ARTI BISMILLAH DAN PENJELASANNYA

Arti Perkata Bismillah serta Arti Keseluruhannya bersama Penjelasan


Lafal lengkapnya adalah ‘bismillahi arrahmaani arrahimi’biasa dianggap dengan basmalah pada bahasa Indonesia. Tapi kebanyakanmenyebutnya, ‘bismillah’. Ada juga yang menulis transliterasinya:bismillahirrohmanirrohim. Dengan membuatkan variasi trasnliterasi penulisan denganhuruf latin berdasarkan asalnya alfabet Arab, sebenarnya yang dimaksud merupakan satu.



Kata ‘bismillah’ adalah ‘doa’ dalam mengawali sesuatuyang baik. Misalnya, stiap awal surat dalam kitab kudus Alquran selalu diawalidengan ‘bismillah’ kecuali surat Tobat. Begitu juga penulisan buku aturan islamdan kitab dan buku pengetahuan lain, serta doa-doa. Selalu diawali denganbismillah.


Bismillah memang menjadi pembuka melakukan sesuatu. Bahkantidak sedikit jua mantra pada khasanah budaya Jawa jua mengandung katabismilah.

Berikut ini arti bismillah dijelaskan menurut masing-masingfrasanya.

Bismillahi

Terbentuk dari tiga kata ‘kalimat’ yaitu kalimat huruf bi; ismi atau asma; dan Allah.


Dalam kaidah penulisan bahasa arab maka ditulis menjadi bismillahi, jika berhenti cukup dibaca: bismillah.


Arti masing-masng kata merupakan sebagai berikut:
Bi artinya dengan
Ismi atau Asma merupakan nama
Allah

Jadi, bismillah artinyadengan nama Allah ini makna asalnya.tetapi pada penggunaannnya, bismillah diterjemahkan sebagai: Dengan menyebut nama Alllah.


Arrahmani (dibaca:Arrohmani)

Kata dasarnya adalah rahimayang artinya pengasih dalambahasa Indonesia. Dalam laras pesantren, istilah arrahmani mempunyai dimensi makna:ingkang moho welas asih ing dunyo lanakhirat. Yang maha memberi belas kasih baik pada global maupun di akhirat.

Jadi, dimensi istilah pengasihadalah mengasihani namanyamengasihani baik yan disayangi juga yg nir, tetap dikasihani.

Arrahimi (dibaca: Arrohimi)
Kata dasarnya sama menggunakan arrahmani yaitu rahima. Katadasarnya sama, maknanya bersinonim yaitu mahapenyayang. Dalam laras pesantren, istilah penyayangini dijelaskan sebagi moho welas asihing akhirat beloko (maha pengasih hanya pada akhirat saja).

Jika diterjemahkan secara mendalam arti bismillah adalahsebagai berikut:
Dengan menyebut namaAllah yg maha pengasih baik di dunia juga pada akhirat, jua yang mahapengasih di akhirat saja.


Sementara arti sederhananya ‘hanya’ dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang.


Kata ‘dengan’ diawal arti bismillah mengindikasikan ‘ada sesuatu yang hilang’ pada lafal tadi.karena bismillah nir pernah terlepas dari konteksnya. Jadi, arti bismillahselalu bertalian erat menggunakan konteks yang dilakukan.

Misalnya, ketika memaknai buku pada pesantren, guru ngajiakan memaknai istilah bismillah begini: ngawitingaji ingsun kelawan nyebut asmane Allah (=saya mengawali mengaji kitab inidengan menyebut nama Allah). Jadi, digunakan buat apa pun kata bismillahartinya jua mengikuti kegiatannya.

Misalnya:

Ketika dibaca buat mengawali menulis, maka artinya: sayamengawali menulis menggunakan menyebut nama Allah.

Ketika dibaca buat mengawali sebuah bepergian, makaartinya: saya mengawali perjalanan ini menggunakan menyebut nama Allah.

Ketika dibaca untuk mengerjakan ujian, maka ialah: sayamengawali mengerjakan ujian ini menggunakan menyebut nama Allah.

Setelah mengawali menggunakan bismillah lebih baik lagi jikadiakhiri menggunakan alhamdulillah. Seperti lagu nasyid yg ngetop:

Diawali denganbismillah

Diakhiri denganalhamdulillah


Baca Juga: Arti Alhamdulillah pada Bahasa Indonesia
Alhamdulillah.....

Comments