1001 CARA PERBAIKI GANGGUAN KERUSAKAN KULKAS

CARA MUDAH MEMPERBAIKI SEGALA KERUSAKAN PADA KULKAS


Cara memperbaiki sebuah lemari pendingin kulkas ternyata sangat mudah apabila mengetahui cara kerja teknik pendingin kulkas freezer chiller ataupun showcase, sebelum mengulas cara memperbaiki gangguan kerusakan pada kulkas akan aku beritahu gimana sih cara kerja lemari pendingin kulkas.


CARA KERJA PADA LEMARI PENDINGIN KULKAS
Cara kerja kulkas dalam intinya sama semua, yg membedakan hanyalah letak serta asesoris yang ada pada lemari pendingin kulkas tersebut.

Disini akan saya jelaskan inti berdasarkan kerja lemari pendingin kulkas pada proses pendinginan dalam ruang pendinginan freezer atau chiller.


CARA KERJA LEMARI PENDINGIN KULKAS 1 ( SATU ) PINTU
Cara kerja lemari pendingin pada kulkas 1 pintu cukup sederhana di banding dengan lemari pendingin lainnya, lantaran komponen didalam selain compressor hanya terdapat sebuah thermostat untuk mengatur suhu ruangan.
Komponen pada kulkas 1 satu pintu yaitu :
  1. Mesin compressor
  2. PTC Relay
  3. Overload
  4. Thermostat

Komponen sistem pemipaan gas freon refrigerator dalam kulkas 1 pintu :
  1. Pipa discharge ( pipa keluar berdasarkan mesin compressor ).
  2. Pipa kondensor ( pipa berfungsi buat proses kondensasi / merubah gas ke cair ).
  3. Pipa kapiler ( pipa buat mengurangi tekanan gas ).
  4. Filter ( sebagai penyaring kotoran menurut compressor dan kondensor ).
  5. Pipa evaporator ( pipa berfungsi buat merogoh kalor dari ruang pendinginan ).
  6. Pipa suction ( hisap menurut evaporator ke mesin compressor ).

Cara kerja kulkas 1 satu pintu menjadi berikut ;
Pada saat kulkas dihubungkan ke arus listrik dan pengatur suhu thermostat pada syarat ON, maka mesin compressor mulai bekerja memompa gas refrigrant menuju pipa discharge. Gas freon refrigrant selanjutnya menuju pipa kondensor serta menuju filter serta pipa kapiler, lantaran pipa kapiler yang begitu kecil dan memiliki diameter lubang sangat kecil yaitu 0,28 mm maka dipipa kondensor gas freon mengalami pemampatan pada pipa kondensor.
Gas freon mengalami perubahan kalor akibat pemampatan di pipa kondensor, kalor / tenaga panas terbuang keluar dan mengalami pengembunan, gas mengembun serta menuju ke filter untuk disaring menurut segala kotoran yg ikut terbawa berdasarkan compressor serta kondensor.
Gas freon refrigrant yg berubah menjadi cair masuk ke saringan serta menuju pipa kapiler dengan tekanan masih tinggi.
Gas freon refrigrant masuk kepipa kapiler yg tidak mengecewakan panjang sekitar 180 centimeter mengalami penurunan tekanan.
Gas freon cair keluar dari pipa kapiler masuk ke pipa evaporator, lantaran pipa evaporator begitu akbar diameter lubang dibanding pipa kapiler maka gas cair berubah sebagai gas balik .
Perubahan berdasarkan gas cair pulang sebagai gas sembari membawa tenaga kalor berdasarkan pipa evaporator dan ruang pendinginan menuju pipa suction, akibatnya suhu pipa dan ruang evaporator menurun ( dingin ).
Selanjutnya gas menurut pipa suction pada hisap ke mesin compressor buat pada pompa pulang ke pipa discharge, kondensor, filter, kapiler, evaporator dan suction secara berulang hingga suhu pada ruang pendinginan tercapai.
Bila suhu ruang tercapai sesuai menggunakan pengaturan suhu ( thermostat ) maka thermostat memutus arus listrik ke mesin compressor buat menghentikan mesin compressor.
Mesin compressor akan bekerja kembali apabila menerima arus listrik ketika suhu thermostat naik dan terhubung.
Apa penyebab kulkas 1 satu pintu nir dingin ?

