9 PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM KESETARAAN PAKET A B C
Kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran serta acara pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yg berisi rancangan pelajaran yg akan diberikan pada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan serta kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tadi serta kebutuhan lapangan kerja. Lama waktu pada satu kurikulum umumnya diubahsuaikan menggunakan maksud dan tujuan berdasarkan sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan buat dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yg dimaksudkan dalam aktivitas pembelajaran secara menyeluruh.
Dalam Permen Diknas No. 14 tahun 2007 Tentang Standar Isi buat Program Paket A, B dan C. Kurikulum buat pendidikan kesetaraan ini dikembangkan dari prinsip-prinsip beriukut ini :
1. Berpusat dalam potensi, perkembangan, kebutuhan, serta kepentingan siswa serta lingkungannya
Kurikulum dikembangkan dari prinsip bahwa peserta didik mempunyai potensi sentral buat mengembangkan kompetensinya agar sebagai insan yg beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan sebagai masyarakat negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tadi pengembangan kompetensi peserta didik diadaptasi menggunakan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan tuntutan linkungan.
2. Beragam dan terpadu
Kurikulum dikembangkan menggunakan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, syarat wilayah, dan jalur, jenjang dan jenis pendidikan, tanpa membedakan agama, suku, budaya serta istiadat adat, dan status sosial ekonomi dan gender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan serta kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.
3. Tanggap terhadap perkemangan ilmu pengetahuan, teknologi serta seni
Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi serta seni berkembang secara bergerak maju, serta sang karena itu semangat dan isi kurikulum mendorong peserta didik buat mengikuti serta memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Menjamin relevansi acara Paket A, Pekt B, serta Paket C dengan kebutuhan kehidupan pada dalamnya kehidupan warga , global usaha serta global kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan langsung, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, serta keterampilan vokasional mutlak harus dilaksanakan.
5. Menyeluruh serta berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan serta mata pelajaran yang direncanakan dan tersaji secara berkesinmabungan antara seluruh jenjang pendidikan.
6. Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan pada proses pengembangan, pembudayaan serta pemberdayaan siswa yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal serta informal, menggunakan memperhatikan syarat dan tuntutan lingkungan yg selalu berkembang dan arah pengembangan manusia seutuhnya.
7. Seimbang antara kepentingan nasional serta daerah
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional serta kepentingan wilayah buat membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan wilayah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan menggunakan motto BhinekaTunggal ika serta kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
8. Tematik
Kurikulum dikembangkan menggunakan mengorganisasikan pengalaman-pengalaman secara menyeluruh serta tema-tema kontekstual yang mendorong terjadinya pengalaman belajar baru yang meluas dan tidak tersekat-sekat oleh pokok-utama bahasan sehingga bisa mengaktifkan mental peserta didik sekaligus aktifitas sosial yang menumbuhkan kerja sama.
9. Partisipatif
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan supaya tercipta rasa mempunyai serta bertanggungjawab pada melaksanakannya.
Demikianlah mengenai kurikulum serta prinsip-prinsip Pengembangan kurikulum program kesetaraan Paket A, Pekt B, dan Paket C, semoga bermanfaat, terimakasih.
Sumber Referensi :
- Wikipedia ; //id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum
- Permen Diknas No. 14 tahun 2007 Tentang Standar Isi buat Program Paket A, B dan C
Comments
Post a Comment