya opini. Hehehe).


Yang Jelas, Sabtu identik menggunakan akhir pekan yg poly digunakan oleh orang buat menyelenggarakan sebuah aktivitas. Lantaran umumnya besoknya adalah hari libur. Baik bagi orang yang masih sekolah, maupun yang telah bekerja. 


Yang unik lagi, hari Sabtu malam, dianggap Malam Minggu. Bukan Sabtu malam. Harusnya kan hari sabtu malam, sabtu yg telah malam. Tapi malah disebut malam minggu. Mungkin ini pengaruh dari bahasa Jawa. Malam Jumat, berarti hari Kamis malam. 


Keunikan lainnya, malam minggu dianggap malam panjang. 


Bagaimana dengan, Anda?

Comments