ANALISIS MAKNA LAGU SURAT CINTA UNTUK STARLA

Analisis Makna Lagu Surat Cinta buat Starla


Lagu yg berjudul ‘Surat Cinta buat Starla’ pertama kalisaya dengar waktu menemani anak-anak berlatih buat penampilan perpisahan disekolah, di Jenggawah Jember. Dalam latihan itu, judul lagu ‘Surat Cinta untukStarla’ diajukan sang galat satu pengurus OSIS yg ingin tampil menyenyikanlagu itu.

Sejak saat itu, saya sebagai tidak asing dengan lagu yangdianggap paling romantis oleh anak-anak muda ini. Sampai ketika perpisahan, lagusurat cinta buat starla telah berkali-kali aku dengarkan. Sekilas saya pikirmaknanya lumayan dalam juga.


Baru lalu, saya tahu surat cinta buat Starla lebihdalam lagi maknanya ketika istri menanyakan cara menciptakan parafrase kok bisamenarik. Maka berdasarkan itu, saya menanyakan lagu apa yg sedang ngetop dianak-anak belia. Istri aku menjawab, Surat Cinta buat Starla.



Maka, aku langsung meminta lirik lagu Surat Cinta untukStarla. Kebetulan sebelumnya beliau telah searching (menelusur) pada mesin pencari.maka saya tinggal menulis lriknya.

Berikut Lirik Lagu Surat Cinta buat Starla.

Surat Cinta buat Starla


Kutuliskan kenangan mengenai
Caraku menemukan dirimu
Tentang apa yg membuatku gampang
Berikan hatiku padamu

Takkan habis sejuta lagu
Untuk menceritakan cantikmu
Kan teramat panjang puisi
Tuk menyuratkan cinta ini

Telah habis sudah cinta ini
Tak lagi tersisa buat dunia
Karena tlah ku habiskan
Sisa cintaku hanya untukmu

Aku pernah berpikir tentang
Hidupku tanpa ada dirimu
Dapatkah lebih latif dari
Yang kujalani sampai kini

Aku selalu bermimpi tentang
Indah hari tua bersamamu
Tetap anggun rambut panjangmu
Meskipun nanti tidak hitam lagi

Bila habis sudah waktu ini
Tak lagi berpijak pada dunia
Telah saya habiskan
Sisa hidupku hanya untukmu

Bila ekspresi dominan berganti
Sampai waktu terhenti
Walau dunia membenci
Ku kan permanen pada sini

Untuk memahami makna lagu Surat Cinta buat Starla di atas,perlu melalui parafrase liriknya. Berikut ini contoh parafrase liriknya.parafrase tidak hanya seperti ini, bisa menggunakan kata-kata lain asalmemudahkan memahami makna sebuah lirik lagu.

Parafrase Lagu Surat Cinta Untuk Starla


(sudah) Kutuliskan (semua) kenangan (latif) tentang
Caraku (buat) menemukan (rasa cintaku dalam) dirimu
Tentang apa (saja) yg membuatku mudah (untuk)
(mem-)Berikan hatiku (serta segala rasaku) padamu

Takkan habis (rasa cintaku dengan) sejuta lagu
(lagu yg kugunakan) Untuk menceritakan cantikmu
Kan teramat panjang puisi (yang wajib tertulis)
(un)Tuk menyuratkan (menulis rasa) cinta(ku) ini

Telah habis telah (rasa) cinta ini
Tak (ada) lagi (yg) tersisa buat (hal lain pada) dunia
Karena tlah ku habiskan
Sisa cintaku hanya (kuberikan) untukmu

Aku pernah (sempat) berpikir tentang
(apa jadinya) Hidupku (jika) tanpa ada dirimu (di sampingku)
Dapatkah (hidup ini) lebih indah dari
Yang (sudah) kujalani sampai kini

(cintaku,) Aku selalu bermimpi tentang
Indah(nya) hari tua(ku) (bila hayati) bersamamu
(dirimu yang) Tetap cantik (menggunakan) rambut panjangmu
Meskipun nanti (rambutmu) tidak hitam lagi (dan sudah memutih)

Bila (sudah) habis (usiaku nanti dan) sudah (selesai) ketika(hidupku) ini
(Kakiku) Tak lagi berpijak pada (tanah) (dan mati) dunia
(aku tak menyesal, karena) Telah saya habiskan
(seluruh) Sisa hidupku hanya buat (mencintai)mu

Bila (nanti) musim (sudah) berganti
Sampai waktu (kehidupan) terhenti
Walau (orang pada semua) dunia membenci(ku)
Ku (a)kan tetap (terdapat) pada sini (buat mencintaimu)

Dari parafrase pada atas, dapat diketahui makna surat cintauntuk starla adalah menjadi berikut:
“Semua kenangan dan insiden yang latif mengenai wanitapujaan hatinya, sudah membuatnya lupa serta nir peduli dengan apapun dansiapapun pada dunia. Dia hanya merasa nyaman waktu bisa hidup bersama hinggatua. Meskipun seluruh orang di global membenci, dia akan tetap setia menemanikekasihnya.”

Sekian, analisis makna lagu surat cinta buat starla.



Salam Pustamun!

Comments