ARTI ALHAMDULILLAH DAN ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN DAN BEBERAPA VARIASINYA

Postingan ini aku tulis saat ramadan. Harapannya sederhana, berbagi pengetahuan yang sedikit. Semoga berguna penerangan alhamdulillah dalam artikel bebas ini.
Alhamdulillah adalah serapan dari bahasa Arab. Tulisan dalam bahasa Arab terdiri menurut dua kata yaitu alhamdu (goresan pena arabnya: الحمد) dan lillahi (لله). Kata ini telah diserap menjadi milik bahasa Indonesia serta terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Kata dasar alhamdulillah sama menggunakan istilah dasar muhammad yaitu hamada. Penjelasan arti muhammad dapat dibaca pada goresan pena ini: Arti Nama Muhammad dan Penggunaannya
Arti alhamdulillah (al.ham.du.lil.lah) dalam KBBI ada dua yaitu:
Penjelasan alhamdulillah yang pertama adalah ungkapan buat menyatakan rasa syukur karena menerima karunia Allah (adalah segala puji bagi Allah’).
Penjelasan alhamdulillah yang kedua adalah pengungkapan pujian kepada Allah Swt. Yg dibaca menjadi rangkaian zikir (Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar) selesainya salat.
Dalam pengertian berdasarkan KBBI, alhamdulillah adalah partikel ditandai dengan kode p, dan adalah istilah dalam laras Islam (ditandai kode: Isl).
Inti artinya adalah segala puji bagi allah.
Ketika saya mengaji pada langgar dulu, guru ngaji menyebutkan kepada saya bahwa segala puji itu mengandung makna empat hal. Yaitu:
pujian berdasarkan yang kuasa pada ilahi (ini ada pada buku suci yg merupakan kalam Tuhan yg memuji Tuhan sendiri).
pujian dari dewa kepada makhluk (misalnya ketika Tuhan memuji makhluk yang paling terpuji yaitu Nabi Muhammad).
pujian berdasarkan makhluk pada tuhan (tak jarang kita sebagai makhluk, memuji keagungan Tuhan).
pujian dari makhluk kepada makhluk (adalah saat kita kagum dan memuji makhluk Tuhan yg lain, misalnya pemandangan, atau insan lantaran kepandaiannya).
Jadi, segal puji, baik kebanggaan berdasarkan Tuhan pada Tuhan, berdasarkan Tuhan pada makhluknya, berdasarkan makhluk kepada Tuhan, ataupun dari makhluk kepada sesama makhluk dalam dasarnya merupakan milik Allah. Karena semua makhluk adalah kreasi Allah.
Itu adalah inti arti alhamdulillah.
Pada dasarnya, alhamdulillah tidak semata digunakan sang orang muslim. Orang yang beragam selain Islam jua menggunakan partikel alhamdulillah untuk menyeru rasa syukur karen mendapatkan sesuatu atau menerima kenikmatan.
Baca Juga: Arti Subhanallah dalam Bahasa Indonesia
Jadi, ada pergeseran arti alhamdulillah dari segala puji adalah milik Allah menjadi puji Tuhan. Karena memang adalah serupa.
Selanjutnya, istilah alhamdulillah biasanya dirangkai dengan rabbil alami yaitu alhamdulillahirabbil alamin (الحمد لله رب العالمين). Kata alhamdulillahi rabbil alamin merupakan ayat ke 2 pada surat alfatihah, surat pertama pada kita kudus Alquran.
Artinya adalah segala puji milik Allah tuhan alam semesta.

Ada jua rangkaian yang acapkali kita dengar yang mengandung kata alhamdulillah yaitu kalimat alhamdulillah ala kulli hal.

alhamdulillah artinya segala puji milik Allah.
ala (على) ialah ke, kata hubung. Dalam konteks ini, lebih pas diartikan atas.

kulli (كلّ) artinya segala atau semua.

hal (حال) merupakan sesuatu. 

Jadi, arti alhamdulillah ala kulli hal (kada dibaca: kulli haalin) merupakan segala puji milik Allah atas segala hal (yg diterima).

Selain menjadi penyeru karena mendapat nikmat, alhamdulillah juga biasa dipakai buat menutup sebuah aktivitas. Seperti pada lagu nasyid yang cukup populer:
diawali dengan bismillah
diakhiri dengan alhamdulillah

Baca Juga: Arti Bismillah serta Penjelasan Makna Katanya

Alhamudillah tulisan ini selesai jua. Demikian penerangan singkat mengenai istilah alhamdulillah.  Jika ada kesalahan sanggup dikoreksi oleh pembaca melalui komentar. Salam Pustamun!

Comments