APA YANG MENYEBABKAN LISTRIK DIRUMAH PADAM

Apa sebenarnya yg mengakibatkan listrik pada tempat tinggal tiba-tiba padam, bahkan terkadang padam sesaat kemudian menyala serta padam lagi, kenapa?
Padamnya listrik pada rumah secara datang-tiba tentunya menciptakan kita kesal serta kecewa, banyak sekali prasangka muncul di pikiran kita.
Kenapa listrik dirumah tak jarang padam?
Apakah listrik padam karena disengaja?
Listrik datang-tiba padam, kemudian menyala serta padam lagi, terdapat apa sebenarnya?
Kita tentunya pernah mengalami, waktu sedang asyik bersama keluarga di rumah, sembari menonton televisi, mendengarkan musik, atau lainnya, tiba-datang listrik pada rumah padam, sebagai akibatnya menciptakan suasana menjadi gelap, serta suasana sebagai kurang menyenangkan.

Apa sebenarnya penyebab listrik dirumah padam secara datang-tiba?

Terkadang padamnya listrik dirumah hanya terjadi sesaat, lalu menyala lagi, namun tidak lama lalu Listrik padam lagi, seolah-olah terdapat yg memadamkan dan menyalakan dengan sengaja.
Mungkin anda pula pernah berpikir demikian, kenapa listrik padam serta menyala dalam saat yang sangat singkat, apakah ini ulah orang-orang yg sedang iseng serta mengganggu ketenangan orang lain?
Sebelum kita menduga yg bukan-bukan, terdapat baiknya kita mengetahui apa sebenarnya yg mengakibatkan padamnya listrik di tempat tinggal , baik itu sesaat, atau bahkan padamnya listrik dirumah pada ketika yg relatif lama atau bisa hingga seharian.

Padamnya Listrik pada rumah bisa disebabkan sang berbagai faktor, namun sebaiknya terlebih dahulu kita bagi penyebabnya menjadi 2 (2) macam penyebab, yakni:
1. Padamnya listrik dirumah yg ditimbulkan gangguan internal
Gangguan internal disini maksudnya merupakan gangguan yang terjadi berdasarkan KWHmeter menuju instalasi didalam rumah kita.
Penyebab padamnya listrik di tempat tinggal dapat juga dikarenakan adanya gangguan atau konflik yang dari menurut instalasi listrik dirumah kita sendiri, penyebab yg berasal menurut instalasi listrik di rumah kita, serta yang sering terjadi merupakan lantaran MCB trip (Jepret).
Berbagai penyebab MCB dirumah Trip (Jepret), dan solusinya
Listrik dirumah padam, lantaran MCB turun (Jeglek), dapat disebabkan oleh beberapa gangguan, diantaranya:
  • Kelebihan beban daya listrik atau pemakaian listrik yg berlebihan.
  • Terjadi korsleting (short circuit) pada instalasi listrik yang ada dirumah kita, misalnya kabel, stopkontak, fiting lampu serta lainnya.
  • Terjadi korsleting yang asal berdasarkan aneka macam peralatan listrik yg kita pakai, seperti lampu, setrika, televisi, rice cooker, kipas angin, dan lainnya.
  • MCB yg terdapat dirumah kita sudah rusak, pemasangan kabel kendur, serta sebagainya.

dua. Listrik Padam yg disebabkan karena terdapat gangguan menurut Eksternal
Gangguan eksternal disini maksudnya adalah adanya gangguan yg berasal dari pihak PLN, dimulai dari meteran menuju kabel TR ditiang hingga ke sumber pembangkit listrik.
Penyebab padamnya listrik dirumah, karena adanya gangguan menurut pihak PLN dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain:
  • Pemadaman listrik bergilir
Listrik di tempat tinggal padam lantaran terjadinya pemadaman bergilir menurut pihak PLN.
Pemadaman bergilir terjadi lantaran adanya perawatan atau pemugaran yg mengakibatkan supplai listrik berkurang, sebagai akibatnya asal listrik yg menuju ke tempat tinggal -rumah nir mampu buat menyuplai kebutuhan listrik konsumen secara keseluruhan.
Baca jua: Bagaimana Listrik sanggup hingga kerumah kita?
Gangguan yg terjadi dapat berupa karena adanya perawatan atau pemugaran pada pembangkit listrik, pada kabel jaringan Tegangan menengah, Trafo, dan lainnya.
  • Pemadaman listrik secara tiba-tiba
Listrik padam datang-tiba dan pada ketika yang relatif panjang, dapat disebabkan oleh lantaran adanya gangguan dalam jaringan listrik juga menurut pembangkit listrik, serta hal ini tidak terpola.
Seperti halnya dirumah-tempat tinggal , jaringan listrik milik PLN jua dilengkapi dengan aneka macam pengaman, baik itu pengaman listrik terhadap kelebihan beban (Over current), pengaman kelebihan tegangan (Overvoltage), pengaman ketika terjadi sambaran petir, dan sebagainya.
Jika terjadi gangguan kelebihan beban, tegangan yang tinggi, sambaran petir, kebocoran listrik dan sebagainya, maka sistem pengaman akan bekerja tetapkan rangkaian listrik, dan menyebabkan listrik dirumah padam.
Pihak PLN akan segera mengetahui gangguan tadi dan langsung melakukan perbaikan secepat mungkin, karena padamnya listrik ke tempat tinggal -rumah pula adalah kerugian bagi pihak PLN.
  • Listrik padam tiba-tiba serta hanya sesaat
Jika kejadian listrik padam tiba-datang serta hanya sesaat, kemungkinan hal ini disebabkan karena sistem pengaman yg terpasang dalam jaringan listrik PLN mendeteksi adanya gangguan, kemudian secara otomatis akan tetapkan rangkaian listrik menuju kerumah-rumah, sehabis gangguan hilang maka pengaman listrik tadi akan mengalirkan balik listrik ke rumah-rumah, dan hal ini bekerja secara otomatis.
Salah satu model pengaman listrik yang terpasang dalam jaringan tegangan menengah (TM) milik PLN merupakan Recloser.
Recloser merupakan suatu pengaman yg bekerja secara otomatis tetapkan dan menghubungkan genre listrik.
Recloser akan bekerja menetapkan aliran listrik apabila terjadi gangguan seperti kebocoran listrik, tegangan lebih, dan sebagainya, jika syarat gangguan tidak terdapat lagi, maka Recloser akan secara otomatis mengalirkan listrik kembali.
Salah satu model gangguan yg seringkali terjadi merupakan ketika terdapat dahan pohon yg menyentuh kabel jaringan listrik, maka hal ini menyebabkan kebocoran listrik mengalir ke pohon tersebut.
Recloser akan mendeteksi hal tadi dan pada saat yang singkat akan tetapkan genre listrik.
Jika dahan tersebut sudah terlepas atau tidak bersentuhan menggunakan kabel listrik lagi, maka Recloser akan balik mengalirkan listrik ke rumah-rumah.
Hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa listrik padam sesaat kemudian menyala kembali.
Jaringan Listrik PLN dilengkapi menggunakan berbagai sistem pengaman yg lebih sophisticated dibanding dirumah-rumah kita dan sebagian bekerja secara otomatis, hal ini demi menjaga keselamatan dan bahaya listrik yang lainnya.

Semoga dengan sedikit penerangan diatas, kita tidak lagi bertanya-tanya kenapa listrik dirumah padam, dan terkadang padam sesaat serta menyala lagi.
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI
dikutip berdasarkan banyak sekali asal

Comments