ADU CONTOH PERIBAHASA MENGANDUNG KATA ADU DAN PENJELASAN SERTA ARTINYA


Kata adu yg terdapatpada peribahasa ini merupakan kata adu yg bermakna kata kerja. Bukan kata aduyang adalah kata seru.

Berikut ini merupakanperibahasa yang mengandung kata adu yang tersebar dan tumbuh serta ditemukandalam rakyat nusantara. Ada empat peribahasa tentang istilah adu.




Berikut peribahasatersebut beserta arti dan penjelasannya:

1. Mengadu tuntung jarum

Artinya menyatukanpikiran cerdik pintar itu sangat susah. Tuntung merupakan bagian ujung jarum yanglancip. Peribahasa ini merupakan pengandaian yang sangat sulit dilakukan.maksudnya, orang yg sama-sama cerdik pintar dalam beropini akan sangatsulit menyatukannya. Tidak mungkin gampang buat sependapat. Mereka niscaya salingadu argumen menggunakan sangat sengit.

2. Mengadu ujung penjahit

Peribahasa ini miripdengan peribahasa angka satu di atas. Artinya mengasah pikiran cerdik pandai .pasti sesuatu yg sangat sulit buat dilakukan.

3. Mengadu petah lidah

Artinya mengadukepandaian berdebat. Petah adalah adverbia yg memiliki arti lancar dalambertutur istilah, fasih berbicara, pandai bercakap-cakap. Jadi, mengadu petahlidah adalah mengadu akal budi berbicara. Adu argumen bila bahasa sekarang.

4. Mengadu nasib

Artinya menyabung nasib.mengadu dalam hal ini merupakan menciptakan nasibnya menjadi barang aduan. Maksudnyaadalah mempertaruhkan nasib atau keadaan.

Kata ini biasanyadigunakan buat menggambarkan orang yg bertekad buat menjalani kehidupanbaru yg masih belum tentu.


Demikian penerangan artiperibahasa tentang kata ADU, semoga menaruh manfaat. Baca juga peribahasa lainnya dalam label : PERIBAHASA

Comments