AKAL PERIBAHASA YANG MENGANDUNG KATA AKAL

Akal Peribahasa yang Mengandung Kata Akal

Peribahasa merupakan karya sastra nusantara yang tidak lekangoleh waktu. Masih bertahan serta dipakai pada berbagai kesempatan.

Setidaknya  ada limaperibahasa yang terdapat istilah akal didalamnya. Berikut ini adalah beberapa peribahasa yg mengandung istilah akal yang terdapat pada peribahasa diIndonesia.



Peribahasa akal pertama

Akal akar berpulas takpatah


Artinya: orang yg pandai tidak mudah kalah dalamperbantahan.

Yang dimaksud perbantahan merupakan debat atau diskusi. Jadi,peribahasa pada atas mendeskripsikan bahwa orang yg pintar atau banyak akalselalu menang atau nir gampang buat dikalahkan dalam sebuah perdebatan ketikaberadu argumentasi.

Peribahasa akal kedua

Akal tidak sekali tiba


Artinya: tidak terdapat sesuatu bisnis yg sekali jadi dansempurna.

Segala sesuatu wajib diusahaan hingga berhasil serta harusdiperbaiki secara monoton. Jika hanya sekali saja dilakukan mampu jadimasih memiliki kekurangan.

Ada jua peribahasa yang seperti dengan peribahasa pada atasyaitu:

Akal tak sekalidatang, runding tak sekali datang.


Artinya seperti dengan peribahasa sebelumnya.

Peribahasa akal ketiga

Lubuk nalar tepian ilmu


Artinya: orang yg pintar.

Lubuk itu berarti tempatnya nalar. Apabila di tempat orang yangberakal, maka pada sekililingnya dan dilingkupi oleh ilmu pengetahuan.

Peribahasa akal keempat

Ilmu serta akaldihalai-halai itulah tanda orang yang lalai


Artinya: jangan lengah menyelidiki ilmu dan menambahpengetahuan

Maksud peribahasa di atas adalah jangan hingga menyepelekanilmu pengetahuan. Jika hingga lalai (tidak fokus dan nir perhatian) ketikamenempuh pendidikan, maka tidak akan mendapat pengetahuan yang benar. Bisajadi, ilmu pengetahuan yg didapat merupakan pengetahuan yg nir paripurna,bahkan mungkin keliru.

Peribahasa akal kelima

Cerdik nir berakal


Artinya: pandai tetapi masih belum berbudi pekerti yangbaik. Peribahasa ini dikatakan serta cocok untuk anak kecil.

Maksudnya, cerdik dalam menyikapi sesuatu. Cerdik cenderungkreatif. Tetapi dilawankan dengan nir berakal, maksudnya tidak bisamemikirkan impak berdasarkan perbuatannya. Hal ini menunjukkan sifat anak kecil.

Biasanya anak mini sudah dipercaya pandai ketika bisamelakukan sesuatu hal. Kecerdikan itu tidak menampakan akal budi apalagipenghormatan terhadap orang lain. Masih belum tahu sepenuhnya tingkah lakuyang dilakukan adalah tingkah laku yang baik atau jelek.


Demikian penjelasan peribahasa yg mengandung kata akal beserta model dan penjelasannya.

Comments