8 MANFAAT KELENTANG BAGI KESEHATAN YANG JARANG DIKETAHUI

Buah pohon kelor atau biasa kita kenal menggunakan nama kelentang ternyata tidak hanya dapat dijadikan sebagai masakan sayur saja. Lebih menurut itu, kelentang sebenarnya adalah obat hidup alami yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh para pakar kesehatan, kelentang diketahui mempunyai kandungan gizi tinggi dan kaya akan antioksidan serta mempunyai sifat anti-inflamasi alami.

Kelentang mampu dijadikan sebagai obat alami buat membantu menyembuhkan beberapa penyakit, mulai berdasarkan yg sifatnya ringan sampai kronis. Kelentang diketahui bisa mencegah penyakit kronis misalnya diabetes, anemia, penyakit jantung, penyakit hati, arthritis, gangguan pencernaan, kasus pernapasan, dan penyakit kulit. Lebih lanjut, ini dia beberapa manfaat luar biasa kelentang bagi kesehatan yg mungkin belum Anda ketahui:
1. Sumber Nutrisi
Kelentang merupakan asal nutrisi alami yang diperkaya dengan vitamin, mineral, dan asam amino. Dalam satu buah kelentang mengandung vitamin A, C, dan E serta mineral misalnya kalsium, protein,serta kalium, yang merupakan asal makronutrien penting yg diperlukan sang tubuh.
2. Melawan Radikal Bebas
Kelentang memiliki sifat anti-inflamasi dan melawan kerusakan yang ditimbulkan radikal bebas, terutama yang disebabkan karena stres aksidatif, kerusakan molekul sel dan peradangan. Kelentang mengandung beberapa antioksidan seperti flavonoid, asam askorbat, dan polifenol dalam biji, daun, dan bunganya.
3. Mengurangi Risiko Diabetes
Kelentang secara alamiah bisa membantu mencegah retinopati diabetik. Vitamin A dapat menaikkan kesehatan mata, menguatkan kornea serta mencegah peradangan. Sementara vitamin C yang terdapat pada biji kelor bisa mencegah kerusakan pembuluh darah dalam orang yg menderita diabetes tipe 1.
4. Melindungi Sistem Kardiovaskular
Kelentang mengandung antioksidan dan sejumlah instrumen alami buat melindungi kesehatan jantung serta membuat pembuluh darah lebih bertenaga serta fleksibel.
5. Meningkatkan Kesehatan Otak
Kelentang mengandung senyawa penting misalnya asam folat, asam amino, asam lemak omega-tiga, dan vitamin E yg adalah asal kebutuhan gizi sempurna untuk menaikkan kekuatan otak.
6. Melindungi Organ Hati
Kelentang mempunyai kandungan tinggi polifenol, yg berguna buat melindungi kesehatan hati terhadap toksisitas serta kerusakan oksidatif.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka
Setiap bagian dari kelor bisa dimanfaatkan buat membantu meningkatkan kecepatan pembekuan darah dan menyembuhkan goresan (luka jahitan) lebih cepat. Cara menggunakannya bisa menggunakan dioleskan secara eksklusif juga dikonsumsi.
8. Memiliki Sifat Antibakteri serta Antijamur
Daun kelor bersama buahnya mempunyai kemampuan untuk menaikkan sistem kekebalan tubuh. Sementara bijinya sangat efektif buat memerangi infeksi fungi, infeksi urin, dan masalah lain yg berhubungan dengan pencernaan.

Comments