3 MODEL PEMBELAJARAN PENGERTIAN DAN LANGKAHLANGKAHNYA

Berikut ini merupakan penerangan tentang model-model pembelajaran.

Model pembelajaran yg akan dibahas pada tulisan ini merupakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam bahasa Inggris dianggap menggunakan Project Based Learning. Model pembelajaran yang kedua merupakan Model Pembelajaran Penemuan dalam bahasa Inggris Discovery Learning. Model  pembelajaran ketiga yang dibahas merupakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 

Berikut ini merupakan pengertian-pengertian contoh pembelajaran di atas:

Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Model pembelajaran yang melibatkan siswa pada suatu aktivitas (proyek) yg menghasilkan sebuah produk. Keterlibatan anak didik mulai menurut merencanakan, menciptakan rancangan, melaksanakan, serta melaporkan hasil aktivitas berupa produk dan laporan pelaksanaanya.

Pengertian Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
Adalah teori belajar yg didefinisikan menjadi proses pembelajaran yg terjadi apabila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran pada bentuk finalnya, namun dibutuhkan mengorganisasi sendiri.siswa wajib menemukan keterangan baru yg disediakan sang pengajar. 

Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning /PBL)
Adalah proses pembelajaran pada kurikulumnya, dibuat perkara-kasus yg menuntut peserta didik mendapat pengetahuan penting, yang menciptakan mereka mahir pada memecahkan kasus, dan memiliki contoh otodidak serta mempunyai kecakapan berpartisipasi dalam tim. Proses pembelajarannya menggunakan pendekatan yang sistemik untuk memecahkan perkara atau menghadapi tantangan yang nanti diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, dijelaskan langkah-langkah pembelajaran berdasarkan contoh pembelajaran.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Penemuan

a. Menentukan tujuan pembelajaran.
b. Melakukan identifikasi ciri siswa
c. Memilih materi pelajaran.
d. Menentukan topik-topik yang harus dipelajari murid secara
e. Mengembangkan bahan-bahan belajar yang berupa model-contoh, gambaran,
    tugas serta sebagainya buat dipelajari murid.
f. Mengatur topik-topik pelajaran berdasarkan yang sederhana ke kompleks, dari yang
    nyata ke abstrak, atau berdasarkan termin enaktif, ikonik hingga ke simbolik.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Langkah-langkah model pembelajaran berbasis perkara merupakan menjadi berikut:

Inti dari  dari proses pembelajaran berbasis masalah adalah melakukan penilaian proses dan output belajar murid. Adapun langkah-langkahnya mencakup sebagai berikut:
a. Stimulation (anugerah rangasangan terhadap anak didik mengenai perkara yang akan diselesaikan).
b. Problem statement (Identifikasi masalah/rumusan perkara).
c. Data collection (Pengumpulan data, kegiatan mengumpulkan warta sinkron menggunakan masalah yang sedang dibahas).
d. Data Processing (Pengolahan data, aktivitas memasak data dan warta yg telah diterima)
e. Verification (Verifikasi, yaitu pembuktian kasus serta hipotesa yang disusun sesuai menggunakan data yg telah diolah).
f. Generalization (Menyimpulkan, kegiatan menarik kesimpulan sesuai menggunakan masalah serta data yg diperoleh).

Langkah-langkah Model Pembelajaran Proyek

Fase 1 Orientasi peserta didik pada masalah.
Fase dua Mengorganisasikan siswa.
Fase tiga Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.
Fase 4 Mengembangkan serta menyajikan hasil karya
Fase lima Menganalisis  serta mengevaluasi proses pemecahan masalah

Comments