ADA ARTI PERIBAHASA YANG MENGANDUNG KATA ADA

Ada Arti Peribahasa yg MengandungKata “Ada”


Berikut ini adalah model-model peribahasayang mengandung istilah  “ada” di dalamnya:

Ada gula ada semut


Arti peribahasa pada atas merupakan orang yangkaya pasti banyak kawannya. Gula melambangkan sesuatu yang anggun. Adanya gula(pada kehidupan konkret) selalu diikuti dengan semut di sekitarnya. Jadi, semutdiasosiasikan menjadi insan. Ketika sesorang punya banyak uang, niscaya banyakorang yang tiba kepada orang tadi. Kebutuhan manusia kepada uang, samahalnya kebutuhan semut kepada gula yaitu untuk makan. Sangat membutuhkan untukbertahan hidup.

Ada air, terdapat ikan



Arti peribahasa pada atas adalah di manapunmanusia berada niscaya akan menemukan rejeki. Adanya ikan, niscaya membutuhkan airuntuk bertahan hayati. Adanya air, menandakan bahwa adanya ikan pada dalam airtersebut. Ikan jua merupakan galat satu sumber kuliner, bahkan sumber matapencaharian (nelayan). Di mana terdapat air (tentunya pada jumlah yg banyak)mengindikasikan ada ikan (kuliner/ rejeki) di tempat tadi.

Ada padang, ada belalang


Arti peribahasa pada atas, sama halnya denganperibahas ada air, ada ikan. Dalam padang yg luas, tentu ada  belalang. Belalang hidupnya pada rerumputan dipadang yg luas.

Ada batang, ada cendawan, ada cendawantumbuh



Arti peribahasa di atas pada dasarnya samasaja dengan peribahasa sebelumnya. 

Comments