ADAT CONTOH PERIBAHASA MENGANDUNG KATA ADAT DAN PENJELASAN ARTINYA



Kali ini kita membahas peribahasa yg mengandung kataAdat. Kata Adat identik dengan peribahasa lantaran menjadi sebuah karya sastralama, peribahasa mengandung ajaran-ajaran kebiasaan serta kebudayaan yg eratkaitannya dengan istilah tata cara.

Adat yang terdapat pada peribahasa adalah kataadat yg bersinonim dengan norma dan anggaran.


Adapun peribahasa yg mengandung kata istiadat ada 14macam. Berikut ini adalah peribahasa yang mengandung istilah istiadat bersama artidan penjelasannya.



1. Adat disi, forum dituang

Artinya, melakukan sesuatu dari norma serta norma.adat adalah dalam norma sementara lembaga mempunyai enam penerangan.lembaga yg digunakan dalam peribahasa ini memiliki arti  pola konduite manusia yg mapan, terdiriatas hubungan sosial berstruktur pada suatu kerangka nilai yg relevan (Lihat KBBI Pusat Bahasa Edisi Keempat page 808).

Jadi, maksud menurut peribahasa adat diisi, lembagadituang adalah bila seorang sudah diisi dengan nilai-nilai luhur sebuahadat tradisi maka dia akan menuangkan atau mencerminkan orang yang baik tingkahlakunya sinkron menggunakan istiadat norma yg diajarkan.

2. Adat bersendi syarak, syarak bersendi adat

Artinya, segala pekerjaan hendaknya  selalu mengingat atuaran norma dan aturanagama. Jangan hingga tindakan yg dilakukan bertentangan dengan aturan yangberlaku. Lantaran tidak mungkin norma yang baik bertentangan menggunakan syarak atausyariat islam, begitu pula menggunakan anggaran agama Islam pasti menghargai aturanadat yang berlaku dalam rakyat selama tidak bertentangan menggunakan hal pokokajaran agama.

3. Adat gajah terdorong

Artinya, orang yg berkuasa umumnya terdorong untukmelaksanakan kekuasaannya. Kata gajah pada peribahasa tersebut mewakili orangyang akbar serta bertenaga  (memiliki kuasa).terdorong yang dimaksud adalah terdorong buat melakukan kesalahan denganmenyalahgunakan kekuasaannya. Peribahasa ini dibenarkan sang Lord Acton yangmengatakan bahwa penguasa cenderung korupsi.


4. Adat lama pusaka usang

Artinya, adat yang nir berubah-bubah semenjak dahulu.peribahasa ini dipakai buat menggambarkan kondidi atuaran atau norma istiadatyang tidak berubah meskipun perkembangan zaman sudah sangat cepat.

5. Adat periuk bergerak, istiadat lesung bededak

Artinya, jika ingin mendapatkan penghasilan ataupendapatan maka wajib bekerja keras. Periuk merupakan alat buat menanak nasi.sementara lesung merupakan alat buat menumbuk padi. Dedak merupakan serbuk pembungkusbiji beras sesudah ditumbuk di lesung. Maksud peribahasa ini merupakan apabila inginbisa menanak nasi (periuk berkiprah) maka lesung wajib terlebih dulu berdedak(dipakai buat menumbuh padi). Jadi wajib kerja dulu baru bisa makan.

6. Adat sepanjang jalan, cupak sepanjang betung

Artinya, tiap –tiap perbuatan terdapat peraturannya,tiap—tiap negeri mempunyai peraturan dan norma sendiri-sendiri. Cupak adalahalat ukur atau takaran. Betung merupakan bambu yg ukuran akbar. Artinyasegala sesuatu terdapat ukurannya masing-masing.

7. Hidup dikandung tata cara, mangkat dikandung tanah

Artinya,  setiaporang wajib sanggup menaati norma selama hidupa dan ingat bahwa dia akan tewas.maksudnya selama seorang masih hidup harus mampu menyesuaikan dengan kondisilingkungan sekitarnya. Karena setelah meninggal sudah tidak mampu berbuat apa-apalagi.

8. Hilang norma, tegal mufakat

Artinya norma aturan yg telah usang mampu diubahkarena ada kesepakan (permufakatan) yang baru. Kata tegal yg digunakan dalamperibahasa ini memiliki arti ‘lantaran’. Lihat KBBI halaman 1418.

9. Adat muda menanggung rindu, adat tua menahan ragam

Artinya orang yg tertimpa sesuatu (takdir) tidakbisa menghindar serta mengelak. Harus tabah menghadapi. Maksudnya adsalah anakmuda pasti mempunyai serta pernah merasakan rindu ad interim generasi tua harusbisa menunda segala ragam hasrat.

10. Habis norma akarean kerelaan

Artinya adat dapat diubah asalkan para anggotamasyarakatnya setuju dan rela mengubahnya atas persetujuan bersama. Peribahasaini searti dengan peribahasa angka 8.

11. Sudah memakai adat

Artinya sudah beristri, atau telah berumah tangga.memakai istiadat maksudnya adalah menggenapi dan telah bertanggung jawab terhadapkehidupannya. Orang yang sudah memiliki tanggung jawab merupakan orang yang sudahberumah tangga.

12. Adat bernegeri memagar negeri, norma berkampungmemagar kampung

Artinya orang yang suka berkorban buat negeri danbangsanya. Maksud lain berdasarkan peribahasa ini merupakan orang yang rela berkorbanterhadap lingkungannya. Jika mampunya adalah menolong orang senegeri maka iaakan menolong dengan kekuatannya orang senegeri. Sementara jika hanya sanggup menolong(melindungi/memagar) orang sekampung, cukup juga menolong orang sekampung saja.

13. Adat air cair, istiadat api panas

Artinya sesuatu mempunyai sifat yg tidak sinkron-bedasesuai menggunakan kondisi masing-masing. Tidak perlu memaksakan kehendak kepadaorang yg tidak sependapat.

14. Habis tata cara kerelaan

Artinya sama menggunakan peribahasa nomor 10, bedanya hanyapenghilangan istilah karena.



Demikian contoh peribahasa mengenai norma beserta artidan penjelasannya. Peribahasa lainnya dapat dibaca dalam label : PERIBAHASA

Comments