Penyebab kulkas 1 satu pintu nir dingin merupakan sebagai berikut :
  1. Mesin compressor meninggal, mesin compressor meninggal mampu ditimbulkan arus listrik nir ada atau bisa pula disebabkan kumparan motor putus / rusak.
  2. Overload putus / rusak mengakibatkan mesin compressor tewas, lantaran arus listrik akan terputus.
  3. PTC Relay rusak, kerusakan dalam PTC Relay menyebabkan compressor tidak bisa bekerja menggunakan karakteristik-ciri mesin compressor hanya berdenggung dan panas, selanjutnya Overload bekerja memutus arus listrik buat melindungi menurut kerusakan dalam kumparan motor compressor.
  4. Pengatur suhu ( thermostat ) rusak pada syarat nir terhubung. Letak Thermostat adalah dipengaturan suhu tersebut. Tanda kerusakan dalam thermostat adalah arus listrik nir hingga ke mesin compressor.
  5. Terjadi kebuntuan gas freon ( refrigrant ).
  6. Kulkas nir dingin akibat terjadi kebocoran dalam jalur gas freon ( refrigrant ).

Apa yang menyebabkan kulkas 1 satu pintu kurang dingin ?

Penyebab kulkas 1 satu pintu kurang dingin atau dingin tidak beku merupakan menjadi berikut ;
  1. Pipa jalur gas freon ( refrigrant ) hampir buntu atau terdapat penyempitan jalur gas.
  2. Oli naik ke pipa evaporator, penyebabnya sanggup jadi dampak listrik nir setabil, jalur gas terganggu atau akibat membawa / memindah kulkas menggunakan cara membawa miring atau posisi tidur.
  3. Pintu tidak rapat yg disebabkan karet pintu rusak, magnet pintu sudak nir berfungsi menggunakan baik atau lantaran engsel pintu rusak dampak baut kendor atau engsel pintu kropos berkarat.

Untuk cara kerja kulkas 2 dua pintu sama halnya misalnya pada kulkas 1 satu pintu, perbedaannya terletak pada tempat pipa evaporator yang terdapat pada ruang freezer serta tertutup oleh cassing penutup menggunakan lubang jendela udara dari kipas blower yang berfungsi buat menyirkulasikan suhu dingin dalam evaporator di sebarkan keseluruh ruang pendinginan melalui jalur udara baik ruang pintu atas ( freezer ) atau ruang pintu bawah ( chiller ).
Untuk lemari pendingin kulkas 2 pintu nofrost telah dilengkapi komponen untuk mencairkan bunga es yang berada pada ruang evaporator khususnya bunga es pada pipa evaporator secara otomatis.
Komponen dalam kulkas dua 2 pintu yaitu :
  1. Pengatur suhu ( Thermostat ).
  2. Defrost Timer
  3. Thermo Defrost
  4. Thermo fuse
  5. Defrost Heater
  6. Motor kipas blower
  7. PTC Relay
  8. Overload

