3 CARA SETTING THERMOSTAT KULKAS FREEZER SHOWCASE

SETEL ULANG THERMOSTAT KULKAS FREEZER SHOWCASE BARU ATAU BEKAS

Thermostat adalah suatu alat yg berfungsi buat mengatur suhu agar selalu permanen setabil sinkron yg pada harapkan. Thermostat poly yg digunakan ke sebuah lemari pendingin seperti kulkas, freezer, serta showcase.

Fungsi berdasarkan thermostat sendiri sangat penting buat lemari pendingin, lantaran berperan sebagai saklar automatic buat menyambung serta memutus arus listrik ( on / off ) mesin compresor sesuai suhu yang ditetapkan.
Termostat berasal menurut istilah Yunani termos “panas” dan statos “berdiri”. Termostat bekerja menggunakan cara beralih berdasarkan pemanasan atau pendingin suatu indera atau mengatur genre perpindahan panas fluida yg diperlukan, buat menjaga suhu yang sahih.
CARA MENYETING THERMOSTAT KULKAS FREEZER SHOWCASE
Menyetel thermostat selain memutar dalam setelan thermostat terdapat lagi setelan yang spesifik buat teknisi menambah setelan suhu, hal ini umumnya dilakukan pada waktu pergantian thermostat baru.

Mengapa demikian.......?
Pada pengantian thermostat baru umumnya kita mendapatkan thermostat yang tidak sinkron menggunakan suhu yg sesungguhnya, yaitu suhu dimana pada suatu pendingin diperlukan suhu dibawah 0°.
Penyetelan ulang dalam thermostat ini bermanfaat buat menyetel putaran suhu supaya sesuai menggunakan apa yang diharapkan

Pada gambar diatas merupakan contoh thermostat pada lemari pendingin.
Untuk mengetahui gimana cara menyetelan thermostat pada lemari pendingin sebagai berikut,
1. Menyetel Thermostat kurang dingin / tidak dingin
Menyetel thermostat yang kurang dingin padahal setelan suhu sudah maksimal yaitu menggunakan cara memutar baut ring suhu berlawanan arah jarum jam. Putarlah baut range blub dengan 1/2 putaran kemudian tunggu hasilnya, kalau masih belum pas, silahkan putar setengah bulat pulang arah berlawanan jarum jam.

2. Menyetel Thermostat yang terlalu dingin
Menyetel thermostat yang terlalu dingin hingga bunga es pada evaporator terlalu cepat tebal dengan cara kebalikan menggunakan cara diatas, yaitu menggunakan cara memutar arah jarum jam setengah bulat dalam baut range blub suhu. Tunggu hasilnya dahulu, jika belum pas sinkron menggunakan yg diharapkan yaitu mesin compressor tidak mau tewas ketika suhu tercapai. Silahkan putar pulang searah jarum jam sebanyak setengah bulat.

3. Menyetel Thermostat buat memperpanjang usang waktu  compressor hayati balik .
Cara menyetel thermostat agar compresor tidak cepat hayati pulang menggunakan cara memutar baut diferential yang letaknya pada dekat pin soket thermostat. Waktu jarak compresor hayati pulang normalnya kurang lebih 10 mnt hingga 15 menit. Hal ini buat menaruh saat agar tekanan gas refrigrant balik seimbang agar mesin compresor pada saat hayati kerjanya tidak terlalu berat.

Demikian semoga berguna bagi anda yang binggung cara menyetel thermostat kulkas, freezer atau Showcase baru / bekas yg tidak sinkron menggunakan suhu yang dibutuhkan.
INGAT.....!!! Penempatan letak pengatur suhu ( thermostat ) yang salah akan menghipnotis taraf keberhasilan dalam penyetelan thermostat.
Selamat mencoba, semoga sukses.

Comments