A FAMOUS FIGURES ANAXIMENES



Anaximenes(dalam bahasa Yunani: Άναξιμένης) menurut Miletus (kurang lebih 585 - 528 SM) adalahseorang filsuf Yunani pra-Sokrates, yang ketiga menurut filsuf Ionia (yg pertamaadalah Thales dan ke 2 Anaximander atau Anaximandros). Dia merupakan masyarakat Miletus serta muridAnaximander atau Anaximandros .
Anaximenesterkenal karena doktrinnya bahwa udara adalah asal segala sesuatu. Dalamliteratur Yunani awal, udara dikaitkan menggunakan jiwa (nafas kehidupan). Dengancara ini, beliau tidak sama dengan pendahulunya seperti Thales, yg menduga bahwaair adalah sumber segala sesuatu, dan Anaximander, yg menerka bahwa segalasesuatu asal dari barang tidak terbatas yang tidak terbatas.
Dalamilmu fisika, Anaximenes merupakan orang Yunani pertama yg membedakan secarajelas antara planet serta bintang, dan dia memakai prinsip-prinsipnya untukmemperhitungkan banyak sekali kenyataan alam, misalnya petir serta petir, pelangi, gempabumi, dll.
Kehidupan

Tidakada yg diketahui mengenai kehidupannya berdasarkan Anaximenes, selain dia merupakan anakEurystratos dari Miletus, dan adalah siswa atau pendamping Anaximander. Adayang mengatakan bahwa dia pula murid Parmenides menurut Elea, meskipun inisepertinya nir mungkin. Dia hayati setidaknya untuk sebagian hidupnya di bawahpemerintahan Persia, dan karenanya dia mungkin sudah menyaksikan pemberontakanIblis terhadap pendudukan Yunani. Ada beberapa bukti menurut surat-surat bahwa diaberkomunikasi dengan Pythagoras, walaupun terdapat imbas pada perkembanganfilosofis Pythagoras.
adalah udara

MenurutDiogenes Laërtius (seorang penulis biografi filsuf Yunani, yg tinggal di abadke 2 atau tiga M.), Anaximenes menulis pandangan filosofisnya dalam sebuah buku,yang bertahan menggunakan baik sampai dalam periode Helenistik, walaupun tidak adayang tersisa berdasarkan ini.
Sepertifilsuf Milesian lainnya pada hadapannya, perhatian utama Anaximenes adalah untukmengidentifikasi satu sumber dari segala sesuatu di alam semesta (Monisme).thales, Milesian paling awal, telah mengambil ini sebagai air. Anaximandermuridnya sedikit menyiratkan hal ini, menggunakan alasan bahwa tidak ada unsurtunggal yg bisa menyebutkan secara memadai seluruh hal yg antagonis yangditemukan di alam, dan mengemukakan solusi berdasarkan massa primordial tak berujungdan tidak terbatas yg dia sebut "apeiron".
MenurutAnaximenes, bumi adalah cakram yg luas, mengambang pada udara yang melingkar.matahari serta bintang, dia pegang, dibuat sang proses pengondisian danpengharaman yang sama, dan sifat api menurut badan-badan ini hanyalah karenakecepatan gerakan mereka. Dia pula menggunakan prinsip-prinsipnya untukmenjelaskan banyak sekali fenomena alam: guntur dan kilat akibat angin yang pecahdari awan; Pelangi merupakan output sinar matahari yang jatuh di atas awan; Gempabumi ditimbulkan oleh retak bumi waktu mengering selesainya dibasahi oleh hujan;hujan es merupakan hasil dari air hujan beku; dll.
lihat juga : kebajikan tertinggi
Anaximenesjuga menyamakan prinsip materi pertama dengan yang yang kuasa, sehingga secaraefektif "udara adalah Tuhan", keduanya tak terbatas serta kekal. Dengandemikian, jajaran yang kuasa-dewa Yunani hanyalah afiksasi udara yg sahih-benarilahi. Demikian pula, jiwa individu pula terdiri menurut udara (atau napas), danmenahan kita bersama-sama menggunakan cara yang sama seperti udara meliputi seluruhdunia.
baca pula: akibat senang

Comments