Cara kerja kulkas 2 2 pintu menjadi berikut :
Pada saat listrik dihubungkan ke lemari pendingin kulkas, compressor mulai memompa gas freon ke pipa discharge dan seterusnya misalnya cara kerja kulkas satu pintu diatas.
Untuk letak perbedaannya pada kulkas dua pintu terdapat Defrost timer yg berfungsi mengatur proses pendinginan serta proses pencairan bunga es setiap 7 jam sekali.
Ketika kulkas dihidupkan compressor bekerja dan sistem gas refrigrant berjalan maka defrost timer mulai berputar dan pada ketika suhu ruang evaporator kurang lebih kurang menurut 13 derajat maka thermo defrost mulai terhubung dan dalam saat timer defrost berpindah ke proses pencairan bunga es dipipa evaporator maka motor kipas blower, mesin compressor serta defrost timer berhenti bekerja, hanya defrost heater yg bekerja memanaskan bunga es diruang evaporator agar mencair.
Setelah bunga es mencair, maka thermo defrost memutus arus serta motor timer defrost pulang bekerja buat menuju proses pendinginan, yaitu kembali mesin compressor hidup memompa gas, motor kipas blower berputar menyirkulasikan udara dingin menurut evaporator keseluruh ruang baik ruang freezer juga chiller.
Pada saat ruang chiller suhu sekitar tiga-10 derajat sesuai setelan suhu ruang chiller maka pintu penghubung keruang freezer menutup dan balik membuka waktu suhu naik.
Untuk ruang freezer masih proses mendinginkan ruang sampai suhu minus sekitar -10 hingga -20 derajat sesuai setelan suhu dalam thermostat. Jika suhu tercapai maka thermostat memutus arus ke mesin compressor buat menghentikan kerja mesin compressor, tetapi motor kipas blower permanen berputar dan motor compressor akan bekerja memompa gas buat proses pendinginan waktu suhu ruang freezer naik.
Kerusakan yg acapkali terjadi pada kulkas dua dua pintu
KULKAS TIDAK DINGIN BAIK RUANG FREEZER MAUPUN CHILLER / RUANG PINTU ATAS DAN RUANG PINTU BAWAH TIDAK DINGIN.
KULKAS KURANG DINGIN / TIDAK BISA BEKU PADA RUANG FREEZER.
RUANG CHILLER / PINTU BAWAH PADA KULKAS TIDAK DINGIN.
RUANG CHILLER KULKAS / RUANG PINTU BAWAH KULKAS DUA PINTU DINGIN SAMPAI BEKU.


PENYEBAB KULKAS dua DUA PINTU TIDAK DINGIN
Penyebab kulkas dua dua pintu nofros tidak dingin sama sekali banyak kemungkinan terjadi, buat itu Sobat harus teliti pada mendeteksi apa yang menjadi penyebab kulkas nir dingin.
Berikut ini langkah mendeteksi kerusakan dalam kulkas dua dua pintu nir dingin.
Langkah Pertama
Untuk mengetahui jenis kerusakan pada alat pendingin refrigerator kulkas tidak dingin, hal yang pertama yang perlu anda ketahui adalah apakah mesin compressor bekerja atau tidak. Langkah ini sangat penting sekali karena mesin compressor ibarat jantungnya alat pendingin ( refrigerator ).
Cek mesin compressor bekerja atau tidak serta cek sekalian berapa amper daya yg dipakai, masih sebatas normal atau nir.
Bila mesin compressor mati, cek arus listrik mesin compressor, jika ada arus ke mesin compressor tetapi tidak nyala sobat mampu cek Overload dan PTC Relay yang terletak menempel pada terminal pin compressor, tetapi bila mesin compressor nyala tetapi dalam pipa evaporator yg terdapat pada ruang pintu atas tidak dingin atau nir ada bunga es kemungkinan penyebabnya gas mengalami kebocoran atau kebuntuan.

