APA ITU FOTOCELL DAN LDR BESERTA FUNGSI DAN CARA PEMASANGANNYA

Apa sebenarnya yg dimaksud dengan Fotocell (Photocell) dan LDR, Apa perbedaannya, dan apa fungsi Fotocell serta LDR?
Pernahkah anda bertanya, siapa yg menyalakan dan memadamkan lampu-lampu penjelasan jalan?
Kenapa di siang hari Lampu penjelasan jalan yg terpasang pada pinggiran jalan perkotaan tersebut padam, kemudian pada malam hari Lampu penjelasan jalan tersebut menyala serta menerangi jalan-jalan yang kita lalui.
Sebenarnya Lampu penerangan Jalan tersebut Menyala dan Padam secara otomatis.
Baca jua: Cara Memasang fotocell pada lampu penerangan
Lampu penerangan jalan tadi akan menyala saat cahaya sekitarnya gelap, baik pada malam hari maupun siang hari waktu cuaca mendung, dan akan padam dengan sendirinya waktu siang hari atau saat cahaya pulang terang.
Diagram cara Pemasangan Fotocell buat Lampu penerangan

Photo Controls (Fotocell)
Lampu penjelasan jalan tadi bekerja secara otomatis dengan memakai sensor Intensitas Cahaya yg dianggap dengan Photo Control (Fotocell).
FotoCell atau dianggap jua dengan Photocell atau Photo Controls adalah Switch (Saklar) yang bekerja secara otomatis.
Fotocell tadi akan memutuskan asal listrik menuju lampu waktu intensitas cahaya terang, sehingga lampu akan padam, serta sebaliknya, Fotocell akan terhubung dan mengalirkan asal listrik menuju lampu ketika intensitas cahaya kurang (Gelap), sehingga lampu akan menyala.
Fotocell tadi bisa bekerja terhubung serta terputus secara otomatis, lantaran didalamnya terdapat komponen yg diklaim dengan LDR.
LDR (Light Dependent Resistance)
LDR adalah singkatan berdasarkan Light Dependent Resistance, yg mempunyai arti Resistan (Hambatan) yg tergantung pada Cahaya.
LDR adalah suatu komponen elektronika homogen Resistor (Hambatan) yg nilai Resistansinya akan berubah sesuai menggunakan Intensitas Cahaya yg diterimanya.
Nilai Resistan (Hambatan) LDR akan berkurang (Menurun) ketika terkena Intensitas cahaya yang mini (Gelap), Nilai Resistan LDR waktu terkena cahaya Gelap sekitar 500ohm.
Karena Nilai Resistan (Hambatan) pada LDR sebagai mini , menyebabkan tegangan listrik mengalir dan Lampu menyala.
Sebaliknya, Nilai Resistan (Hambatan) LDR akan bertambah (Meningkat) waktu terkena Intensitas Cahaya yg akbar (Terang). Nilai Resistan LDR saat diberi cahaya gelap sekitar 200Kohm.
Karena Nilai Resistan (Hambatan) pada LDR sebagai besar (meningkat), menyebabkan tegangan listrik menuju lampu terhambat (nir bisa mengalir), serta Lampu sebagai Padam.

Beda Fotocell dengan LDR

Fotocell adalah suatu indera yg berupa rangkaian Elektronik yg berfungsi menjadi pemutus atau penghubung aliran listrik yg bekerja secara otomatis sesuai menggunakan Intensitas cahaya yg diterimanya.
LDR merupakan Komponen elektronika yg terpasang didalam Fotocell, homogen hambatan menggunakan nilai resistansinya tergantung dalam cahaya yg diterimanya.
Fotocell poly dipakai buat pelaksanaan Lampu penjelasan yg bisa menyala serta padam secara otomatis.
Selain dipasang buat lampu jalan, Fotocell juga dapat kita pakai buat menciptakan rangkaian sistem-sistem otomatis lainnya, tergantung pengembangan dan kreatifitas kita masing-masing.
Demikianlah sedikit penerangan mengenai fungsi Fotocell serta LDR, buat cara pemasangan serta sambungan kabelnya, bisa anda lihat dalam gambar diatas.
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments