AKIBAT DARI MEMATIKAN KOMPUTER TANPA SHUTDOWN

Shutdown adalah hal yg paling acapkali kita lakukan dalam saat selesai menggunakan personal komputer dan gunanya merupakan buat mematikan semua komponen komputer. Setiap pengguna personal komputer niscaya pernah mengalami masalah berat pada komputernya yg mengakibatkan personal komputer tersebut tidak mampu shutdown, sehingga mereka mengambil jalan pintas misalnya menekan usang tombol power atau mencabut kabel power.

Saking seringnya mematikan personal komputer tanpa shutdown, beberapa orang malah ketagihan mematikan komputernya menggunakan cara ekstrem tadi dikarenakan nir memerlukan saat yang lama pada waktu proses shutdown. Namun tahukah anda bahwa hal tersebut dapat mengakibatkan hal-hal yg fatal seperti berikut adalah.
Kerusakan pada RAM

RAM merupakan komponen yg berfungsi buat menyimpan data ad interim dalam saat personal komputer sedang dinyalakan. Dengan adanya RAM kita bisa meminimize banyak aplikasi (multitasking) dan menjalankannya dengan sangat cepat. Ketika shutdown secara normal, seluruh aplikasi akan ditutup serta RAM akan dikosongkan. Tetapi waktu komputer dimatikan secara paksa, sebagian data aplikasi terdapat pada RAM dan menyebabkan RAM menjadi bermasalah.
Kerusakan pada harddisk

Harddisk merupakan komponen yg berfungsi sebagai media penyimpanan data dalam komputer. Dengan adanya harddisk kita sanggup menyimpan banyak data seperti foto, dokumen, aplikasi, dan musik. Pada ketika komputer dimatikan menggunakan cara shutdown, data-data akan disimpan terlebih dahulu dalam harddisk. Tetapi jika dimatikan dengan cara paksa, data akan hilang serta harddisk bisa mengalami bad sector serta silinder harddisk rusak dikarenakan putaran piring harddisk yg berhenti secara mendadak.
Kerusakan dalam processor

Processor adalah hardware terpenting pada personal komputer serta berfungsi menjadi pengolah data. Pada waktu komputer dimatikan dengan shutdown, fan yg terletak di atas processor akan berputar lebih kencang buat menetralkan kondisi processor agar nir terlalu panas. Tetapi apabila dimatikan secara paksa, fan akan berhenti mendadak dan processor masih pada kondisi panas, tentunya hal ini akan menyebabkan kasus dalam processor dan mampu membuat processor terbakar jika dilakukan terus-menerus.
Kerusakan dalam power supply

Power supply merupakan hardware yg berfungsi sebagai pengatur daya listrik dalam komputer. Pada saat komputer dimatikan menggunakan shutdown, komputer akan mematikan seluruh komponen tetapi power supply masih memberi arus listrik pada komponen yang membutuhkan. Tetapi jika mematikan personal komputer dengan cara paksa, power supply akan eksklusif menetapkan arusnya ke setiap komponen komputer, hal ini tentunya akan mengakibatkan kasus dalam power supply dan seluruh komponen komputer.
Data dalam registry hilang

Pada ketika komputer dimatikan dengan shutdown, komputer akan mendaftarkan ulang registry komponen komputer serta data pelaksanaan yg telah digunakan. Tetapi jika kita mematikannya secara paksa, registry nir akan tersimpan dan menyebabkan beberapa masalah pada sistem.
Sudah memahami kan dampak menurut mematikan personal komputer . Jika kita mematikan personal komputer secara paksa satu atau 2 kali memang belum nampak akibatnya, tetapi jangan dilakukan terlalu tak jarang. Semoga selesainya melihat artikel ini anda mampu lebih merawat personal komputer anda.

Comments