Langkah Kedua
Bila arus listrik ke mesin compressor nir terdapat, lanjutkan cari letak defrost timer. Letak defrost timer berada dibelakang kulkas tepatnya pojok sebelah kiri dari mesin compressor, tetapi sebagian merek kulkas terdapat yang meletakkan defrost timer kulkas didalam ruang pintu bawah ( ruang chiller ).
Putar defrost timer pelan-pelan kearah kebalikan jarum jam hingga bunyi klik serta lihat apakah mesin compressor bekerja atau nir, bila mesin compressor bekerja telah dipastikan kerusakan sanggup jadi dalam komponen pencairan bunga es yaitu defrost heater, thermo fuse atau dari defrost timer itu sendiri.
Langkah Ketiga
Cara mengecek defrost heater serta thermo fuse sanggup sobat memakai multimeter / multitester, cek pada defrost heater serta thermo fuse berdasarkan ujung satu ke ujung lainnya apakah terhubung atau tidak, jarum multi pada setelan skala 1X terhubung bergerak atau nir.
Cara lain cek defrost heater serta thermo fuse tanpa alat multitester bisa menggunakan cara menghubungkan eksklusif ke 2 kabel pada thermo defrost / bimetal lalu putar defrost timer ke posisi defrost, yaitu posisi dimana arus listrik dari defrost timer ke mesin compressor berpindah ke defrost heater.
Cara cek defrost heater dan thermo fuse dengan cara misalnya ini akan membuahkan defrost heater panas apabila masih syarat baik.
Langkah Keempat
Cara cek defrost timer kulkas mampu sobat putar defrost timer kearah proses pencairan bunga es, thermo defrost dihubungkan pulang kedua kabel tadi. Jika defrost timer masih baik maka dalam ketika lebih kurang 1/2 jam defrost timer akan memindahkan sendiri ke proses pendinginan dengan cara defrost timer menghubungkan arus listrik ke mesin compressor.
Cara cek defrost timer mampu jua menggunakan melihat putaran roda gigi pada kaca kotak transparan, jika roda gigi berputar berarti masih mengagumkan.
PENYEBAB KULKAS dua DUA PINTU KURANG DINGIN / TIDAK BEKU
Kerusakan pada kulkas dua pintu nofrost kurang dingin bagian freezer serta hanya dingin nir mampu membeku atau nir mampu menciptakan es, penyebabnya ada banyak kemungkinan.
Berikut ini cara mengetahui kerusakan kulkas 2 2 pintu kurang dingin :
Langkah cara mendeteksi kerusakan kulkas dua pintu kurang dingin / dingin nir mampu beku
Langkah pertama
Untuk cara memperbaiki kulkas 2 pintu kurang dingin merupakan dari mesin compressor, apakah hidup normal atau tidak, berapa voltase listrik tempat tinggal , apakah listrik tempat tinggal stabil atau drop, berapa ampere daya compressor tersebut.
Langkah kedua
Pastikan karet pintu atau pintu bisa tertutup kedap, pintu kulkas yg tidak kedap pada kulkas berpengaruh sekali pada proses pendinginan.
Langkah ketiga
Cek dalam motor kipas apakah berputar atau nir bisa berputar, jika nir berputar cari letak kerusakan.
Motor kipas blower kulkas 2 dua pintu tidak dapat berputar lantaran :
  1. Kumparan motor kipas rusak / putus.
  2. Busing As motor kipas telah longgar.
  3. Kipas motor terganggu akibat penumpukan bunga es.
  4. Switch pintu buat motor kipas rusak.

Langkah keempat
Cek pada pipa discharge kulkas atau pipa menurut mesin compressor sebelum pipa kondensor apakah panas atau hangat.
Bila terasa panas berarti jalur gas lancar, tetapi apabila hangat berarti jalur gas ada yg terganggu atau ada kebocoran gas freon ( refrigrant ).
Cek motor kipas dan bersihkan sirip pipa kondensor bila ada, sebagian kulkas telah menggunakan motor kipas untuk membantu membuang tenaga panas pipa kondensor, terutama dalam kulkas inverter serta steb by steb.
Langkah kelima
Melihat bagian pipa evaporator. Buka cassing penutup pipa evaporator yg berada di ruang pintu atas / ruang freezer, lihat apakah cassing epilog terdapat bunga es yg menempel, apabila ada cairkan terlebih dahulu menggunakan menggunakan hair drayer.
Sesudah mencair bunga es dibagian cassing penutup evaporator selanjutnya buka baut serta tarik cassing epilog menggunakan tang, selanjutnya cassing akan terbuka serta akan terlihat pipa evaporator.
Bagian pipa evaporator akan terlihat penumpukan bunga es atau nir, bila terlihat ada penumpukan bunga es berarti kulkas kurang dingin ditimbulkan proses pencairan bunga es pada ketika sekitar 7 jam sekali gagal terjadi.
Penyebab penumpukan bunga es pada evaporator terjadi ditimbulkan lantaran :
  1. Kerusakan dalam defrost timer.
  2. Kerusakan dalam thermo defrost / sensor bunga es.
  3. Kerusakan pada defrost heater.
  4. Kerusakan pada thermo fuse ( putus ).
  5. Jalur pipa pembuangan air menurut proses pencairan bunga es mengalami buntu yang menyebabkan air merendam heater dan defrost heater nir bisa bekerja maksimal buat memanaskan bunga es.

