6 LANGKAH CARA MERUBAH PCB ELEKTRIK KULKAS TIMER DEFROST

Apa mampu kulkas menggunakan modul elektrik PCB pada rubah memakai defrost timer ?
Hal ini acapkali dipertanyakan dalam banyak orang yg ingin merubah kelistrikan kulkas dengan modul PCB elektrik ke model menggunakan TIMER DEFROST KULKAS dua PINTU ( NO FROST ) sebagai pengatur saat proses pencairan bunga es.
Merubah sistem kelistrikan pada kulkas nofrost elektro sistem ke sistem timer karena sulitnya menerima modul pcb elektrik atau karena porto merubah timer defrost lebih murah, menganti modul pcb elektrik ke timer defrost menjadi solusinya.

Apa saja yg harus dipersiapkan buat merubah kulkas modul PCB elektrik ke kulkas defrost timer ?

Untuk merubah kelistrikan kulkas modul PCB elektrik ke manual defrost timer, bahan yg perlu di persiapkan merupakan :
1. DEFROST TIMER


2. DEFROST THERMO / BIMETAL


3. THERMOSTAT FREEZER / CHILLER

Gunakan thermostat freezer, buat penempatan didalam ruang freezer atau gunakan thermostat chiller buat penempatan diruang pintu bawah ( chiller ) atau bisa juga menggunakan thermostat yg masih cantik dan lakukan setting thermostat buat menempatkan disemua ruangan, caranya mampu lihat postingan
Untuk heater serta thermo fuse sanggup menggunakan bawaan kulkas tersebut, asalkan menggunakan arus listrik 220 volt.
Langkah penggantian modul PCB kulkas ke motor defrost timer
Dalam kesempatan ini aku akan merubah modul PCB elektrik kulkas ke defros timer 1-tiga, jadi pakai defrost timer 1-3 buat merubahnya.
Timer defrost 1-3 merupakan arus listrik motor timer defros terletak pada pin nomer 1 dan tiga, jika Anda galat memakai timer 1-4 letak pin arus listrik motor timer ada pada pin 1 dan 4
Langkah pertama
Lepaskan kabel dari modul PCB Elektrik yang menuju ke overload compressor, pasang ke pin 4 dalam defrost timer.
Langkah kedua
Lepaskan kabel menurut modul PCB yang menuju ke heater, lalu pasang ke pin 1 defrost timer.
Langkah ketiga
Buka cassing epilog evaporator dan cari kabel heater yg menuju pin 1 defrost timer, kemudian potong serta gabungkan ketiga kabel dengan defrost thermo / bimetal.

Langkah keempat
Kabel defrost thermo / bimetal satunya pasang ke pin 2, buat kabel thermo fuse satunya sambung ke line listrik yg menuju PTC Relay motor compressor.
Langkah ke lima
Untuk motor blower kipas abaikan kabel yg menuju ke switch pintu, potong kabel yg satunya dan gabungkan kabel overload ke pin 4.
Langkah ke enam
Memasang thermostat menggunakan cara menempatkan ke pengaturan suhu bawaan, buat kabel thermostat hubungkan pangkas sambung kabel yang menuju overload dan ke pin 4 menjadi saklar suhu. Memasang pengaturan suhu ( thermostat ) sangat krusial karena menjadi pengatur suhu ruang serta buat mengurangi kerja mesin compressor. Saya seringkali menemukan kasus mengganti modul PCB Elektrik ke timer defrost tanpa menggunakan thermostat serta terjadi penyumbatan bunga es pada jalur udara pendinginan pada waktu beberapa minggu dan hal ini pula dapat berbengaruh terhadap umur mesin compressor lantaran harus kerja sinkron timer bukan sesuai suhu.
Nah kini coba hidupkan kulkas tersebut, dan jreeeeeeng kulkas nyala dengan normal menggunakan defrost timer sebagai pengatur pencairan bunga es.
Mudahkan merubah modul PCB elektrik ke manual defrost timer,,,,.
Selamat mencoba, semoga sukses

Comments