APA ITU PUITIS PENJELASAN ARTI KATA PUITIS PROSES DAN PENGGUNAANNYA DALAM KALIMAT

Pernah disebut sebagai orang puitis? Atau ingin sebagai orang yg puitis karena orang lain menginginkan kita puitis? Lalu apa sebenarnya arti puitis? Apakah berhubungan dengan istilah puisi?
Berikut ini merupakan penerangan arti kata puitis, proses pembentukan kata puitis, serta penggunaan kata puitis pada kalimat berbahasa Indonesia.
Kata puitis terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kata puitis secara leksikal (dalam kamus) memiliki makna menjadi berikut:
puitis /pu.I.tis/ merupakan adverbia yang memiliki makna bersifat puisi. 

Jadi, yang dimaksud menggunakan puitis merupakan memliki sifat misalnya halnya puisi. Imbuhan tis pada istilah puitis memiliki arti seperti atau seolah-olah. Pembentukan istilah puitis sama halnya menggunakan istilah dramatis. Jadi, seolah-olah seperti drama karena memiliki sifat misalnya drama.
Dalam bahasa Arab, puitis disebut sya'iriy (شاعرى) dari berdasarkan istilah (شعر) yang bermakna puisi. Maknanya sama, bersifat misalnya puisi.
Maka dari itu, makna kata puitis yang lebih luas adalah, seolah-olah seperti puisi menggunakan istilah-istilah yg indah.
Nah, lantaran arti istilah puitis adalah mempunyai sifat seperti puisi, maka kita pula harus mengetahui arti kata puisi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah puisi memiliki 3 arti yaitu:
1) Puisi adalah ragam sastra yg bahasanya terikat leh irama, matra, rima, serta penyusunan larik serta bait;
2) Puisi adalah gubahan pada bahasa yg bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaan orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan suara, irama, serta makna khusus;
3) Puisi merupakan sajak.
Itu arti puisi dalam kamus. Sementara arti kata puitis dalam penggunaannya dalam pentur bahasa Indonesia mempunyai arti yang lebih khusus dan cenderung menyempit.
Jika terdapat orang yg mengungkapkan atau menulis dengan istilah-kata kiasan, maka orang itu dianggap dengan puitis. Jika terdapat orang yg menentukan kata-kata indah, maka orang itu kita sebut menggunakan puitis.
Jadi, puitis itu mampu diartikan menjadi orang yg suka mengatakan atau menulis menggunakan istilah-istilah indah layaknya puisi.

Contoh penggunaan kata puitis pada kalimat:

Dia menyukai orang yang romantis serta puitis.
Penggunaan istilah puitis pada atas menunjukkan hal yang mesra. Sementara tidak selaras dengan kata 'puitis' dalam kalimat ini dia:
Wiji Thukul tetap tegas meskipun sangat puitis.

Kata puitis pada kalimat di atas mempunyai makna, pengungkapan yg lugas. Tidak lagi mesra. Lantaran puisi-puisi Wiji Thukul adalah puisi menggunakan istilah-kata yang mempunyai dorongan kuat untuk memperjuangkan nasibnya.
Nah, menurut beberapa penerangan kata di atas, makna istilah puitis tidak hanya dibatasi sang batasan makna: bersifat puisi tetapi makna istilah puitis bisa melebar dan menyemping sinkron menggunakan konteks penggunaannya dalam kalimat.

Comments