Bila tidak ada penumpukan bunga es dalam pipa evaporator serta cuma sedikit ada bunga es yang berada di evaporator berarti kulkas dua dua pintu ini kurang dingin disebabkan lantaran oli terjebak pada pipa evaporator atau jalur gas freon terutama pada filter atau pipa kapiler sedikit terganggu.
PENYEBAB KULKAS dua DUA PINTU BAGIAN BAWAH ( CHILLER ) TIDAK DINGIN
Untuk mengetahui penyebab kulkas dua pintu bagian bawah tidak dingin padahal bagian pintu atas ( freezer ) normal ditimbulkan sang beberapa hal.
Cara mendeteksi kerusakan pada kulkas dua dua pintu bagian bawah nir dingin
Langkah pertama
Cek dalam pintu, apakah tertutup rapat pada karet pintu atau nir.
Pintu atau karet pintu yang nir rapat menyebabkan udara dingin keluar melalui celah pintu yg nir tertutup rapat.
Langkah kedua
Periksa jalur penghubung udara menurut ruang pintu atas ke pintu bawah.
Penyebab kulkas pintu bawah nir dingin ditimbulkan karena jalur udara tertutup bunga es atau es.
Berikut ini penyebab terjadinya bunga es yg menutupi jalur penghubung udara pada kulkas dua pintu.
  • Thermostat selalu terhubung. Thermostat terdapat kalanya rusak serta selalu terhubung tidak mau memutus arus listrik ke mesin compressor, sebagai akibatnya lama kelamaan jalur udara terjadi penumpukan bunga es. Bunga es yang berada pada jalur udara tidak dapat mencair karena pencairan bunga es hanya dalam ruang evaporator saja.
  • Penutup pintu otomatis thermostat jalur udara diruang bawah tidak dapat membuka.
  • Jalur udara tertutup es akibat air proses pencairan buntu kejalur penampungan air, sehingga air pencairan bunga es menuju jalur udara ke ruang pintu bawah dan membeku menyebabkan tertutupnya jalur udara. Untuk kerusakan ini umumnya contoh defrost heater pipa.

PENYEBAB KULKAS DUA PINTU RUANG PINTU BAWAH IKUT MEMBEKU / TERLALU DINGIN
Pada kulkas dua pintu dibagian ruang bawah ( chiller ) harusnya suhu aporisma kisaran lima derajat, tetapi apa penyebab ruang pintu bawah hingga terlalu dingin hingga menyebabkan membeku.
Berikut ini penyebab kulkas 2 pintu bagian ruang pintu bawah sampai membeku
Penyebab kulkas bagian bawah ikut membeku ditimbulkan ada dua hal :
1. Penutup otomatis termostat nir dapat menutup pintu jalur udara menurut ruang freezer ( selalu terbuka ).
2. Kerusakan thermostat atau Kerusakan thermistor kulkas diruang pintu bawah tidak dapat bekerja menggunakan baik membaca suhu ruang bawah, buat cara setting thermostat agar dapat berfungsi menggunakan baik bisa menggunakan gampang dengan cara dalam postingan " CARA SETTING THERMOSTAT KULKAS, FREEZER DAN SHOWCASE "
Demikianlah macam-macam kerusakan pada kulkas 2 pintu dan cara memperbaiki segala jenis kerusakan dalam kulkas 1 satu dan dua 2 pintu hingga saya memberi judul pada postingan ini 1001 CARA PERBAIKI KERUSAKAN KULKAS.
Semoga bisa membantu sobat pembaca blog ini pada mengatasi kerusakan dalam kulkas pada ketika sobat mengalami kendala disaat service kulkas baik satu pintu maupun dua pintu kulkas nofrost.

Comments