ABU ARTI PERIBAHASA YANG MENGANDUNG KATA ABU

Abu Arti Peribahasa yang MengandungKata “Abu”


Berikut ini adalah contoh-model peribahasayang mengandung istilah “abu”

Seperti abu pada atas tunggul

Arti peribahasa di atas adalah keadaantidak tetap dan dengan gampang dapat terhalau (tercampak). Peribahasa inimenggambarkan keadaan suami dalam tempat tinggal tangga pada keluarga istri pada wilayahMinangkabau.

Sudah jadi abu arang

Arti peribahasa pada atas merupakan kondisi ataukeadaan yg sudah rusak parah serta nir bisa ditolong. Jadi abu arang maksudnyasudah terbakar hingga tidak tersisa. Adapun yg tersisa adalah bekas musibah(kebakaran).

Terpegang di abu hangat


Arti peribahasa di atas adalah orang yangbaru memulai suatu pekerjaan tetapi telah mendapatkan musibah. Abu hangat mewakilisesuatu yang tidak nyaman. Kondisi abu hangat menunjukkan bahwakeadaan yg disangkat nir berbahaya. Kata terpegang menandakan tidaksengaja memegang.

Kalah jadi abu, menang jadi arang


Arti peribahasa pada atas merupakan sama-samatidak terdapat yang diuntungkan, seluruh akan menjadi pihak yg kalah. Abu adalahsisa pembakaran, begitu pula menggunakan arang, pula merupakan sisa pembakaran.jadi, meskipun menang (apalagi kalah) sama-sama menjadi korban. Peribahasa inidigunakan buat mengingatkan bahwa tidak aka nada pihak yang diuntungkan darisebuah pertengkaran. Pihak yang bertengkar niscaya mengalami kerugian.

Beridiang pada abu dingin

Arti peribahasa pada atas merupakan tidakmendapatkan apa-apa. Berdiang adalah tindakan menghangatkan badan menggunakan caramendekatkan diri kepada barah. Tetapi karena berdiang di abu yang dingin, makatindakan berdiangnya tidak membuahkan output. Peribahasa ini dipakai untukmenggambarkan syarat ketika bertamu tetapi tidak mendapatkan suguhan samasekali menurut tuan rumah. Maka,  disebutmeskipun sudah berkunjung tidak pula mendapatkan sesuatu (suguhan).

Jadi abu arang

Arti peribahasa di atas adalah telah usingatau telah basi. Kata abu serta arang (seperti penerangan sebelumnya) menunjukkanbahwa sesuatu yg sudah mengalami pembakaran. Maka sesuatu tadi sudahtidak lagi bermanfaat karena memang tidak lagi sanggup digunakan. Peribahasa tersebutdigunakan buat menggambarkan pembicaraan yg tidak bermanfaat.


Peribahasa yang mengandung istilah abu, seringkali bersanding juga menggunakan kata arang. Kedua hal tadi merupakan hal yangtidak sama tapi serupa.


Demikian penerangan mengenai peribahasa yangmengandung abu. Silahkan baca juga penerangan tentang peribahasa danpengertiannya dalam artikel yang lain.

Comments